Skip to main content

Roti Sobek Ubi Ungu


Udah seminggu ini sakit :( jadi nggak bisa berkreasi di dapur. Badan serasa lemes, pusing dan capur-campur deh. Beberapa kali harus bolak-balik ke RS sendirian hiks...#nasib.
Tapi ya sudahlah dinikmati saja, Alhamdulillah setelah minum obat jadi merasa lebih baikan, mesti masih belum begitu sehat. Cuman tangan udah gatel pingin baking kembali xixixi...

Tiba-tiba kepikirian pingin bikin roti dari ubi ungu, sekalian buat setor tantangan Masak bareng ubi jalar :)
Sebetulnya juga resep udah pernah dibuat, cuman pakainya dulu kabocha xixixi nah kali ini dibuat jadi ubi ungu aja :)

Rasanya hampir mirip enak, tidak terlalu manis jadi aku suka :D

resepnya bisa dilihat Pumkin Bread

Untuk Step by stepnya bisa dilihat di sini :
 Siapkan Bahan-Bahannya, masukkan ragi ke dalam air hangat dan biarkan 25 menit sampai berbusa

 Haluskan Ubi Ungu

Dalam Satu Wadah, campurkan tepung terigu,susu bubuk, gula pasir, ubi ungu,kuning telur, dan larutan ragi.Uleni hingga kalis

masukkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis

Setelah kalis bulatkan adonan dan tutup dengan plastik atau serbet bersih dan lembab. Diamkan kurang lebih 45 menit

 Kempiskan adonan dan bagi-bagi dan timbang adonan menjadi sama beratnya, bulatkan dan beri filling dark chocholate.

 Diamkan adonan kurang lebih 30 menit atau sampai mengembang 2 kali, beri olesan 1kuning telur dan tiga tetes susu cair dan taburi dengan wijen

Panggang selama kurang lebih 12-15 menit dengan suhu 200 C


Angkat dan olesi dengan margarin. Siap untuk disajikan smile

Comments

Popular posts from this blog

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …

Jangan Cecek (Sayur Cecek Kuah Santan)

Jalan pagi kepasar sama suami di Banyuwangi, senangnya bisa menghirup udara segar di pagi hari. Beda banget dengan di bekasi udaranya sudah tercemar hihihi...jadi kalap belanja di pasar, selain harganya jauh lebih murah serasa lebih alami aja sayur2 an di sini #lebay :D

memborong sayur-sayuran, tempe, dan sejenak melihat ibu-ibu penjual cecek hmm.. langsung deh pingin bikin cecek kuah santan, lama sekali nggak masak masakan ini langsung aja tanpa pikir panjang beli dan dimasak di rumah buat buka puasa, alhamdulillah laris dan habis :D

berikut resep cemplang cemplungnya :)
Bahan-Bahan :
Bawang Merah, iris tipis10 siung
Bawang Putih, iris tipis5 siung
Cabai (Cabe), merah; iris tipis1 buah
Lengkuas2 ruas
Cabai Rawit5 buah
Daun Salam1 lembar
Daun Jeruk3 lembar
Santan, instant180 ml
Airsecukupnya
Kemiri3 buah
Tahu, potong kotak5 buah
Tempe, potong kotak1 buah
cecek, potong kotak1 kg

Cara membuat :
Iris tipis semua bumbu


potong kotak cecek, tahu dan tempe

goreng tempe dan tahu setengah matang
tumis bumbu …

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya