Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2014

Cilok

kok tiba-tia pingin cilok, dan untuk cilok kali ini pakai resepnya mb Ricke, terimakasih mb ciloknya empuk dan kenyil-kenyil :), menilmati cilok dengan hubby hmmm..nikmatnya ^^

Resepnya saya tulis ulang sebagai berikut :

CILOK
by Ricke Indriani

Bahan:
200 gram tepung sagu tani atau tapioka
200 gram terigu protein sedang
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk (optional)
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
400 ml air (bila ingin lebih gurih bisa pakai air kaldu ayam)
2 batang daun bawang, iris halus

Isi sesuai selera, atau tanpa isi

Air di panci untuk merebus cilok

Cara membuat:
1. Campurkan tepung sagu tani/tapioka dan terigu. Tambahkan daun bawang. Aduk rata dan sisihkan.
2. Campurkan air, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
3. Panas-panas tuangkan air rebusan tadi bertahap ke dalam campuran tepung, sambil diaduk rata menggunakan sendok kayu (jangan pake tangan yaaa, ntar kepanasan, hihihiii...). Bila di…

Gurame Goreng

Niatnya sih bikin gurame terbang eh malah g terbang dan goreng biasa aja, padahal minyaknya udah banyak :(, perlu banyak latian masak ikan nih kyknya hihih..

resepnyasaya copy dai mb ricke sebagai berikut :
Bahan:
3 buah ikan mujair/nila/tilapia ukuran sedang, bersihkan dan belah 2 membentang tidak terputus (saya ikan gurame)
1 buah jeruk nipis, peras airnya

Bumbu perendam, haluskan:
2 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Bahan pelapis:
50 gram tepung beras
2 sdm tepung terigu
1 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar, haluskan
1/4 sdt garam
Air secukupnya (ga pernah ditakar, langsung tuang sedikit demi sedikit hingga didapat larutan tepung yg agak cair)
Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Bilas dengan air bersih. Tiriskan.
2. Lumuri ikan dengan bumbu perendam yg telah dihaluskan. Diamkan lagi selama 30 menit agar bumbu meresap. Lebih bagus lagi disimpan dalam lemari es.
3. Campur semua bahan pelapis, kecuali air. Adu…

Peyek Jagung

Wah senengnya saya, weekend kemarin dapat menyajikan makanan serba sayuran heee, pingin bisa hidup sehat. Nah olahan satu ini sudah tidak asing bagi-ibu-ibu semua, dan bahkan banyak menjadi lauk favorite di setiap keluarga ya, bahannya yang simple tapi enaak sekali hihihi :D

di malang dulu sempet tiap hari beli ini rempeyek jagung dan anehnya enggak pernah bosen juga hahaha ;D, terus sempet nyobain dan enggak pernah berhasil, nah pas kemaren coba dengan bumbu sederhana saja, satu bawang putih, merica, daun bawang, kaldu bubuk dan garam secukupnya, tepung terigu 100 gr dan jagungnya 1 buah. airnya agak dibanyakin jadinya adonan encer.
setelah itu goreng dalam minyak panas, walaaah ternyata enak dan kriukk heee....selama ini pakai telur jadinya bakwannya jadi kurang kriuk seperti yang pernah makan di malang. Nah kali ini udah pas banget, dan bakalan sering bikin peyek jagung ini deh buat lauk hahaha...




Urap-Urap Pas Bumbunya

Nah pingin bikin urap-urap ini udah lama sekali, pernah bikin dan bumbunya enggak pas juga rasanya, terlalu bau bawang. Akhirnya cari-cari resep urap, pas nemu di blognya mb Diah Didi wahh..langsung deh pagi-pagi ke pasar. Saya bikinnya sedikit saja kan cuman berdua sama hubby, karena butuh ngulek mengulek, jadi minta bantuan hubby biar bisa halus bumbunya, dan hmmm.. enaak apa karena hubby yang ngulek ya hahaha...yang pasti resep-resep dari mb Diah selalu enaaak, terimakasih ya mbak, saya jadi banyak belajar memasak ^^..

Nah resepnya saya tuliskan kembali, untuk sayurannya bisa disesuaikan dengan selera ya.



Daging Lombok Kethok

Nah masakan ini sudah lama sekali aku ngiler kepingin bikin, setelah mb Diah Didi upload hasil masakannya, dan baru bisa praktekkin weekend kemaren, ternyata tidak seribet yang dibayangkan dan yang terpenting rasanya manteeep sekali, sampai-sampai hubby tanya masak apa saya, baunya enaak sekali hihihi...
pantas saja ini menjadi menu favorit Sri Sultan Yogya, sangat recomended untuk dicoba ya :), terimakasih mb Diah, ditunggu masakan-masakan khas Jogya Lainnya :)

Langsung saja saya tuliskan kembali resepnya ya, sebagai berikut :

Nasi Bakar

Nasi bakar ini dibuat pas enggak sengaja aja kepikirin kayaknya daging lombok ketok nya enak dibuat isian dari nasi bakar, dan mumpung ada juga daun pisang, akhirnya nyobain juga nasi bakarnya, resepnya masih sama dari mb Diah Didi, hanya saja isinya saja yang beda, ternyata enak juga sarapan nasi bakar dengan aroma khas daun yang dibakar heee...

untuk resepnya silahkan liat disini

Sate Ayam Ponorogo

Baru tau kalau sate ponorogo itu bedanya ada di satenya yang tidak ditusuk kecil-kecil seperti sate madura.

Lebih kaya bumbu di bumbu perendamnya, sebetulnya tidak ada niat membuat sate ini, tapi karena ada bahan sedikit ayam dan sayang kalau tidak diolah akhirnya cari-cari resep sate, tapi pingin sate yang beda, dan akhirnya nemu resepnya mb Nina di Catatan Nina, makasih ya mb resepnya maknyussss, suka banget sama aroma rempah saat sate di bakar :)

Langsung saja saya tuliskan resepnya

SATE PONOROGO
Bahan : 500 gr fillet dada ayam, potong kotak memanjang tusuk sate secukupnya Bumbu Halus : 7 butir bawang merah 5 siung bawang putih 1 sdt ketumbar 1 cm lengkuas 1/2 sdt jintan 2 butir kemiri, sangrai 1 sdt gula merah 1/2 sdt garam Bumbu Pencelup : 5 sdm minyak ayam 3-4 sdm kecap manis (atau sesuai selera) 1 sdm gula merah, sisir halus ---> campur dan aduk rata Bumbu Kacang : 150 gr kacang tanah, sangrai hingga matang 3 buah cabe merah (aku buang isinya, agar tidak pedas), goreng.  5 siu…

Nasi Goreng Gila Ala Dapur Manis

Wah kemarin Mb Rina posting Nasi Goreng Gila, hmmm..dari namanya saja baru denger dan bikin penasaran. Penampakannya juga menggiurkan, jadi sepulang kerja disempetin nyoba dengan bahan-bahan, seadanya di dapur biar nggak penasaran lagi heee..

Dan ternyata memang memang enak sekali, lain kali kalau mau bikin lagi ditambahkan wortel pasti lebih sehat lagi seperti yang diresep hihihi...terimakasih mbak Rina, menu harian kami jadi bervariasi ^^...

resepnya saya tulis ulang ya.

Nasi Goreng Gila
Sumber : Dapur Manis

Bahan nasi :
2 butir telur, kocok rata menggunakan garpu
400 gr nasi putih
2 siung bawang putih, cincang kasar
garam dan merica secukupnya

Bahan tumisan :
1 batang wortel, iris bulat tipis (lagi tidak ada stock wortel)
1 batang daun bawang, iris tipis (daun bawang juga lagi tidak punya)
2 bh sosis, iris bulat-bulat
5 bh bakso, porong sesuai selera (saya oakai bakso ikan)
1 bh paprika merah, potong kasar
7 batang sawi hijau, potong 2 cm
4 lbr kol/kubis, iris kasar
1 sdt kecap …

Brownies Si Keling Teh Nenis

Udah Lama berseliweran resep andalan Teh Nenis ini, dari namanya saja unik Brownies Si Keling. Dari Banyak yang sudah mencoba resep ini mengatakan enaak sekali, dan saya pun penasaran ingin mencoba, seperti biasa resep-resep sengaja di cookmark dan uji cobanya butuh waktu yang lama karena rasa malas hihihi...pas minggu kemaren hubby ngajakin ke rumah temennya sekalian silahturahmi karena kemarin tidak bisa datang ke kondangan di daerah jatim, nah akhirnya ada ide untuk mencoba brownies si keling ini sebagai buah tangan. Saya hanya menggunakan 1/3 resep saja, waaah dari baunya saja udah enaaak banget, nyoklat dan penampakannya hitam, bentuknya tidak sepadat brownies kukus yang biasanya lebih spongi, tapi kelihatan moist. Sayangnya cuman bikin sedikit, lain kali bikin lagi khusus untuk hubby :)

Terimakasih teh Nenis telah berbagi resep, Semoga Berkah ilmunya. Untuk Brownies ini saya tidak gulung tapi di dalam loyang bulat 16 cm

Resepnya saya tulis ulang.
BOWNIES KUKUS GULUNG by : Nenis Y…

Sambal Goreng Kentang Tanpa Santan

Pingin bisa pinter masak, masakan yang disukai sama hubby, kali ini belajar membuar sambel goreng kentang dan krecek tapi tanpa santan, aku juga suka ternyata enaaak, lebih enak yang tanpa santan. Resepnya dari Blog favorite saya nih Mb Diah Didi, terimakasih ya mbak, saya jadi bisa banyak belajar masakan-masakan dan kue-kue ^^, semoga terus berbagi resep :)

Saya tuliskan kembali resepnya
Sambel Goreng Kentang Tanpa Santan
Sumber : Blog Mb Diah Didi

Bahan :
200 gram kentang, potong kotak kecil2, goreng hingga matang
100 gram udang segar
50 gram krecek
2 lembar daun salam
2 lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk ( optional )
Garam sesuai selera
Bawang merah 8 butir, iris tipis
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Cabai merah 20 buah, haluskan ( sesuai selera )
Cabai rawit 10 buah, biarkan utuh ( optional )
500 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan cabai merah halus, tumis kembali hingga matang …

Banana Cake

Pisang..Pisang akan selalu suka dengan buah yang satu ini, nah kebetulan ada pisang yang sudah mulai menghitam kulitnya, jadi seperti biasa mencari-cari resep dengan bahan dasar pisang dan akhirnya mencoba resep dari dailydelicious.blogspot.com enak sih, tapi kok aku lebih suka resepnya bread cake nya joy of baking ya :) heee... tapi yang namanya pisang akan selalu doyan :D


Langsung saja saya tuliskan kembali resepnya 

Pancake

Sudah banyak sekali resep pancake yang beredar, hanya berniat membuat tapi sepertinya terabaikan oleh rasa malas, tapi tiba-tiba pagi itu ngiler ingin bikin pancake setelah liat pic pancake di dapur mas ipoek. Gara-garanya pas makan pagi di hotel Panghegar Bandung nyobain pancake anget yang baru saja mateng dari pan hihihi..lha kok enaaak bangeeet rasanya. Wah jadinya kepingin lagi pas sampai rumah.

Dan tara..membuat pancake mudah di rumah dengan rasa yang hampir sama dengan yang di sana. Bener seperti kata mas Ipoek, pancakenya lembuut sekali, jadi recomended buat dicoba :). Untuk Topingnya bisa apa aja, kebetulan aku pakai selai blubery, nyoba juga pakai susu F & N sama anggur, nyoba lagi pakai fla coklat dan puding coklat kemaren semuaa enaaak, apalagi tambah ice cream ya hihihi *ngiler deh..

Resepnya saya tuliskan lagi
PANCAKES
Recipe by Majalah Santap

250 ml buttermilk (campur 250 ml susu UHT segar dengan 1 sdt vinegar atau air jeruk lemon. Aduk, biarkan 10 menit sampai men…

Puding Coklat

Kali ini puding coklatnya tidak dinamain puding coklat ala KFC, karena flanya g pake susu F & N tapi pakai my fla coklat, hm..lumayan rasa flanya dibandingkan dengan rasa yang vanila.




Puding ini sudah lama populer, tapi sepertinya saya jauh tertinggal dari yang lain yang sudah coba, pas kebetulan weekend kemaren lagi ingin puding-pudingan karena suasananya yang panas sekali. Enak banget ini puding, harusnya dari dulu ya bikin hihihi...

ya sudah saya tuliskan kembali resepnya
Sumber dari Blog Mb Hesti (saya lihat dari blog Mb Nina Agustina)

Puding Coklat
PUDING VLA ALA KFC
Bahan : 1 bungkus agar-agar plain 1/2 kaleng susu kental manis coklat 1 sdm coklat bubuk (aku pakai Tulip) 150 gr gula pasir (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera) 1/2 sdt garam 1 liter air (bisa diganti susu cair) Vlanya pakai Vla coklat my Vla hee lagi nggak pingin ribet. Lain kali harus mencoba membuat puding coklat yang nyoklat banget hihihi...ketagihan puding nih ceritanya :D

Hakau Ayam Jamur Kuping

Makanan ini yang paling suka, dulu di tempat babe  kerja produksi hakau ini, senengnya pakai banget pas babe bawa hakau, hihihi...dimam bareng-bareng pas ujan hmm..mau lagi dan lagi :D

kenangan masa kecil itu menyenangkan ^^..jadi kangen sama babe.

Resep hakaunya pakai resep NCC, enaaaak, kalau pake udang tambah mantep nih kyknya hee..
Resepnya saya tuliskan kembali
Sumber dari Blog Mom Wiwik Ya :)
Bahan A.
Ayam potong kotak kecil 2 ya
Jamu Hioko / sitake / Siangku di rendem air smp empuk boleh jg pake air pansa , potong kotak spt ayam juga (saya pakai jamur kuping)
Minyak Wijen
kecap asin
1sdm tepung tapioka
Kecap ikan , yg mau pake bubuk penguat rasa boleh aja suka suka aja kalau aku ga pake,
Bahan B:
150 gr tepung Tang Mien
50 gr tepung sagu
2 sdm minyak sayur
250ml air mendidih
¼ sdt Lada
½ sdt Gula
Cara mebuatnya :
1. Aduk semua bahan A hingga rata
2. Bahan B semua diaduk rata, lalu diseduh dengan air mendidih dan minyak sayur, dinginkan, uleni hingga kalis.
3. Ti…