Powered by Blogger.
RSS

Puding Labu Wong Coco


Sebetulnya g sengaja beli majalah sedap, dan ada pengumuman lomba kreasi dengan nata de coco - wong coco, kebetulan juga pas di indomaret saya beli nata de coco, dan mikir-mikir sambil liat di kulkas kok kepikiran memanfaatkan kabocha di kulkas. Daripada keburu busuk akhirnya bikin puding labu saja dengan kompilasi nata de coco, hihihi... dan wow ternyata pudingnya tidak lepas satu sama lain hahaha...baru kali ini aja nih berhasil biasanya lepas-lepas :D, yang penting hubby ku suka ^_^ senengnya...

Idenya dapet dari Blog Pawon Ayu, terimakasih mbak Maya, resepnya sedikit saya modifikasi, dan terimakasih akhirnya saya jadi ikut berpartisipasi lomba ini heeee...

Puding Labu Wong Coco

Bahan A :

1/2 bungkus (3,5 gram) agar-agar bubuk warna putih
250 ml susu uht
50 gram gula pasir
1/2 bungkus wong koko nata de coco
Cherry untuk hiasan
Bahan B :

1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
500 ml susu uht
125 gram gula pasir
250 gram labu kuning kukus, haluskan
2 kuning telur ayam koco lepas
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanil

Cara Membuat :
Bahan A: masak agar-agar , bersama susu dan gula sampai mendidih, masukkan wong coco dan masak sesaat.
Tuang rebusan agar ke dalam cetakan sakura, 1/4 bagian sisihkan.
Bahan B: masak agar-agar bersama gula dan susu. Setelah mendidih, ambil sedikit rebusan agar campurkan dengan kuning telur aduk cepat dan rata. Masukkan kembali campuran kuning telur ke dalan rebusan agar dalam panci. Aduk rata. Masukkan campuran labu, garam dan vanili, aduk rata. Lalu angkat.
Tuang rebusan agar tersebut dalam cetakan yang telah berisi agar-agar selasih yang mulai mengeras tadi. Dinginkan. Siap disajikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding telur Ceplok

Kalau yang ini sudah lama populer, dan kebetulan kemarin bikin puding ini bareng keponakan heee, seru bikiinnya, untuk resepnya bisa dilihat dari postingan sebelumnya :D


Happy Baking :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bistik Ala Ibu nya Mb Sat Rahayu

Sempet penasaran pas mb Rahayu posting resep bistik ala Ibu beliau, karena ada bahan telurnya di bistik ini, heee..karena sebelumnya belum pernah coba buat bistik. Alasan penasaran selanjutnya karena menu ini adalah salah satu kesukaan dari suami mb Rahayu, nah jadi tambah pingin cobain bistiknya heee, akhirnya minggu pagi datang ke pasar dan membeli daging di tukang daging langganan. Bikin bistik ini ternyata tidak seribet yang dibanyangkan, dan taraaaa hasilnya memang enak sekali...rasanya hampir mirip perpaduan rendang dan semur daging heee :D, terimakasih banyak mb Rahayu atas sharing resepnya, bakal sering2 nih aku bikin bistik ala ibunya mb Rahayu ^^..


Resepnya saya tulikan ulang, atau bisa dilihat disini

Bahan-bahan

Daging Sapi 300 gram
Bawang Merah 3 siung
Bawang Putih 3 siung
Kecap Manis 3 sendok makan
Mentega 2 sendok makan
Lada (Merica) 1/2 sendok teh
Telur Ayam 1 butir
Garam 3/4 sendok teh
Serai 1 batang
Lengkuas (Laos) 1 cm
Daun Salam 2 lembar
Maggi Blok 1 secukupnya

Cara membuat

1
Tumbuk halus 2 siung bawang putih, merica, garam. Rajang 3 buah bawang merah dan 1 siung bawang putih. Campur jadi satu: 300 g daging, 1 buah telur, 2 sdm mentega, 3 sdm kecap manis,bumbu halus, bumbu rajang. Aduk rata

2
Biarkan daging selama 1 jam

3
Masukkan serai, salam dan lengkuas. Masak daging dengan wajan tertutup. Daging biasanya akan mengeluarkan air. Jika air sudah habis tambah air secukupnya kira-kira daging terendam.

4
Masak hingga daging empuk. Tambah maggi blok atau penyedap lain. Cicipi rasanya. Rempah yang dipakai hanya serai. Lengkus dan salam ditulis tapi tidak diberikan ke bistik karena tidak punya stok di dapu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ayam Bakar Solo


Menu makan malam kemarin adalah ayam bakar solo, inspirasinya dari blog dibawah ini, terimakasih banyak mb, akhirnya saya bisa bikin ayam bakar seperti yang dijual di depotnya mas mono, hihihi.... saat direbus wanginya rempah tersebar diseluruh ruangan jadi bikin laper heee, apalagi setelah dibakar mantep banget deh ini ayam bakar, recomended untuk dicoba ya ^^ ...

Meski minus sambel tetep makyus, karena hubby nggak suka sama sambel, lain kali mau coba pakai ayam kampung pasti lebih maknyus lagi :D

Resepnya saya tuliskan kembali

Bahan:
1 ekor ayam, potong 4 (besar) atau 8 (sedang)
3 sdm minyak
2 lembar daun salam
2 batang serai , memarkan
5 sdm irisan gula merah.
5 sdm kecap manis
3 sdm air asam Jawa
500 ml air

Bumbu halus:
10 buah bawang merah
6 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 1/2 sdt ketumbar
2 ruas lengkuas
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya bila suka

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam dan semua bahan lain. Aduk rata dan terus masak hingga bumbu mengental.
Matikan api dan biarkan ayam terendam di bumbu sampai waktu dibakar.
Panggang ayam di atas api (oven/ grill) sampai matang sambil sekali-kali dibalik dan diolesi sisa bumbu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dadar Gulung Coklat


Kebetulan sepulang dari jogja dibawain pisang raja, nah daripada mubazir cari-cari resep pisang yang simple, dan seperti biasa liat blognya mb Diah Didi :) terimakasih mb, tentu saja hasil dadarnya enaaak. Namun darlung punya saya tidak sebagus hasil Darlung Mb Diah, heee lain tangan lain hasilnya. Mungkin karena cetakannya kurang panas jadinya tidak bisa bolong-bolong seperti punya mb Diah, tapi yang penting rasanya enaak, temen saya yang kebetulan sedang mampir main kerumah seneng banget sama darlungnya hihi..alhamdulillah laris :D

Resepnya saya tuliskan kembali
Dadar Gulung Coklat Isi Pisang
Sumber : Diah Didi's Kitchen
Bahan:
Tepung Terigu protein sedang 150 gram
Susu cair  tawar 425 ml
Gula halus 50 gram, garam 1/4 sendok teh
Coklat bubuk 1 sendok makan
Coklat Pasta 1/2 sendok the
Vanili bubuk ¼ sendok teh
Telur 1 butir, kocok lepas
Minyak goreng / margarin leleh 1 sendok makan
Isi :
Pisang raja / kepok yang matang 5 buah, tumis dengan 1 sendok margarin, belah menjadi dua bagian
Meises coklat 50 gram
Cara Membuat :
Ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Tambahkan gula halus, telur, susu cair, pasta coklat dan vanili bubuk.
Aduk rata. Saring agar adonan halus dan licin.
Panaskan wajan dadar ukuran sedang. Buat dadar adonan tipis2.
Lakukan sampai adonan habis.
Ambil selembar dadar coklat, isi dengan pisang, tambahkan 1 sendok teh meises coklat. Lipat dan gulung dengan rapi.
Tips :
Agar kulit dadar gulung berlubang lubang cantik, panaskan dahulu pan dadar sampai benar benar panas.
Jika ingin lebih rapi dan cantik dalam penyajian, dadar gulung bisa di bungkus plastik satuan, di beri hiasan keju parut /  slice dan manisan cheri yang di potong kecil kecil.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lemper

Lemper, ya ini kue tradisional yang mentuknya gampang2 susah. Kalau mertua bungkus lempernya cakep naget bisa bulet gitu, saya nyobain belum bisa sebagus ibu mertua heee :)..yang penting sudah belajar, nanti berguru lagi biar bisa :D

resep lempernya pakai resep NCC yang sudah terkenal dan anti gagal, dan memang benar rasanya tidak diragukan lagi enaaak :D

kalau isiannya kebetulan dibuatin sama ibu mertua pas pulang kemaren dari Jogja, jadi paas banget buat belajar bikin lemper :D

resepnya saya tuliskan kembali
LEMPER AYAM

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
1 kg ketan
500 cc santan kental
2 lbr daun pandan
1 sdm garam

Cara membuat:

* rendam ketan 4-5 jam, lalu tiriskan
* kukus ketan sampai ½ matang, keluarkan dari dandang, lalu beri santan kental mendidih sambil diaduk rata dan kukus lagi sampai matang (± 1 jam)
* Diaduk santan mendidihnya gak diatas api, spy tidak terjadi gosong atu berkerak. Itu kan ketan dan santan sama-sama panas, jadi no api no apa-apa



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jangan Asem Selada Air ala Ibu


Selada Air, selalu mengingatkanku akan bapak, beliau sangat menyukai sayur-sayuran, salah satunya ya ini selada air. Biasanya beliau makan selada air yang direbus saja dengan sambel makyuss buatannya, dan terkadang ibu juga membuatkan jangan asem selada air. kalau jangan asem buatan ibu selalu ditambahkan cabe merah dan rawit, jadi tanpa sambelpun sayur asemnya berasa asem-asem dan pedas heee.. berhubung hubby nggak suka pedas ya saya hanya menambhakan cabe merahnya saja :)

masakan sederhana ini sangat enak dimakan bersama tempe goreng atau ikan goreng garing dan sambelnya tentunya hihihi..tapi dimakan dengan lauk apapun seger deh.

Resepnya seperti di bawah ini :
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 1 siung
Cabe merah 1 siung
Tomat Hijau 5 buah (kalau ibu biasanya pakai tomat merah dan blimbing wuluh)
Laos secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Selada Air 2 ikat

Caranya :
Haluskan bawang putih, merah dan cabe.
Didihkan air secukupnya, lalu masukkan bumbu halus, garam, gula, laos dan tomat hijau juga selada air.
Masak hingga matang dan koreksi rasanya
Angkat dan sajikan ^^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sambal Goreng Tempe


Ngiler lagi pas mb Rina "Dapur Manis" posting sambal goreng tempe, saya dan suami doyan sekali dengan tempe mau diapain aja akan selalu suka ^^. sebelumnya belum pernah coba tempe di sambal goreng dengan santan, makanya langsung saja dicobain biar enggak penasaran, dan seperti biasa suami yang bantu ngulekin heee..

Hasilnya gurih dan sedep baunya, tentu saja enak sekali ya..:D, tapi karena tidak belanja ke pasar akhirnya hati dan ampelanya diganti dengan krecek. kapan-kapan kalau sempet kepasar perlu nyobain dimasak ini lagi. Terimakasih mb Rina, terus berkarya ya dan berbagi resep masakan rumahan, semoga menjadi amalan baik karena berbagi ilmu ^^..

Resepnya saya tuliskan kembali
Sambal Goreng Ati Ampela
Sumber : Dapur Manis
Bahan :
300 gr tempe, potong korek api
3 pasang ati ampela, rebus sampai empuk, potong dadu (saya pakai krecek)
sepotong lengkuas
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
500 ml santan dari 1/4 butir kelapa tua
garam, merica dan gula secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
2 cm kunyit
4 butir kemiri
1 sdm ebi, rendam air panas sampai empuk, tiriskan

Cara :

  1. Goreng tempe sampai matang. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Lanjutkan menumis sampai matang dan agak kering.
  3. Masukkan tempe goreng dan krecek. Menyusul santan, garam, merica dan gula. Jika suka tambahkan kaldu bubuk. Didihkan.
  4. Setelah mendidih koreksi rasanya dan masak sampai bumbu meresap serta santan agak menyusut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sayur Labu Siam


Biasanya kalau bikin sayur labu siam cuman di iris2 cemplung-cemplung saja, ehh kok liat postingan mb Diah Didi sayur labunya menggiurkan begitu heee, akhirnya nggak sabar untuk mencobanya di dapur.

Rasanya enaak dan sedep khas masakan jawa, hanya saja kurang beli lontongnya hihihi...
alhamdulilah urusan menguleg dibantuin hubby hee...jadinya bisa lembut ^^...makasih suamiku tercinta



Terimakasih mb Diah atas inspirasi memasak menu harian ^^..

Berikut saya tuliskan kembali resepnya
 
Bahan :
Lontong siap pakai secukupnya (saya tidak pakai)
Bawang merah goreng secukupnya
Bahan-bahan:
2 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lemaskan dengan sedikit garam, lalu cuci bersih
1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm (saya tidak pakai)
1 papan petai , iris serong (saya tidak pakai)
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
8 buah bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
1,2  liter santan dari ½ butir kelapa
Garam / bumbu kaldu dan gula merah / pasir secukupnya Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabai merah
30  gram ebi, direndam air panas sampai lunak

Cara Memasak :
• Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum • Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang • Masukkan labu siam dan kacang panjang, tumis sampai sayuran layu • Tuang santan, beri garam / bumbu kaldu dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
• Angkat, hidangkan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS