Powered by Blogger.
RSS

Wedhang Roti




Sebetulnya pingin banget makan kopyor roti, bahannya simple hanya roti, bihun yang disiram dengan santan, dibungkus daun pandan dan di kukus nyam nyam heee.. biasanya kalau di banyuwangi penjualnya masih anak2, dari ashar udah keliling membawa jajanan kopyor dan menthuk, enaak deh :D

sayangnya seiring berjalanan waktu tidak ada lagi penjual keliling yang menjual takjil tersebut, dan makanan itu hanya keluar pas bulan ramadhan saja, asiik kan, hiks jadi kangen.

ya sudah bikin saja takjil yang sederhana untuk 2 orang
susu ultra 250 ml dihangatkan
roti tawar 2 sisir
karena ada buah melon saya kasih buah melon sedikit
sirup cocopandan secukupnya
SKM secukupnya
dan taburi dengan kismis

nyam-nyam enak rasanya, menghangatkan tenggorokan yang lagi batuk hihihi...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kucur Pandan


Udah lama sekali kok nggak biki kue ini ngangenin deh, akhirnya coba sempetin coba bikin lagi. Kali ini pakai pasta pandan saja, dan taraaa hiks kok terlalu gonjreng nih ijonya :(

rasanya sih tetep enak dan empuk seperti biasa, meski pakai air biasa rasanya maknyus deh :D
untuk penggunaan gula putihnya saya hanya pakai 100 gr saja, pas manisnya kalau suka manis bisa ditambah takaran gulanya.

 
untuk resep bisa dilihat di link berikut ya kucur

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Roti Goreng Isi Tape



Hmm masih banyak ternyata yang belum terposting di blog ini, salah satunya adalah Roti Goreng isi Tape, dulu pernah bikin roti goreng ini, resepnya dari mb Diah Didi. Kalau dulu pernah bikin yang isi kacang ijo sekarang coba isi tape, beli tape nggak kepakai kan sayang hihihi..

Biar nggak lama-lama resepnya ada di link berikut ya roti goreng

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nuget Pisang Lolipop




Sebetulnya ini nugget pisang biasa resepnya Ummu Fatimah, hanya saja karena keisengan banyaknya stik ice cream sisa bikin kaki naga, jadi tampilannya lebih menarik.

Nuget ini untuk acara bukber kemaren, ditaburin keju, skm, mesis dan kismis jadi lengkap deh rasanya nano-nano :D

Resepnya lihat disini ya  nuget pisang

Selamat menunaikan ibadah puasa teman-teman

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sus Goreng


Kok ngiler ya liat soes gorengnya mb Rachmah, menul2 hmmm enak kayaknya kalau dibuat buka puasa, dan saya membuat takjil soes goreng ini udah seminggu yang lalu, enak dan praktis sekali bikinnya hihihi..cuman kurang manis dikit buat saya, besok-besok mau ditambahin gula dikit.

langsung saja ya saya tuliskan kembali resepnya, terimakasih banyak mb Rachmah ^_^


Soes Goreng Tabur Milo
by Rachmah Setyawati.

Bahan-bahan :
75 gr Tepung Terigu
125 cc Air
55 gr Margarin
1/8 sdt garam halus
2 butir Telur Utuh

Filling : Selai Nutella
Taburan : Milo Classic
Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Rebus Air, margarin dan garam hingga mendidih
2. Segera masukkan tepung terigu, kecilkan api, aduk2 hingga tak
berbau tepung.Matikan api, biarkan hingga adonan hangat saja.
3. Tambahkan telur secara bertahap, sambil kocok rata hingga menjadi
adonan kental, lembut.
4. Panaskan minyak goreng sedang panasnya, ambil sekitar satu sendok
teh adonan masukkan ke dalam minyak panas, goreng sambil sesekali diaduk2 hingga bola2 adonan sus mengembang maksimal dan matang
berwarna keemasan (cirinya mulai ringan, buih minyak sdh mulai berkurang). Angkat, tiriskan.
5. Setelah agak hangat, isi setiap
dalam bola2 sus dengan selai nutella/sesuai selera dgn menggunakan pipping bag (semprotkan ke dalam bola2 sus). Setelah itu beri taburan milo bubuk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cendol Nutrijel dan Kopyor Sintetis


Jumat kemarin sepertinya bloggerku lagi erorr jadi tidak bisa masukin menu takjil ramadan yang lagi booming di grup FB yaitu cendol nutrijel dan es kopyor sintetis, nah karena penasaran langsunglah dibikin keduanya, ditambah buah melon dan blewah , tidak lupa susu ultra plain dan sirup cocopandan jadilah es campur heee...

Resepnya saya tuliskan kembali dibawah ini:
cendol jeli oleh Mbak Aninamiku

Bahan : 1 bks Nutrijel, 4-5 sdm tepung beras, 2 gelas air (air bisa ditambah jika terlalu kental dan sulit dicetak)


Cara membuat:
Campur semua bahan kemudian dimasak (dibubur) sampai meletup-letup. Matikan api. Siapkan air es untuk nadahi, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dan gunting ujungnya dan cetak dengan cara ditekan-takan, cetak selagi hangat, jika sudah dingin dan sulit dicetak, bisa dilebur lagi atau dicairkan.


Bahan kopyor sintetis:
- ½ bungkus agar-agar bubuk warna putih
- ½ bungkus jelly instan plain (tanpa rasa dan warna)
- 200 ml santan kental
- 300 ml air
- ¼ sdt garam
Silahkan dicoba ya hee...enaak loh,kata suamiku enak, seger. Berbuka dengan yang manis dan dingin hihihi...selamat menjalankan ibadah puasa ya
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bubur Sumsum


masih semangat untuk bikin menu buka puasa, tapi kalau masakan utama saya masih males bikin, hihihi..kemaren udah beli. tapi untuk hidangan pembuka masih tetep semangat :D

bikin bubur sumsum aja deh yang gampang, dibikin pagi terus didinginkan terus dimakan pas buka :D, sayangnya saya pakai kelapa bumas kecil, jadi kurang berasa santennya hiks, kalau pake yg santan dari kelapa parut pastinya maknyus ya, heee..

saya masih setia pake resepnya NCC sebagai berikut :
Bubur Sumsum NCC

Bahan
Bubur:
100 g  tepung beras putih (siap beli)
1000 ml santan (hasil campuran dari 200 ml santan instan dan 800 ml air)
1 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan kepiki

Kinca:
250 g  gula merah/aren, sisir
    1    cangkir air
    1    lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat:

  1. Bubur : Campur semua bahaan jadi satu, aduk hingga licin benar supaya nanti tidak menggumpal ketika dimasak.
  2. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup, angkat.
  3. Kinca: Campur semua bahan menjadi satu, masak hingga gula larut. Angkat dan saring.
  4. Sajikan bubur sumsum dengan kinca

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Martabak Telur




Yeiii, akhirnya bisa bikin martabak sendiri ala abang-abang martabak telur bangka haha..mb Rina makasih buanyaak ^_^, simple tapi enaak banget, ayoo pada nyobain ini resepnya nggak nyesel deh, kulitnya garing, dan isiannya bisa sesuai selera, mau dagingnya dibanyakin juga tetep hemat, kalau beli kan lumayan mahal hihihi..irit ya.

langsung saja resepnya seperti di bawah ini
Martabak Telur Isi Telur Puyuh
Sumber : Martabak Telur
Modif : Rina Audie

Bahan kulit :
200 gr terigu protein tinggi
1/4 sdt garam halus
130-140 ml air suhu ruang
3 sdm minyak goreng
minyak goreng cukup banyak untuk merendam

Bahan isi :
6 butir bawang merah*
4 siung bawang putih*
1 sdt ketumbar*
2 butir kemiri*
1/2 sdt jintan*
1/6 butir biji pala*
200 gr daging sapi/ayam, cincang halus
3 bh sosis, potong dadu
2 sdt bubuk kari
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
50 ml air

Bahan campuran per bagian :
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 butir bawang bombay
3 sdm tumisan daging/ayam
2 butir telur bebek/ayam
sejumput garam dan merica bubuk (optional)
3 butir telur puyuh rebus, kupas, belah 2 bagian (skip)

Cara membuat :


  1. Kulit : Campur terigu, garam dan air sedikit demi sedikit, uleni sampai menggumpal. Masukkan minyak goreng, uleni kembali sampai kalis elastis. Bagi jadi 4 bagian kemudian bulatkan. Letakkan bulatan tadi di dalam mangkuk berisi minyak goreng dan direndam selama 2 jam. Sisihkan.
  2. Isi : haluskan semua bahan bertanda *. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis sampai wangi. Masukkan ayam, sosis, bubuk kari, garam, gula dan merica. Tuangi air dan masak sampai air mengering. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan daun bawang dan aduk rata. Matikan api, dinginkan.
  3. Penyelesaian : siapkan wajan datar anti lengket (minimal) diameter 28 cm. Biarkan kering tanpa dioles minyak. Ambil satu buah bulatan kulit. Letakkan di atas wajan. Tipiskan menggunakan telapak tangan supaya melebar. Setelah adonan agak tipis tekan-tekan sambil dilebarkan menggunakan jempol dan jari sehingga adonan jadi tipis dan transparan. Jika lebarnya melebihi wajan tidak mengapa. Sisihkan.
  4. Dalam mangkuk ukuran sedang campur semua bahan campuran kecuali telur puyuh, aduk sampai rata. Tuang bahan campuran ini ke atas kulit. Tata telur puyuh di atasnya kemudian lipat bentuk amplop. Nyalakan api kecil-sedang. Setelah panas beri minyak goreng. Goreng martabak sampai bawahnya kuning kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai matang. Angkat dan sajikan hangat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolkus Gula Merah


Setiap kali buka puasa pinginnya menyajikan masakan sendiri nih, meskipun agak terburu-buru masaknya kalao lagi ngantor tapi seneng banget bisa menyajikan menu buka dan sahur untuk suami. karena pas weekend akhirnya brosing resep yang praktis tanpa mixer, dan saya tertarik untuk mencoba resep Bolkus Gula merah, dari Mb Sheliani, hasilnya bagus banget sayang aku lupa memasukkan minya goreng hiks, jadinya bolunya lering nggak moist sama sekali. lain kali harus mencoba lagi hihihii..

Resepnya seperti berikut :


Bolu kukus gula merah
-400gr gula merah
-400ml air
-daun pandan
Rebus sampai gula larut dan dinginkan
-2butir telur
-50gr gula pasir
-1sdt soda kue
1\2sdt baking powder double acting
Kocok bersama sampai gula larut
-500gr tepung terigu
-250ml minyak goreng
Masukkan sirup gula merah bergantian dgn terigu,aduk sampai rata,masukan minyak goreng,aduk rata,kukus 10-15menit

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding Coklat


Assalamualaikum,
kali ini masih seputaran puding, kalau lagi hari kerja puasa pingin bikin takjil yang praktis-praktis, salah satunya Puding Coklat ala Ummu Fatima, tanpa santan dan DCC, tapi hasilnya enaak banget loh, apalagi disajikan selagi dingin,terimakasih banyak ya mb..^_^

untuk penyajiannya karena saya malas bikin flanya akhirnya pakai buah-buahan aja dan dikasih SKM, meski begitu rasanya tetep maknyuss..oke sekian saja dari saya semoga puasanya lancar sampai akhir Ramadhan dan kita semua mnedapat keberkahan ramadhan. Aamiin

resepnya saya tuliskan kembali sebagai berikut :
Puding Coklat Santan (Tanpa DCC)

Bahan-bahan :
1 bungkus agar-agar bubuk warna plain (tanpa warna)
1 sdm nutrijel bubuk plain (tanpa rasa)
75 gr gula pasir (bisa ditambah)
600 ml air 
65 ml santan kental instan (saya pakai santan k*ra)
3 sendok makan penuh coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air
sejumput garam

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali santan kental, jadi satu.
Aduk hingga merata dan tidak ada gumpalan-gumpalan.
Selanjutnya, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga merata.
Masak hingga mendidih, matikan api. 
Masukkan santan kental, aduk-aduk hingga santan tercampur rata.
Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi sedikit air (supaya mudah mengeluarkan).
Biarkan mengeras, setelah dingin masukkan kulkas.
Sajikan dingin-dingin ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kaki Naga






Alhamdulillah kesampaian praktek kaki naga juga akhirnya, bikinnya tidak terlalu ribet karena sudah beli daging giling dan tinggal dicampur-campur saja, bikinnya nggak lama dan rasanya enaaak sekali.masakan ini mirip mirip nuget ayam, praktis sekali buat menu sahur atau buka puasa, tinggal stock di frezer dan goreng deh. dimakan pakai saus atau sambel kecap juga enak, resep aslinya dari mb Endang JTT dan di modif oleh mb Hesti.

Pada awal pembuatan lengket sekali pas nyetak akhirnya saya tambah dengan sedikit tepuh eeh kok masih lengket, dan ternyata saat membentuknya tangan diolesin minya, hahaha saya nggak baca instruksinya secara keseluruhan dan benar saja tidak lengket, gampang bentuknya, jadi deh kaki naga yang kriuk dan lauk yang enak :D, silahkan dicoba

Kaki Naga
Bahan :
- 300 gr ayam
- 50 gr udang
- 2 sdm penuh tepung sagu
- 1/4  siung bawang bombay
- 4 siung bawang putih
- 1 butir telur
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 sdt saus tiram
Baluran :
- 2 butir telur
- tepung panir
Cara membuat :
1.Dalam food processor masukkan daging ayam, udang, dan bawang putih yang sudah diulek. Proses hingga halus.
2.Tambahkan bahan lainnya dan proses kembali hingga menjadi adonan. Keluarkan dari food processor. Tuang dalam wadah.
3.Untuk mengecek rasa, ambil sedikit adonan dan goreng/rebus. Cicipi. Tambahkan garam atau bumbu lain yang kurang.
4.Olesi alas kukusan dengan minyak. Panaskan dandang kukusan hingga air mendidih. Turunkan sedikit apinya.
5.Beri minyak pada tangan agar tidak lengket. Ambil satu sendok makan adonan dan bentuk adonan bulat lonjong dan beri tusuk sebagai pegangannya ketika matang.
6.Letakkan dalam loyang. Selesaikan semua adonan, jangan khawatir karena adonan tidak akan saling menempel. Kukus selama 25 menit.
7.Angkat, dinginkan. Apabila ingin disimpan di freezer bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Bisa juga dilapisi panir terlebih dahulu kemudian disimpan.
Apabila akan langsung disajikan, celup di dalam kocokan telur lalu gulingkan dalam tepung panir. Untuk hasil yang lebih renyah lakukan proses pemaniran 2x.Goreng dengan api sedang. Angkat dan tiriskan dengan tisu.
Siap disajikan dengan saus sambal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

pancake


Masih nggak bosen-bosen sama nanya pancake, lha kemaren kok tumben-tumbenan suami pingin dibuatin pancake. Efek puasa sih katanya hihihi..

Masih setia sama resep pancake yang biasa saya buat, lembut dan empuk rasanya, meskipun bikinnya cuman diaduk-aduk aja, mau pakai buah, ice cream, sirup mapel, selai enak semua dan kali ini saya pakai meju dan meses seperti request dari suami, sayangnya saya lupa membeli ice creamnya hiks.. ya sudah yang penting pancakenya tetep enak ;D

Resepnya saya tuliskan lagi disini
PANCAKES
Recipe by Majalah Santap

250 ml buttermilk (campur 250 ml susu UHT segar dengan 1 sdt vinegar atau air jeruk lemon. Aduk, biarkan 10 menit sampai menggumpal)
165 gr terigu
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdt baking powder
2 sdm butter cairkan
1 butir telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Dalam wadah, campur terigu, baking powder, garam, dan gula
- Buat lubang di tengah-tengah. Tuangkan buttermilk. Aduk dengan whisk
- Tambahkan telur kocok, aduk sampai rata dan tidak menggumpal
- Beri butter cair, aduk
- Lebih oke kalo adonan ini didiamkan dulu sekitar 15 menit
- Panaskan wajan anti lengket, beri sedikit saja margarin, biarkan sampai wajan benar-benar panas, baru tuangkan 1 sendok sayur adonan
- Kecilkan api sampai sedang. Biarkan sampai adonan berlubang-lubang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Apem


Pingin banget bikin apem, kangen sama makan semasa kecil, apemnya  menul-menul enak pokoknya rasanya, sepertinya bukan dari tepung beras, tapi googling kok nggak nemu ya, akhirnya nyoba saja resep apem dari blognya dapurmamasofi, enak sih apemnya, namun rasanya beda dengan apem yang di daerah Banyuwangi, kalau yang ini apemnya berpori.

dan masih penasaran mau googling lagi, oh iya barangkali ada yang punya resep andalan apem bagi resepnya ya ke saya hihihi...:D

berikut resep apemnya
Resep Apem selong by Anik Kurniawan dan berbagai macam sumber
Bahan :
  • 1/2 kg tepung beras
  • 300 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instan
  • 1000 ml santan dari 1 btr kelapa uk besar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
Cara membuat :
  1. Siapkan baskom bersih, campur rata tepung dan garam
  2. Aduk ragi instan dengan 50 ml air hangat hingga larut dan ketal, kemudian masukkan kedalam campurn tepung dan gula, aduk rata sambil dituangi separuh santan, sambil diteplok-teplok adonan dengan spiral whisk kurang lebih 15 menit
  3. Kemudian tambahkan sisa santan, garam dan vanili aduk-aduk memutar hingga rata
  4. Diamkan kurang lebih 2-3 jam dengan ditutup serbet/plastik hingga timbul gelembung-gelembung busa.
  5. Panaskan cetakan apem selong, tuang satu sendok sayur adonan kemudian tekan dengan punggung sendok sayur hingga adonan naik dan ketika sendok sayur diangkat akan meninggalkan pinggiran yang cantik di sekeliling wajan cetakan dan tutup.
  6. Angkat, dinginkan, kemudian langsung masukkan plastik kemasan
  7. Hasil jadi kurang lebih 25 bj

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mie Goreng Jawa


Masih setia sama mie goreng jawa ala dapur manis, uenaaak tenan deh mienya hihihi..nggak kalah sama yang beli di luaran sana. Saya suka sekali gagal membuat mie goreng entah kenapa, rasanya ada yang kurang tapi kalau pakai resep dari mb Rina yang ini dijamin enaak hasilnya, makasih banyak ya mb Rina.
karena hanya punya wortel saja, akhirnya pakai sayur seadanya tapi rasanya tetep enak lo, monggo resepnya saya tulis kembali dibawah ini.

Mie Goreng Jawa
Sumber : Dapur Manis
Bahan :
1 bks (220gr) mi telur kering
4 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
5 butir bawang merah, iris tipis
2 sdt kecap ikan/asin
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh wortel, potong korek api
5 batang sawi hijau, potong-potong (skip)
5 lbr kol/kubis, potong kasar (skip)
5 butir bakso, potong sesuai selera (skip)
3 bh sosis, potong bulat (diganti sama ayam giling)
2 butir telur, dibuat orak arik

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk (skip)

pelengkap :
bawang goreng
mentimun
cabe rawit

Cara membuat :
1. Rebus mi sampai matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin beberapa kali sampai mi menjadi dingin. Tuangi mi dengan kecap manis dan saus tiram. Beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bumbu halus sampai wangi. Masukkan kecap ikan, daun bawang dan wortel, aduk rata. Biarkan wortel matang.
3 Masukkan sawi hijau, kol, bakso, sosis, telur orak arik dan mi berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Cek rasanya. Jika telah matang angkat mi dan sajikan hangat beserta pelengkap.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bolu kukus coklat mekar







Bikin Bolu kukus itu masih aja ada sensai deg-deg annya mekar atau enggak hasilnya hihihi... udah lama sih sebenernya save resep dari mb Jolie, keliatan bolkusnya sangat menggoda nyoklat banget dan mekar cantik. Baru wekeend kemaren sempet mencoba untuk membuatnya, dari awalnya sih adonan sangat kental mirip banget adonan mufin, sempet ragu bisa mekar tidak ya, dan taraaa..mekar sekali dan jadi kepingin bikin yang versi biasa tanpa coklat hihihi...


Langsung saja ya resepnya di bawah ini
Bolu kukus mekar

Bahan 1:
- aduk rata
* 200 ml susu cair
* 100 gr margarin, lelehkan
* 1 butir telur, kocok lepas
Bahan 2,
- campur rata, ayak:
* 200 gr gula halus
* 200 gr terigu
* 50 gr coklat bubuk
* 50 gr coklat keping (warna coklat atau warna putih), atau sesuai selera (skip)
* 1 sdt baking powder
* 1 sdt soda kue
* 1/2 sdt vanili
Cara membuat:
- Siapkan kukusan
- Dengan api yang besar, alasi tutup dandang dengan kain, supaya air tidak menetes ke adonan nantinya .
- Tuangkan bahan 1 ke dalam bahan 2 (selain coklat keping), aduk rata
menggunakan balloon whisk, pastikan adonan tidak bergerindil ( tidak perlu terlalu lama, cukup asal rata aja
- Campurkan sebagian coklat keping kedalam adonan, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam cup, dan taburi dengan sisa coklat keping diatasnya.
- Kukus selama 25-30 menit hingga matang,pastikan kukusan sudah benar benar panas dan mengeluarkan uap saat adonan masuk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS