Skip to main content

Posts

Showing posts from February, 2017

Loro Lemu

Assalamualaikum,

Satu lagi kue basah yang terkenal di Banyuwangi yaitu Loro Lemu, kalau bahasa indonesianya Sakit Gemuk, hihihihi jangan ketawa ya.Memang darisana nya nama resepnya aneh. Kenapa dinamakan seperti itu saya tidak tau :D. Resepnya sama persis sama nagasari cuman isinya pakai sabrang atau ketela rambat yang di potong kotak-kotak, cobain deh rasanya enaak loh, kalau aku suka keduanya baik nagasari atau si loro lemu.

Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr tepung tapioka
• 130 gr gula pasir
• 800 ml santan kekentalan sedang
• 3 lbr daun pandan, sobek2
• Ubi Jalar  secukupnya, potong2kotak
• Garam secukupnya
• Daun pisang utk membungkus

Cara membuat :
✔ Masak santan, gula pasir, garam dan daun pandan, aduk2, gunakan api kecil. Masak hingga gula larut. Matikan api. Dinginkan
✔ Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke dlm santan, aduk hingga rata. Pindahkan ke atas kompor.
✔ Masak sambil diaduk hingga tdk bergerindil. Masak hingga adonan mengental. Angkat.Campurkan Ubi jalar yang sudah d…

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …

Wajik Talas

Assalamualaikum
Adem ya hawa nya hari ini, bikin perut gampang lapar 😂😂. Hari ini serba ungu se sendu cuaca hari ini 😅😆. Wajik Ketan
Bahan:

250gr beras ketan putih
150ml santan kental

50ml air(untuk percikan)
2lmbr daun pandan
100gr gula pasir
1/2 sdt garam

Pasta talas secukupnya
Cara membuat : -cuci beras ketan sampai benar2 bersih -rendam beras ketan yg sdh d cuci bersih selama 2-3 jam, tiriskan -kukus beras ketan sambil sesekali diperciki air selama 25-30 menit sampai kelihatan mengembang dan empuk ,matikan api -masak santan, gula, pasta Talas dan garam sampai mendidih dan gula benar2 larut dan agak mengental -masukkan ketan yg sudah d kukus kedalam rebusan gula aduk terus hingga rata dan kering meresap -cetak wajik ketan ke dlm loyang kotak yg sudah dioles dgn minyak dan padatkan,tunggu sampai wajik ketan benar2 dingin kemudian dipotong2 (pakai loyang cetak kecil2)

Cucur Talas

Assalamualaikum
Dari pagi hujan jadi nggak bisa kemana mana, eh biasanya weekend juga nggak kemana mana ding 😂😂. Jadi inget kemarin baru beli pasta Talas, jadi hari ini langsung diberdayakan. Kue cucur rasa talas,enak loh 😄😊 mungkin karena saya doyan banget sama cucur jadi rasa apa aja suka hihihi.

Bahan :
220ml air
100 gr gula putih
2 lembar daun pandan
125 gr tepung beras
30 gr tepung terigu
1/4 Sdt garam

Cara membuat - didihkan air, gula dan daun pandan sampai gula larut. Diamkan hingga hangat kuku - campur tepung terigu, tepung beras, garam. Tuang larutan gula sedikit" sambil di Uleni setelah kental keplok" sambil dituangi larutan gula sedikit" sampai habis. Diamkan 30 menit -panaskan minyak secukupnya tuang adonan, siram" sampai mengembang dan berserat

Mie Cap Cay

Assalamualaikum
Challenge dari YKMK kali ini bikin mie dari mie buatan sendiri beserta olahan nya. Hmm.. Awalnya sempet maju mundur bikin atau nggak soalnya saya nggak punya gilingan mie, pasti ribet ngulenin, nipisin  adonan, dan ngiris  ngiris. Sampe sore tuh masih santai santai aja cuman nonton tv, tapi tiba-tiba kok ya ada krenteg untuk belajar bikin mie sendiri, eh maaf ya apa bahasa indonesia nya krenteg 😄😅
Memang ya ribet bikin mie manual, tapi nggak seribet  yang di bayangin. Dan lelah terbayarkan sama mie fresh buatan dapur sendiri, daripada beli mie yang kemasan, soalnya lebih empuk sama fresh mungkin ya 😍😍.  Thank you YKMK Saya jadi belajar bikin mie.
Berikut resep mie nyaHomemade mie telurSumber : JTTBahan: - 150 gram tepung terigu protein tinggi - 2 butir telur (tambahkan kuning telur jika ingin warna mie yang lebih kuning) - 2 sendok teh minyak canola (atau minyak sayur biasa)
- 2 - 3  sendok makan susu cair - 1/2 sendok teh garam
Cara membuat :Masukkan tepung terigu di dalam…

Apem Kukus Gula Merah

Assalamualaikum

Alhamdulillah malam ini sudah mulai hujan lagi ya, mudah-mudahan membawa berkah dan semua doa di ijabah oleh Allah aamiin.
Mumpung lagi libur hari ini saya menyempatkan diri untuk update blog soalnya kalau kebanyakan suka malas update 😂.
Resep yang saya coba kali ini apem Kukus Gula merah, tapi ternyata mami kurang cocok soalnya kalau apem di Banyuwangi pakainya tepung terigu. Hehee selera ya. Kalau saya sih cuman suka bikin aja, makannya saya serahkan ke mami sama babe 😆😂 hihihi...

Langsung saja ya berikut resepnya
Apem Kukus Gula Merah
Sumber : sajian sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
200 gram gula merah, disisir
150 ml air kelapa 
1 lembar daun pandan 
200 gram tepung beras 
225 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh ragi instan 
75 gram tepung terigu protein sedang 
1/2 sendok teh baking powder 
1 sendok teh garam 

Bahan Taburan (kukus 15 Menit): karena musim hujan males ke pasar jadi saya skip ya 😊😁
200 gram kelapa parut kasar 
1 lembar daun pandan 
1/2 sendok teh g…

Bikang Hasil Praktek ke II

Assalamualaikum,

Weekend kemaren hujan terus sepanjang hari di bekasi ya, alhamdulillah adem dan mudah-mudahan nggak banjir ya, was was juga kalau hujan terus nggak ada jeda.
Karena hujan jadinya nggak kemana-mana, dan kalau cuman diem aja di rumah biasanya suka gatel tangan pingin praktek kue-kue tradisional. Entahlah saya suka banget sama namanya kue tradisional meski sering banget gagalnya. Jadi jangan pernah meremehkan resep tradisional, kelihatannya gampang tapi butuh usaha biar bisa nyerat, mulus nyongkelnya kayak ini ni si bikang.hahaha...

Kesalahan saya yang terkoreksi dari tipsnya mba Rina adalah
# Santan yang dipakai kurang kental, santan kental memudahkan kue bikang saat pencongkelan, biar nggak lengket. Soalnya kalau dioles minyak katanya ada yang bilang nanti bikangnya kurang bisa berserat. Jadi pakailah santan kental ya hihihi ^_^
# dan yang terpenting harus banyak-banyak praktek cungkil mencungkil biar bisa mekrok sempurna, hihihi..berarti harus liat secara langsung gi…

Kue Khamir

Assalamualaikum,Pagi ini sarapan apa teman-teman? saya sarapan kue khamir. Kue khamir adalah salah satu snack kesukaan suami, jadi makanya menjadi salah satu obsesi saya untuk belajar bikin kue khamir. hahaha...agak lebay nih pagi-pagi. Dari sekian resep yang ada saya tertarik dengan salah satu resep Bu Lestari Budiono, selain dari penampakan gambar yang menggoda, menul menul dan terlihat lembut, resepnya pun praktis dan mudah untuk saya praktekkan.Pagi ini siapin semua bahan, kebetulan ada stock bahan sesuai resep jadi aduk aduk, diamkan dan hmm..jadi deh, kue yang lembut, menul menul, enaaak manisnya pas. Cocok banget ngeteh atau ngopi sambil ditemani kue ini ^_^. Yuk cobain 😉Kue khamir
Bahan:
1 kg terigu
5 butir telur (telur ayam kampung lebih gurih)
450 gr Gula pasir
400 ml santal
200 gr mentega
11 gr fermipan (dilarutkan dalam 1 gelas air hangat diamkan 5 menit)
Vanili secukupnya
Aduk semua bahan diamkan 30 menit sampai adonan naik
Siap dipanggang

Dawet Tepung Hunkwe

Assalamualaikum,masih seputaran hobby baking ya, kalau weekend kan saaat yang tepat buat mencoba coba resep. karena masih punya nangka dan dapet oleh oleh durian dari tetangga, jadi saya memberdayakan kedua buah tersebut untuk campuran cendol, hmm kebayang kan legitnya ^_^ yuk langsung ke resep aslinya Source: www.wendyinkk.blogspot.co.id
Dawet Tepung Hunkwe

Bahan:
50gr tepung hunkwee
50gr tepung maizena
600ml jus pandan yang sudah disaring (saya 500ml) --> 10 lbr daun pandan (saya hanya 2 lembar saja, takut ada rasa getir nya)
1/2 sdt pasta pandan (Skip)
1/2 sdm air kapur sirih
Air es satu baskom untuk menampung cendol
Garam sedikit dan gula pasir sedikit
Cara:
1. Campur semua bahan dan aduk pake spatula balon. Kasih jus pandannya dikit2 sambil terus diaduk. Jangan sampai bergerindil.
2. Panaskan adonan dan aduk pake sendok kayu sampai mengental seperti pasta.
3. Masukkan adonan ke dalam cetakan cendol dan tekan.
4. Tampung cendol di wadah yang sudah diisi dengan air es.

Fudgy Brownies

Assalamualaikum,

Baking pagi-pagi tuh bikin semangat, soalnya harus buru-buru segera nyiapin ini itu, sampai foto-foto dan buru-buru mandi biar nggak telat kerja :D.

Karena efek gula dikurangin nih duh si shinny nya kok nggak nongol ya, padahal oven udah panas juga. Tapi yang penting rasanya enak lah :D nggak apa nggak keluar si shinny jadi ya musti latian lagi, beli nutela lagi wkwkwk.

Easy Fudgy Brownies

Sumber : Vhe Verawati
Bahan-bahan: 125 gram tepung terigu
125 gram gula pasir
125 gram dcc (saya pake full nutela)
25 gram cocoa (herseys)
2 butir telur (dari kulkas)
65 gram butter
65 ml minyak sayur (olive oil)
Topping ;
Marshmallow
Snickers mini
Coklat nestle
Cara buat ;
Lelehkan butter dan coklat nutela Campurkan minyak aduk hingga rata,
Kocak telur dan gula, masukkan tepung terigu dan cocoa secara bergantian sedikit demi sedikit, aduk hingga rata lalu masukan cokelat yg sudah di Lelehkan tadi. Aduk sampai rata
Panaskan wajan besar / oven.
Siapkan loyang (maaf …

Peyek Teri

Hari minggu nggak kemana-mana, jadinya sibuk seharian praktek kin resep-resep yang sudah lama di book mark. Kalau ada yang habisin hasil percobaan tuh rasanya semangat banget seharian di dapur ^_^.
Salah satu yang udah lama di bookmark ya peyek resep dari Fah Umi Yasmin ini, soalnya hari ini rencana bikin pecel, nah biasanya pecel ya pasangannya sama peyek.

Alhamdulillah hasilnya nggak mengecewakan, renyah banget enak, ayuuk teman-teman bikin rempeyek :D. Semua pada doyan nih orang-orang di rumah, begitu mateng dicomotin, jadinya entahlah hari ini sepertinya harus bikin lagi hihihihi ^_^. Terimakasih ya mb Fa resepnya selalu oke.

Berikut saya tulis ulang resepnya

Peyek
By : Fah Umi Yasmin
Adonan:
200 gr tepung beras
1 sdm tepung kanji / tapioka
1 btr telor
300 ml air
Kacang tanah potong jadi 2
8 lbr daun jeruk iris tipis (saya lebih dari 8 lembar)
Bumbu Halus:
3 btr kemiri
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1/4 sdt kaldu instant
1/4 sdt merica
2 cm kencur
1 sdt munjung ketumbar

Putu Mayang Pisang

Assalamualaikum

Masih seputaran putu mayang ya,jangan bosen ya teman-teman soalnya masih penasaran sama precet ala banyuwangi, cuman beda ternyata precet pisang dengan resep yang saya coba ini. Kalau Precet pisang kata ibu tidak pakai tepung tepungan yang di masak dengan santan seperti putu mayang.kalau putu mayang ini ya ada rasa pisang cuman kenyil kenyil ^_^. Maklum ya anak perantauan jadi suka kangen sama makanan ala ala kampung hihihihi..

Langsung saja ya berikut resep nya
Putu mayang pisang
Bahan:
200 gram tepung beras
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
300 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
150 gram pisang ambon, diblender halus
75 gram tepung sagu
10 tetes pewarna kuning
4 buah pisang ambon, dipotong panjang
daun pisang, untuk alas

Bahan Saus:
125 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
15 tetes pasta pandan
5 buah nangka, dipotong-potong kotak
Cara membuat:

Larutkan tepung beras, gula pasir, garam, pisang blender, dan santan.Masak …