Skip to main content

Mie Cap Cay


Assalamualaikum


Challenge dari YKMK kali ini bikin mie dari mie buatan sendiri beserta olahan nya. Hmm.. Awalnya sempet maju mundur bikin atau nggak soalnya saya nggak punya gilingan mie, pasti ribet ngulenin, nipisin  adonan, dan ngiris  ngiris. Sampe sore tuh masih santai santai aja cuman nonton tv, tapi tiba-tiba kok ya ada krenteg untuk belajar bikin mie sendiri, eh maaf ya apa bahasa indonesia nya krenteg 😄😅


Memang ya ribet bikin mie manual, tapi nggak seribet  yang di bayangin. Dan lelah terbayarkan sama mie fresh buatan dapur sendiri, daripada beli mie yang kemasan, soalnya lebih empuk sama fresh mungkin ya 😍😍.  Thank you YKMK Saya jadi belajar bikin mie.


Berikut resep mie nya

Homemade mie telur

Sumber : JTT

Bahan:
- 150 gram tepung terigu protein tinggi
- 2 butir telur (tambahkan kuning telur jika ingin warna mie yang lebih kuning)
- 2 sendok teh minyak canola (atau minyak sayur biasa)
- 2 - 3  sendok makan susu cair
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :

Masukkan tepung terigu di dalam mangkuk, atau letakkan di permukaan meja seperti yang saya lakukan. Buat sumur di tengah tepung, pecahkan telurdan masukkan ke dalam sumur di tepung, tambahkan minyak canola, susu cair dan garam. Kocok lepas telur menggunakan garpu. 


Sedikit demi sedikit tarik tepung yang ada di sekitar kocokan telur hingga menutupi seluruh bagian telur


Gabungkan adonan menjadi satu hingga menjadi gumpalan kasar. Uleni adonan hingga adonan menjadismooth dan lemas. 

Bungkus adonan dengan plastik wrap dan diamkan di suhu ruang selama 30 menit agar adonan menjadi relaks dan mudah untuk digilas. 


Bagi adonan menjadi dua bagian. Taburi permukaan meja dengan tepung dan gilas sebagian adonan hingga setipis mungkin. Jika ada menggunakan alat pembuat pasta (pasta maker) maka gilas adonan beberapa kali hingga menjadi tipis, kemudian rajang adonan sesuai ukuran yang diinginkan. 


Note: selalu tutup permukaan adonan yang belum digilas atau adonan yang sudah terpotong dengan kain bersih agar terjaga kelembabannya. Adonan yang kering permukaannya akan semakin menyulitkan anda untuk menipiskannya. 


Jika anda menggunakan cara manual seperti saya, setelah adonan menjadi tipis, taburi permukaan adonan dengan tepung secara merata ke seluruh permukaannya. Gulung adonan dan potong tipis. Buka gulungan adonan hingga menjadi terlepaskumparannya, taburi dengan tepung agar tidak lengket.


Note: jika adonan yang telah digilas kurang mendapatkan taburan tepung di permukaannya maka saat digulung adonan akan saling menempel dan sulit dilepaskan satu sama lain. Tepung yang berlebihan akan larut saat mie direbus.


Siapkan air cukup banyak di panci dan rebus hingga mendidih. Masukkan sebagian potongan mie, jangan banyak-banyak merebus jika panci anda berukuran kecil. Air yang terlalu sedikit akan membuat mie menjadi kurang kesat dan menggumpal.


Jika mie telah mengapung, biarkan terebus selama 1 - 2 menit, kemudian angkat mie dengan menggunakan saringan kawat. Cuci mie di air dingin mengalir hingga mie terasa kesat tidak licin lagi.


Untuk resep mie Capcay dibawah ini ya:

Bahan :
150 gr mie telur yang sudah direbus
1 buah sawi putih
1/2 buah wortel
1/2 buah brokoli
5 buah bakso ikan
1/2 buah bawang bombay
3 siung bawang putih geprek
2 buah bawang daun
1/4 sdt lada hitam
1 sdm saos sambal
1/2 sdt saus tiram
1/4 sdt minyak wijen
air secukupnya
minyak secukupnya
garam secukupnya
gula secukupnya

Cara membuat :

1.Tumis hingga harum bawang bombay dan bawang putih, kemudian masukkan bakso ikan, aduk rata.

2. Masukkan air secukupnya, lalu masukkan bumbu lainnya, lada, saos sambal, saos tiram,garam dan gula lalu sawi putih, wortel dan brokoli.Masak hingga matang

3. Stelah sayuran matang masukkan bawang daun. Cicipi rasa.

4.Sisihkan sebagian sayuran dalam mangkuk, lalu masukkan mie telur yang sudah direbus sebentar. Koreksi rasa. Sajikan mie yang diatasnya disiram sayuran yang tadi disishkan.


Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …