Skip to main content

Bikang Hasil Praktek ke II




Assalamualaikum,

Weekend kemaren hujan terus sepanjang hari di bekasi ya, alhamdulillah adem dan mudah-mudahan nggak banjir ya, was was juga kalau hujan terus nggak ada jeda.
Karena hujan jadinya nggak kemana-mana, dan kalau cuman diem aja di rumah biasanya suka gatel tangan pingin praktek kue-kue tradisional. Entahlah saya suka banget sama namanya kue tradisional meski sering banget gagalnya. Jadi jangan pernah meremehkan resep tradisional, kelihatannya gampang tapi butuh usaha biar bisa nyerat, mulus nyongkelnya kayak ini ni si bikang.hahaha...

Kesalahan saya yang terkoreksi dari tipsnya mba Rina adalah
# Santan yang dipakai kurang kental, santan kental memudahkan kue bikang saat pencongkelan, biar nggak lengket. Soalnya kalau dioles minyak katanya ada yang bilang nanti bikangnya kurang bisa berserat. Jadi pakailah santan kental ya hihihi ^_^
# dan yang terpenting harus banyak-banyak praktek cungkil mencungkil biar bisa mekrok sempurna, hihihi..berarti harus liat secara langsung gimana tukang bikang mencongkel sekalian beli bikangnya :D

Dari pengalaman membuat bikang yang ke dua ini adalah bikang lebih berserat kalau menggunakan air kelapa. jadi yang digunakan untuk memeras santan kelapanya pakai air kelapa ya. saya hanya mengaduk aduk pakai wisker 15 menit saja dan di diamkan sekitar 30 menit. adonan biasanya bergelembung tapi kemaren lama kelamaan jadi tidak bergelembung, udah putus aja nih biasanya kalau nggak bergelembung nggak bisa berserat. Pasrah akhirnya dan pas di tuang di cetakan kue lumpur yang panas, seneng banyak banget bolong-bolongnya. jadi penggunaan air kelapa tuh sangat membantu bikang bisa berserat :D



Sekian dulu ya ulasan dari saya semoga bermanfaat, yuk praktek bikin bikang ^_^
Carabikang/Bikang
Resep : Erwintyas
Bahan:
Tepung beras..100
Terigu 2 sdm
Sagu tani 1 sdm
Air santan panas 275 ml..dalam artian santan mendidih didiamkan dulu sampai uap panasnya hilang..dan suhu agak turun...
Gula 75gr
Garam 1/2sdt
Campur semua bahan kecuali santan...santannya didihkan dulu... Panas"(dalam artian santan mendidih didiamkan dulu hilang uap panasnya...dan suhu agaj turun)masukan ke bahan tepung... Aduk pake wishk selama 15_30menit(semakin lama semakin bersarang)
Bagi adonan jadi 3 bagian kasih warna..merah.putih. Hijau...panaskan cetakan..masukan warna hijau 1/3cetakan...setelah setengah matang..maasukan warna putih .sampai 3/4cetakan...setelah setengah matang..maasukan merah...sampai matang...
Setelah matang angkat,taruh diatas gelas,bagian tengah taruh tutup botol,bagian samping potong jadi 6 bagian.
Buka potongan kesamping bawah.jadi dech bikang mawar cantiknya
#api jangan terlalu kecil...
#cetakan harus panas...tandanya ketika adonan masuk ada bunyiiii pessss
#cetakan jangan pernah ditutup sampai matang
#agar kulit kue lembut...begitu matang cetakan angkat dan taroh diloyang yang ada airnya...setelah itu baru kue dikeluarkan

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …