Powered by Blogger.
RSS

Bikang Hasil Praktek ke II




Assalamualaikum,

Weekend kemaren hujan terus sepanjang hari di bekasi ya, alhamdulillah adem dan mudah-mudahan nggak banjir ya, was was juga kalau hujan terus nggak ada jeda.
Karena hujan jadinya nggak kemana-mana, dan kalau cuman diem aja di rumah biasanya suka gatel tangan pingin praktek kue-kue tradisional. Entahlah saya suka banget sama namanya kue tradisional meski sering banget gagalnya. Jadi jangan pernah meremehkan resep tradisional, kelihatannya gampang tapi butuh usaha biar bisa nyerat, mulus nyongkelnya kayak ini ni si bikang.hahaha...

Kesalahan saya yang terkoreksi dari tipsnya mba Rina adalah
# Santan yang dipakai kurang kental, santan kental memudahkan kue bikang saat pencongkelan, biar nggak lengket. Soalnya kalau dioles minyak katanya ada yang bilang nanti bikangnya kurang bisa berserat. Jadi pakailah santan kental ya hihihi ^_^
# dan yang terpenting harus banyak-banyak praktek cungkil mencungkil biar bisa mekrok sempurna, hihihi..berarti harus liat secara langsung gimana tukang bikang mencongkel sekalian beli bikangnya :D

Dari pengalaman membuat bikang yang ke dua ini adalah bikang lebih berserat kalau menggunakan air kelapa. jadi yang digunakan untuk memeras santan kelapanya pakai air kelapa ya. saya hanya mengaduk aduk pakai wisker 15 menit saja dan di diamkan sekitar 30 menit. adonan biasanya bergelembung tapi kemaren lama kelamaan jadi tidak bergelembung, udah putus aja nih biasanya kalau nggak bergelembung nggak bisa berserat. Pasrah akhirnya dan pas di tuang di cetakan kue lumpur yang panas, seneng banyak banget bolong-bolongnya. jadi penggunaan air kelapa tuh sangat membantu bikang bisa berserat :D



Sekian dulu ya ulasan dari saya semoga bermanfaat, yuk praktek bikin bikang ^_^
Carabikang/Bikang
Resep : Erwintyas
Bahan:
Tepung beras..100
Terigu 2 sdm
Sagu tani 1 sdm
Air santan panas 275 ml..dalam artian santan mendidih didiamkan dulu sampai uap panasnya hilang..dan suhu agak turun...
Gula 75gr
Garam 1/2sdt
Campur semua bahan kecuali santan...santannya didihkan dulu... Panas"(dalam artian santan mendidih didiamkan dulu hilang uap panasnya...dan suhu agaj turun)masukan ke bahan tepung... Aduk pake wishk selama 15_30menit(semakin lama semakin bersarang)
Bagi adonan jadi 3 bagian kasih warna..merah.putih. Hijau...panaskan cetakan..masukan warna hijau 1/3cetakan...setelah setengah matang..maasukan warna putih .sampai 3/4cetakan...setelah setengah matang..maasukan merah...sampai matang...
Setelah matang angkat,taruh diatas gelas,bagian tengah taruh tutup botol,bagian samping potong jadi 6 bagian.
Buka potongan kesamping bawah.jadi dech bikang mawar cantiknya
#api jangan terlalu kecil...
#cetakan harus panas...tandanya ketika adonan masuk ada bunyiiii pessss
#cetakan jangan pernah ditutup sampai matang
#agar kulit kue lembut...begitu matang cetakan angkat dan taroh diloyang yang ada airnya...setelah itu baru kue dikeluarkan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: