Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2016

Garang Asem

ini adalah masakan garang asem pertama saya, kalau kenal masakan lezat satu ini pas di Bekasi, pertama kali mencoba langsung jatuh cinta, dimakan sama tempe bacem dan sambel nyam..nyam..lezat ^_^. Yang jual garang asem ini termasuk jarang juga sih, makanya kalau kangen makan garang asem cuman bisa ngiler aja ha ha ha.

Kendala membuat garang asem ini pertama saya tidak punya belimbing wuluh, nah yang jual pun jarang-jarang ada. kalai mau minta belimbing wuluh ke orang malu, hee..dan yang kedua karena males kepasar membeli daun pisang. Eh tapinya sekarang tanpa daun pisang pun tetep bisa masak garang asem, meski lebih afdol pakai daun pisang ya ada aroma dari daun pisang yang tak tergantikan ^_^, rada lebay dikit ya.

Sekarang alhamdulillah saya sudah punya pohon belimbing wuluh sendiri, meski sempet pesimis nggak numbuh, karena tanah yang kurang subur, berkah hujan sekarang daun belimbing wuluh saya berbuah banyak sekali, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Mumpung weekend akhirnya saya m…

SIMPLE STEAMED CHOCOLATE CAKE

Udah lama banget cookmark resepnya mba Ricke ini, cuman belum sempat cobain. dari judulnya saja sudah menggiurkan simple untuk dilakukan, dan dari gambarnya apalagi udah sampai ngiler-ngiler liatnya :D. Baiklah biar nggak ngiler di coba resep dibawah ini ^_^
SIMPLE STEAMED CHOCOLATE CAKE
Modified by Ricke Indriani
Recook by Roomvi

Cake:
100 gram margarine/butter
100 gram minyak goreng
200 gram gula pasir
200 ml susu cair
2 butir telur, kocok lepas hingga berbuih dengan garpu
100 gram terigu protein sedang
50 gram coklat bubuk
½ sdt baking powder
½ sdt soda kue/baking soda
¼ sdt garam
1 sdt vanilla powder

Ganache siram (optional): Skip
100 gram dark cooking chocolate, cincang kecil
80 ml whipping cream cair
3 sdm madu/corn syrup
1 sdm minyak goreng
Panaskan whipping cream cair hingga panas dan pinggirannya mulai berbuih kecil. Matikan api. Masukkan coklat cincang. Diamkan hingga terlihat coklat meleleh. Aduk rata hingga coklat tercampur rata dan licin. Masukkan madu/corn syrup dan m…

Tahu Bumbu

Bumbu Sate masih tersisa, daripada kebuang saya bikin aja Tahu bumbu, sebetulnya kalau mau bikin tahu lontong khas banyuwangi harus ada petisnya, berhubung udah males ulek-ulek jadi bumbu kacang aja dikasih kecap disiramkan ke tahu goreng, lontong dan tauge yang sudah direbus dan taraa...jadi deh tahu bumbu, kalau mau spesial tambahkan telur dadar, ditambah bawang goreng tambah enak pastinya, sayangnya saya malas untuk iris-iris bawang :D

oke bumbu kacangnya cek resep ini ya : sate ayam madura

Sate Ayam Madura

Sebetulnya ini late post, baru sempet tulis-tulis sehabis menyelesaikan cucian segunung termasuk pekerjaan lain yang mengikutinya setrika :D hahaha lebay dikit boleh ya. Liburan lebaran kemaren sempet bikin sate ayam madura sendiri, ternyata bumbunya enaak banget, dibandingkan dengan menggunakan bawang putih saya cocok menggunakan resep dari sajian sedap ini.

yuk mari langusng saja saya tuliskan kembali resepnya
SATE AYAM MADURA 
Resep by Sajian Sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
4 buah paha ayam atas bawah, ambil dagingnya, sisihkan kulitnya ( saya campur dengan rampela ayam)4 sendok makan kecap manis 2 sendok teh minyak goreng 21 buah tusuk sateBahan Sambal Kacang:
150 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan5 buah cabai merah keriting, goreng2 butir kemiri, digoreng2 buah cabai merah besar, digoreng2 sendok teh gula merah sisir 1 sendok teh garam 350 ml air panasBahan Pelengkap:
3 buah lontong(saya pakai nasi)2 sendok makan kecap manis 3 buah jeruk limau 1 sendok makan bawang merah goreng …

Dough Pizza (Mba Rani Fadila)

Sudah memasuki hujan bulan July ini sepertinya, hampir setiap sore hujan, kalau udah hujan bawaannya laper, tapi males mau bikin ini itu. Dulu pernah bookmark resep dough pizza nya mba Rani Fadila, enaak lho empuk, garing di luar tapinya, itu review dari saya, terimakasih ya mba Rani. Lama-lama bikin ketagihan nih nyobain resepnya mba Rani ^_^.

Untuk toppingnya kebetulan di kulkas hanya ada bakso. Nah toping minimalis bakso, keju melt, oregano, saus tomat dan sambal gini aja udah enaak banget, efek laper kali ya. Apalagi habis dimakan sama hubby tambah deh bahagia ^_^. Catatan saya, untuk dough yang di diamkan hingga 2x lipat menghasilkan dough yang empuk dan lembut daripada yang tidak di diamkan.

Saya tuliskan kembali ya resep dough nya, untuk topping sesuai selera masih-masing ^_^.
SUPER THIN CRISPY CRUST PIZZA
By: Rani Fadilla, diadaptasi dari berbagai sumber.
* 1 resep dibawah ini menghasilkan 1 kg dough pizza (setelah fermentasi) *
‪#‎Bahan‬:
- 500 g tepung terigu cakra, ayak.
-…

Lemet

Mumpung di kampung, banyak daun, banyak singkong dan banyak nangka saya jadi nggak sabar pingin praktek ini itu, salah satunya ya si lemet ini. kalau di bekasi suka males bebikinan :D, kalau di rumah pasukan yang makannya banyak jadi tambah semangat deh bikin ini itu ^_^...enaaak banget deh apalagi pas lagi hujan, ngemil lemet sama teh manis anget eeh..tambah nih jadinya berat badan hahaha...

Sumber resepnya masih dari Mba Hesti Kitchen, terimakasih banyak ya mba, enak banget lemetnya. Resep saya tulis ulang ya . saya hanya menambahkan potongan nangka dan hasilnya legit banget aroma nangkanya ^_^

Lemet
Bahan :
- 500 gr singkong parut
- 200 gr kelapa agak muda, parut
- 200 gr gula merah + 75 ml air (dimasak hingga larut lalu saring)
- 1/2 sdt garam
- daun pisang untuk membungkus Cara membuat :
Campur singkong parut, kelapa parut, dan garam.  Aduk rata menggunakan tangan. Masukkan cairan gula panas. Aduk hingga tercampur rata. Sendokkan 2 sdm ke atas daun pisang lalu bungkus seperti a…

Tape Ketan

Alhamdulillah sudah mulai lagi beraktifitas, sedikit cerita di lebaran kemarin, saya mencoba membuat tape ketan yang sudah tidak terhitung jumlah kegagalan nya, mulai dari tape nya berasa pahit, ngletis, kecut, warna tapenya jadi kotor hahaha..banyak deh ya gagalnya. kok ya alhamdulillah tape yang dibuat kali ini manis, empuk, banyak airnya senengnya..padahal cuman bikin 1 kg dan dalam 1 hari habis dimakan rame2 sama keluarga ^_^. Resep kali ini menggunakan resepnya mba Hesti Kitchen, terimakasih ya mba, hanya saja saya tidak pakai warna hijau. Resepnya saya tuliskan kembali ya
Tape Ketan Bahan :
- 1 kg ketan putih kualitas bagus (cuci bersih, rendam semalam)
- 3 biji ragi tape
- 5 sdm gula
- 2 sdm pasta pandan (Skip)
- daun pandan Cara membuat :
Tiriskan air rendaman ketan. Panaskan kukusan yang berisi air dan daun pandan. Kukus beras ketan sampai setengah matang. Angkat.Tambahkan pasta pandan (skip) ke dalam kurang lebih 300 ml air mendidih. Tuang ke dalam beras ketan setengah m…