Skip to main content

Tape Ketan




Alhamdulillah sudah mulai lagi beraktifitas, sedikit cerita di lebaran kemarin, saya mencoba membuat tape ketan yang sudah tidak terhitung jumlah kegagalan nya, mulai dari tape nya berasa pahit, ngletis, kecut, warna tapenya jadi kotor hahaha..banyak deh ya gagalnya. kok ya alhamdulillah tape yang dibuat kali ini manis, empuk, banyak airnya senengnya..padahal cuman bikin 1 kg dan dalam 1 hari habis dimakan rame2 sama keluarga ^_^. Resep kali ini menggunakan resepnya mba Hesti Kitchen, terimakasih ya mba, hanya saja saya tidak pakai warna hijau. Resepnya saya tuliskan kembali ya
Tape Ketan
Bahan :
- 1 kg ketan putih kualitas bagus (cuci bersih, rendam semalam)
- 3 biji ragi tape
- 5 sdm gula
- 2 sdm pasta pandan (Skip)
- daun pandan
Cara membuat :
Tiriskan air rendaman ketan. Panaskan kukusan yang berisi air dan daun pandan. Kukus beras ketan sampai setengah matang. Angkat.Tambahkan pasta pandan (skip) ke dalam kurang lebih 300 ml air mendidih. Tuang ke dalam beras ketan setengah matang. Aduk sampai rata.
Kukus kembali beras ketan sampai matang betul. Angkat, tuang di wadah yang lebar, agar nanti mempermudah proses penaburan ragi. Dinginkan.Haluskan ragi tape menggunakan sendok. Usahakan tidak menggunakan tangan. Karena kadangkala tangan mengeluarkan keringat dan keringat mengandung garam. Garam menghambat kerja ragi.Tabur ragi secara merata tipis-tipis ke atas ketan kukus sampai terkena semua. Kalau perlu gunakan ayakan yang halus. Aduk agar semua bagian terkena ragi.Taburkan juga gula pasir untuk membantu mempercepat kerja ragi.
Siapkan wadah yang sudah di alas daun pisang. Letakkan ketan ke dalamnya, tutup lagi dengan daun pisang. Tutup wadah tersebut (tidak perlu sampai kedap udara) lalu bungkus dengan kain. Simpan di tempat yang bersuasana hangat (kalau aku di dalam lemari aja). Fermentasikan selama 2 hari. Hari ketiga biasanya sudah jadi.

Agar tapenya manis perlu diperhatikan beberapa point berikut :
1. mencuci bersih beras ketan dan perlengkapan yang digunakan untuk membuat tape (kata ibu Mertua, kalau kurang bersih tapenya bisa mangkak hihihi..apa ya bahasa indonesianya :D )
2. merendam beras ketan semalaman
3. mengukus beras ketan sampai matang benar, kalau kurang matang tape yang dihasilkan jadi ngletis
4.mengukus dengan daun laos (kalau yang ini sih kata simbah biar tape yang dihasilkan manis, kurang ngerti juga ini mitos atau fakta ya :D) , tapi saya ngukus pakai daun laos manis banget tapenya.
5. sebelum diberi ragi dipastikan ketannya sudah dingin (ada juga yang bilang nggak boleh terlalu dingin dan panas) tapi kebetulan kemaren saya dinginkan hingga benar-benar dingin.
6. tidak boleh terkena tangan ketan nya saat proses pembuatan, begitu juga sewaktu menabur ragi dan gula (tapi kalau mertua saya kena tangan tape ketan yang dihasilkan tetep manis ^_^)

sepertinya cukup sekian ya reportase pembuatan tapenya, semoga teman-teman berhasil. Kalau yang sering bikin tape dan sering berhasil bagi-bagi tipsnya ya ^_^...selamat beraktifitas.

Comments

Popular posts from this blog

Putri Salju ala Teh Nina

Assalamualaikum, Ini ada resep putsal yang enaaak meski tanpa kacang kacangan, banyak sekali temen temen saya yang ketagihan pingin si putsal yang lumer ini. Jazakillah khoir ya Teh Nina ^_^. PUTRI SALJU Source : Catatan Nina Rebake : Vira Bahan : 300 gr butter (jangan dicampur margarin ya) 3 kuning telur 125 gr gula halus 400 gr tepung terigu protein sedang 100 gr maizena 50 gr susu bubuk (pakai 2 sachet) 50 gr keju edam parut (bisa pakai parmesan atau cheddar) Taburan : gula halus gula donat Cara Membuat : - Kocok butter, gula halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah selama 1 menit, asal adonan tercampur rata. - Masukkan keju parut, aduk rata. - Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu. - Cetak sesuai selera dan tata di loyang. - Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingg

Nastar ala Mba Audrey

Assalamualaikum, Apa kabarnya kue kue lebaran teman-teman? Nastarnya masih ada atau sudah ludes nih? Primadona setiap Ramadhan dan Lebaran.Meski ribet bikinnya, nastar wajib ada ya saat lebaran tiba. Kadang juga sebelum lebaran juga udah abis hihihi.. Nastar Source : Ayu Audrey Rebake : Vira Bahan : 500 gram mentega ( mix anchor + blueband ) 100 gram gula halus 2 kuning telur 500 gram terigu segitiga biru 100 gram maizena 100 gram milk powder Selai nanas home made Caranya Membuat : Kocok mentega dan gula pasir sampai pucat. Masukkan kuning telur,kocok sampai rata aja. Masukkan tepung bertahap dan tercampur rata,matikan mixer. Bentuk adonan plus masukan isian.bentuk sesuai selera (suka suka ya bisa bentuk daun, klasih bulet aja, kerang, gulung dll).  Oven suhu 180 derajat api atas bawah sekitar 10mnt,keluarkan loyang, olesi dengan kuning telur omega ( olesi 2 kali utk hasil maksimal ) panggang kembali sampai kuning keemasan.

Lidah Kucing ala Ayu Audrey

Assalamu'alaikum, Posting borongan hari ini 😂😂, Lidah meong lebaran kemarin, cuman ditambah sedikit pasta pandan aja, harum wangi pandan. Terimakasih mba Ayu 😘 LIDAH KUCING Source: @ayuaudrey91 Rebake: Vira Bahan = 250 gram blueband Cake & cookies 170 gram gula halus 100 cc putih telur 1/4 sdt vanili 200 gram terigu segitiga biru 65 gram maizena. Caranya = Mixer jadi 1 blueband,gula halus,putih telur dan vanili sekitar 2 mnt dengan kecepatan rendah. Masukkan bertahap terigu dan maizena. Setelah rata matikan mixer. Masukkan adonan ke kantong segitiga. Oles loyang lidah kucing dengan sedikit mentega. Gunting ujung plastik adonan. Spuit kan memanjang,panggang suhu 170 derajat api atas bawah kalo oven listrik.