Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2016

Pia Basah

Hujan-hujan pinginnya kok ya ngemil terus, kali ini kepingin banget nyobain resepnya bakpia basahnya mb Novianditazmania, kalau pas anget-anget enak banget deh, dingin juga enak sih tapi kalau makan bakpia basahnya pas anget2 maknyus banget, makasih ya mb resepnya.

Langsung saja resepnya ada di bawah ini
Bakpia Basah  sumber : Mb  Novianditazmania Bahan :
- 10sdm tpg terigu
- 1sdm gula halus
- 1sdm margarin
- 1 Setengah sdt fermipan
- Air secukupnya * Isi sesuai selera bisa pake ceres,coklat blok atau
keju * Cara buat :
- Uleni semua bahan sampai kalis,diamkan 40 menit.
-  setelah itu ambil sedikit adonan , isi dengan ceres, lalu tutup , bentuk bulet lalu sedikit pipihkan
- Panaskan teflon ,olesi sedikit margarin,lalu panggang bakpia nya , lalu tutup
- lihat bawahnya, kalo sudah agak kuning kecoklatan balik bakpianya , lalu masak lagi sampai kuning kecoklatan ,
- gunakan api kecil aja yah supaya matengnya merata dan jangan lupa di tutup

Kue lumpur (Pakai Tepung Kentang)

Weekend waktunya bikin-bikin kue yeeei, mumpung malesnya belum kumat. kali ini pingin buatin mami kue lumpur, biar praktis pakai tepung kentang saja, hasilnya nggak kalah lembut , lebih cepet juga karena nggak pakai ngukus kentangnya. Alhamdulillah semua suka, lumpur yang lembut, apalagi dimakan pas hangat-hangat sambil nyeruput teh anget terasa nikmatnya. Alhamdulillah.


Kikil Pedas Khas Banyuwangi

Kemarin ada request dari pak bos untuk buatin kikil pedas khas Banyuwangi, katanya mantap pedasnya dulu sewaktu berkunjung ke Banyuwangi.Mumpung ada mami di rumah, jadi untuk kali ini mami yang bikin kikil pedasnya dan saya yang nyatet resepnya, siapa tau nanti dibutuhkan :D

Kikilnya bisa kulit perut atau kaki sapi, kali ini yang dimask kaki sapi. untuk pembuatan yang praktis dan empuk tapi daging tidak hancur, tetep ya pakai slow cooker. ditinggal tidur, paginya udah empuuk banget ^_^

langsung saja resepnya :
Bahan yang dihaluskan :
- 1/4 kg cabe merah
- 20-25 cabe rawit (ini sesuai dengan seleranya, kebetulan yang pesen suka pedes)
- garam secukupnya
- 1 ruas jahe
- bawang merah 12 buah
- bawang putih 5 buah
- sedikit kunyit
- sedikit terasi
- 2 butir kemiri
- 1 sdt ketumbar

Bahan lainnya:
- 1 ruas lengkuas
- 6 lembar daun salam
-  2 sdm gula merah
- Air kurang lebih 1 liter
- santan diambil kanilnya saja dari 1 butir kelapa
- minyak untuk menumis
- Kikil sapi 1 1/2 kg, direbus du…

Pukis Ala Abang-Abang Topping Kacang

Masih dengan cemilan Pukis, semua suka Pukis dari suami, babe sama mami, termasuk keponakan hihihi...favorit banget deh cemilan satu ini, apalagi mam nya pas anget-anget. duuh kebanyang deh rasanya empuk enaaak :D, kali ini bikin dengan toping kacang almond saja, apapun toppingnya semuanya suka ^_^

resepnya ini dari mb Vita Citra, cocok banget, makasih banyak ya mbak, resepnya ada di sini

Kaldu Iga

Kalau di Banyuwangi biasanya sate dijual bersama kaldu atau gule kambing, tapi kalau di bekasi biasanya tongseng sih yang terkenal. Babe ku suka sama kaldu kambingnya, dengan tambahan kacang hijau jadi lebih gurih rasanya. Kebetulan Babe lagi datang ke Bekasi, jadi pingin cobain masak kaldu tapi dengan daging Iga, dimasak dengan slow cooker aja biar empuk. Alhamdulillah keponakan juga ikutan suka rasanya, hihihi...

Kaldu Iga Sapi
Bahan :
1/2 kg Iga Sapi
1/4 sdt pala
1.5 sdm baceman bawang putih
5 buah bawang merah iris tipis
1 sdt merica
1.5 sdt garam
1/4 sdt gula
air secukupnya
0.125 gr kacang hijau

Cara membuat :
1. Rebus iga sapi  sampai mendidih dan hilangkan coklat-coklat lemak yang mengapung
2. Tumis irisan bawang merah dan baceman bawang hingga harum, masukkan ke kuah kaldu
3. Masukkan juga ke kuah kaldu garam, merica, pala bubuk dan gula, aduk rata, koreksi rasa
4. Masukkan Iga sapi dan kuahnya ke dalam slow cooker, juga kacang hijau
5. Masak hingga 5 jam, dan siap disajikan.…

Martabak Telur

Jangan bosen ya sama postingan martabak telur, heee..sejak bisa bikin udah nggak pernah beli lagi martabaj telur. Tiap ngeliat daging juga pinginnya dibuat martabak telur. hihihi....
Kemarin sore coba buat martabak telur, tapi pake kaldu daging airnya, karena kebanyakan nuang airnya sekitar 150 ml, jadinya adonan tepungnya kelembekan, akhirnya saya kasih tepung maizena saja, ternyata lebih krius kulit martabaknya, alhamdulillah ^_^

untuk resepnya masih sama ya seperti di martabak telur

selamat makan siang ^_^

Nasi Kuning Awal Tahun

Alhamdulillah 1 Januari 2016, ritual yang wajib dibuat di dapur adalah membuat nasi tumpeng, Hari Lahir suamiku tepat pada tanggal 1 Januari " barakallah fii umrik" suamiku semoga apa yang menjadi keinginan terkabul di tahun ini, jadi suami yang lebih baik dan dewasa.

Di awal tahun banyak yang tutup warung sayurnya, untunf masih punya telur, buncis dan daging. Ya sudah dibuatlah nasi tumpeng mini sederhana. Alhamdulillah rasanya pas, meski bumbu minimalis. Saya pakai bumas untuk santannya, jadi pakai yang mini saja untuk ukuran beras 250 gr, kalau pakai yang besar pernah juga rasanya gurih banget, jadi terlalu enek.

Resepnya langsung saja di baawah ini :
Nasi Tumpeng Mini :
Bahan :
250 gr beras cuci bersih
50 gr ketan cuci bersih
Bumas ukuran paling kecil
air 300 ml
1 ruas kunyit yang diuleg, kasih air 100 ml disaring
2 buah daun jeruk
1 buah sereh

Cara membuat :
1. kukus beras dan ketan selama kira2 15 menit
2. masak bumas, air, aair kunyit, sereh dan daun jeruk hingga men…