Powered by Blogger.
RSS

Kikil Masak Mangut


Gara gara si iming iming mangut kepala mayung, jadi ikutan pingin masak mangut. Nah setelah cek isi kulkas adanya cuman tahu dan kikil, dicoba saja ahh siapa tau enak, ternyata enak juga loh. Sayangnya nggak pedes, karena suami nggak suka pedes.

Ada protes sih dari suami, katanya kalau masak itu bumbunya kurang halus. Ya sudah pagi tadi masak mangutnya di blender, terus diuleg lagi biar alus. Eeh tetep sih kurang alus, cuman ya lumayan lah lebih halus daripada hanya di blender :D

Resepnya dibawah ini ya:

KIKIL MASAK MANGUT
350 gr kikil, potong-potong
4 buah tahu, goreng sampai berkulit
1 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 batang sere
2 cm lengkuas, memarkan
500-750 ml santan dari bumas plus air
2 1/4 sendok teh garam
2 1/4 sendok teh gula merah
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
2 cm kencur 
Sedikit kunyit
3 butir kemiri, sangrai
Cara Membuat Mangut:
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk,  lengkuas, dan sere sampai harum.
2. Masukkan kikil dan tahu. Aduk rata.
3. Tuang santan. Aduk rata. Masukkan garam dan gula merah. Aduk rata. Masak sampai matang. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Killer Soft Bread



Akhirnya saya terkena juga virus Killer Soft Bread yang sudah berkeliaran di Dunia Maya :D, sayangnya punya saya kurang soft, mungkin nguleninnya kurang elastis, tapi alhamdulillah rasa penasaran saya sudah terbayarkan. Rotinya berserat dan praktis sih hanya butuh satu kali profing saja, lain kali harus semangat nyoba lagi biar hasilnya lebih baik ^_^

Resepnya ada dibawah ini :


KILLER SOFT BREAD
by Victoria Bakes
Bahan :
 260 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
3 gr ragi instan
1 butir telur yang ditambah susu cair hingga berat 160-180 gr
30 gr butter / margarin sejumput garam
Olesan :
1 butir telur
3 sdm susu cair
Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga tercampur rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu, uleni hingga kalis kemudian tambahkan butter dan garam. Uleni kembali hingga kalis dan elastis.
3. Bagi adonan, diamkan selama 10 menit.
4. Tata adonan di loyang yang sudah dioles tipis margarin / minyak sayur dan diamkan hingga mengembang 2x lipat.
5. Oles dengan bahan olesan, panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 30-40 menit.
 6. Keluarkan dari oven, panas-panas olesi dengan butter. Siap dinikmati.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tiwul dari Tepung Gaplek


Salah satu jajanan pasar yang sering ditemui di sini adalah tiwul, sebenernya baru makan tiwul ya di bekasi. Kalau di banyuwangi malah adanya horog-horog, rasanya sih hampir mirip cuman mungkin pemakaian tepungnya yang beda juga pemakaian gulanya. kalau horog2 itu pakai gula putih nah si tiwul ini pakai gula jawa.

Kebetulan ada banyak berseliweran gambar tiwul di IG, karena kepingin saya minta dibelikan oleh2 tiwul mateng dari Jogja ke Suami, eh malah dibeliinya tepung gaplek, katanya biar g basi ^_^...yo weslah sekalian biar bisa bikin tiwul sendiri.

Resepnya saya nyontek resepnya mb diah didi, terimakasih banyak mb, *hug.


Tiwul

Bahan :
150 tepung gaplek
Air kurang lebih 150 ml
Garam 1/4 sendok teh
Gula merah secukupnya, sisir untuk taburan ( atau bisa pakai gula pasir )
Kelapa parut kukus  yang sudah di beri sedikit garam secukupya untuk penyajian.
 
Cara membuat :
Ambil tampah atau wadah lain yang besar. Tuang tepung gaplek, tambahkan garam, aduk hingga rata. Perciki tepung gaplek sedikit demi sedikit hingga jadi adonan yang bergerindil atau berbutir2 kasar. Jangan langsung di tuang ya airnya..nanti adonan akan terlalu rata dan homogen..jadi hasil tiwul kurang cantik dan terlalu kenyal rasanya. Jika sudah jadi adonannya..panaskan kukusan, alasi dengan daun pisang , tuang tiwul, taburi gula merah di beberapa bagian, lalu kukus tiwul hingga tingkat kematangan sesuai selera. Boleh sesekali di buka kukusannya dan di aduk agar matang sempurna tiwulnya...dan di cicipi sampai mau matang empuk atau cukup matang seperti hasil tiwul yag ku buat ini . Kalau kayak punyaku ini aku kukus sekitar 20 menit aja. Sajikan dengan kelapa parut kukus..untuk tiwul manis..atau bisa juga di makan dengan lauk pauk jika tiwulnya tawar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lontong Magic Com


Bikin lontong dari magic com ini adalah yang kedua kalinya, kalau yang pertama hasilnya benyek mirip jenang suro kata ibuk ku hahaha, pantas saja harusnya perbandingan beras dan air 1:2 lha aku nya 1:4 nah kan ketahuan salahnya dimana :D

Ternyata bikin lontong praktis dan cepet bisa juga saya akhirnya, taraaa..hasilnya tidak lembek dan keras. Untuk bikin lontong ini cukup dengan kurang lebih 30 menit saja, praktis kan ^_^. Untuk teman lontong saya bikin jangan kates atau sayur pepaya. Abaikan telur gorengnya hihihi, harusnya paling enak ya dimakan sama telur bumbu petis atau telur bumbu Bali, sayangnya saya lagi males :D..

langsung saja resepnya ada di bawah ini
Lontong Magic Com:
KETUPAT KILAT
By Duryatin Amal
Bahan Ketupat Super Praktis:
- 2 cup beras pandan wangi Pure Green
- 4 cup air bersih
- 1/4 sdt garam (opsional)

Cara Membuat:
- Cuci beras, tempatkan di panci magic com. Tambahkan air dan garam. Masak dengan magic com hingga matang (kira-kira 15 menit) hingga indikatornya naik ke mode warm.
- Setelah matang, buka magic com, aduk nasi sambil sesekali ditekan dengan punggung sendok nasi agar sedikit lumat.
-Setelah itu, tutup magic com. Tekan ke mode cook, tunggu sampai tombol indikator naik lagi mode warm. Lakukan sekali lagi proses mengaduk nasi dan memasak. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit saja untuk mengaduk dan memasak. Jadi totalnya 30 menit saja dihitunga dari mencuci beras dan memasak.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sego Pecel Rawon



Makan pecel sama rawon, apa rasanya ya? bagi yang belum pernah cobain banyangin saja aneh kan ya, hihihi...rasanya enak padahal, nasi pecel rawon ini juga kuliner khas dari Banyuwangi, biasanya sih ada endog atau telur encitnya, cuman hari ini stok telur dirumah sedang habis, kapan-kapan mau bikin komplit.

Biasanya ada depot favorit untuk makan pecel rawon bersama keluarga yaitu warung pecel ayu, bumbu pecelnya mantep banget deh bikin ketagihan, rawonnya juga enak. Porsinya tidak terlalu banyak, dan ada berbagai macam lauk, dari paru, ati goreng, empal, serundeng daging dll.

Kuliner Bayuwangi memang banyak menggabungkan dua masakan seperti rujak dan soto atau rujak soto, tapi asli enak loh :D..kalau ke Banyuwangi saya merekomendasikan silahkan mencoba kuliner Rujak soto dan Sego Pecel rawon ini.

Langsung saja ke resepnya
Sego Pecel Rawon :
Bumbu Pecel :
1/4 kg kacang tanah , goreng hingga matang
1/8 gula aren, sisir hingga halus
10 buah cabai merah keriting, 
3 siung bawang putih
1/2 ruas jari kencur
5 lembar daun jeruk purut
2 sdt garam, gunakan sendok makan biasa
3 sendok makan air asam Jawa yang kental
secukupya minyak untuk menumis bumbu
Bahan Sayuran :
1 bungkus Tauge
2 ikat kangkung
1 ikat kacang panjang
Bahan Rawon :
250 gram daging sapi, potong-potong (saya merebus daging di dalam slow cooker)
25 gram tauge dari kacang hijau, kalau bisa cari yang belum terlalu panjang tumbuhnya
600-1000 ml air
3 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu, haluskan:
1/2 sendok teh merica butiran
1/2 sendok teh ketumbar sangrai
1/2 ruas kencur
1/2 ruas kunyit
1/2 ruas jahe
1/2 ruas laos
4 butir bawang merah 
3 butir bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
4 buah kluwek,
sedikit terasi terasi
Bumbu lainnya:
1/2 ruas lengkuas, pipihkan
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, pipihkan
1 sendok makan air asam jawa
1 sendok makan gula jawa
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
 
Cara Membuat Bumbu Kacang :Masukkan kacang tanah yang telah di goreng dalam food processor, proses hingga halus,  Goreng cabai, bawang putih, kencur dan daun jeruk hingga semua bahan layu dan matang. Angkat dan tiriskan dari kelebihan minyak. Haluskan cabai dan bumbu lainnya ini hingga halus.Tuangkan bumbu halus, garam, gula merah dan air asam jawa ke dalam wadah berisi kacang tanah yang dihaluskan. Aduk hingga rata. Sisihkan
 
Rebus semua bahan sayuran hingga matang, lalu tiriskan. Sisihkan
 
Cara Membuat Rawon :Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk, aduk rata.Tambahkan air asam jawa, garam, gula jawa, gula pasir dan aduk rata, masukan air dan biarkan mendidih. Masukkan daging. dan koreksi rasa
 
Penyelesaian, ambil nasi siram dengan rawon, tata sayur-sayuran dan beri bumbu pecel yang sudah diberi air. Terakhir bisa ditambahkan rempeyek atau lauk pelengkap lainnya seperti telur, tahu atau tempe. ^_^             
                         

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sego Bodrek Khas Banyuwangi




Sego bodrek ini atau Nasi bodrek adalah nasi khas dari Banyuwangi,kenapa namanya bodrek saya juga tidak tau, tapi bukan obat untuk sakit kepala itu ya hihihi... sego bodrek ini dijual dengan porsi sedikit hampir mirip dengan nasi kucing tapi bedanya nasi bodrek dijual dengan dibungkus daun pisang. Harganya sangat murah sekitar 3.000-4.000 rupiah. Isinya biasanya ada yang isi telur dadar, ayam suir, atau daging bumbu merah. Sedangkan lauk tetapnya orek tempe dan mie goreng. Selamat sarapan ...^_^

Untuk Resepnya seperti di bawah ini :

Sego Bodrek
Ala Roomvi



      Bahan-bahan
Secukupnya Nasi Putih
secukupnya daun pisang
Bahan Mie Goreng
2 kotak mie telur direbus sebentar lalu tiriskan
3 batang daun bawang, potong 2 cm
2 siung bawang merah iris tipis
1/4 sdt gula pasir
1-11/2 sdt garam
6 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdt lada bubuk
5 sdm kecap manis
1 sdt saus tiram
3 buah bawang putih haluskan
secukupnya (sekitar 6 sdm) kaldu daging
Bahan Oseng Tempe:
1/2 papan tempe, potong tipis memanjang
50 ml air kaldu daging
5 sdm kecap manis
1 sdt saus tiram
1 sdm minyak goreng (untuk menumis)
Bumbu halus:
5 butir bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
2 sdm gula jawa, serut
4 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
Bahan Telur Dadar :
2 butir telur ayam
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
sedikit minyak untuk menggoreng
Bahan Daging Bumbu Merah :
Bahan:
1/4 daging sapi iris tipis rebus hingga lunak
200 ml air kaldu daging
2 sdm minyak goreng
Bumbu, haluskan:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
10 buah cabe keriting
Bumbu pelengkap:
1 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 sdt gula pasir
1 1/2 sdt garam
1 sdm gula jawa
 Cara Membuat :
1. Mie Goreng

    Tumis bawang putih, bawang merah hingga harum,  lalu masukkan daun bawang. Tambahkan sedikit air kaldu, kecap, saus tiram, lad, gula, dan garam masak hingga mendidih
    Masukkan mie , aduk rata, masak sambil diaduk hingga air habis. Koreksi rasa dan sisihkan

2.Oseng Tempe

    Panaskan minyak, Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan air kaldu, masukkan kecap manis, saus tiram dan tempe, masak hingga air tinggal sedikit dan mengental. Koreksi rasa dan sisihkan

3.Telur Dadar:

    Kocok telur, lada dan garam hingga rata
    Panaskan Teflon, oles sedikit minyak. Tuang kocokan telur, ratakan tipis, masak diatas api kecil hingga matang. Angkat, dan sisihkan. bagi menjadi 8 bagian.

4.Daging Bumbu Merah :

    Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu daging Aduk, biarkan mendidih
    Masukkan daging dan bumbu pelengkap, aduk, masak hingga bumbu meresap, dan kuah mengental. Angkat dan sisihkan

5.Taruh sedikit nasi di daun pisang lalu beri samir dan masukkan oseng tempe,telur dadar, mie goreng dan daging bumbu merah lalu bungkus, dan siap disajikan. ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS