Skip to main content

Bobor Kelor dan Tahu Tempe (CHALLENGE #14 YKMK 2016)





Tidak terasa sudah waktunya weekend, mudah mudahan mood untuk ngedapur nggak memudar, soalnya malesnya kambuh malah disaat libur, padahal udah macem-macem yang ada di otak yang ingin di buat..hiiii hiii...

Oh ya di CHALLENGE #14 YKMK 2016 kali ini temanya olahan sayur mayur, yang diadakan dari tanggal
07 - 27 Maret 2016.Dari beberapa sayur yang paling saya favoritkan adalah kelor, dulu sempet perjuangan menanam kelor, sudah 3x gagal dan baru yang ke empatnya alhamdulillah berhasil tumbuh. Tumbuhnya juga engkrik-engkriken kata orang jawa yang maksudnya nggak sehat dan seger, maklumlah ya tanah depan rumah itu gragal, padahal kelor ini biasanya mudah sekali tumbuh. Nah pas musim hujan tuh baru deh tumbuh seger si kelor, senengnya saya :D


Biasanya saya hanya mengolah daun kelor ini dengan dimasak sayur bening, ditambah jagung manis atau labu siam plus tempe dan sambel, tapi berhubung suami tidak suka dengan yang bening-bening, maka saya mencoba untuk membuat bobor kelor saja ditambah dengan tempe semangit dan tahu. Alhamdulillah suami suka ternyata. Seperti yang telah tersebar di FB dan beberapa Grup, daun kelor banyak sekali manfaatnya, malah di Banyuwangi konon katanya kalau makan daun kelor jin-jin yang ada pada diri manusia langsung kabur :D, ada juga yang dengan di gebros kelor orang yang kerasukan bisa langsung disembuhkan, ada lagi yang sakit gigi ulatnya keluar setelah digebros-gebros daun kelor hahaha...tapi nyata itu loh beneran ada di Banyuwangi ^_^ (* maaf bahasa Indonesia digebros apa ya :D)


Sudah ya ulasan sedikit manfaat tentang daun kelor di daerah saya, langsung saja pada resep di bawah ini

Bobor Daun Kelor
Bahan :
1 ikat daun Kelor (230 gram) 
1/4 papan tempe semangit poting kotak
4 buah kotak tahu kecil, dipotong kotak
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sendok teh ketumbar
1 cm kencur
1 3/4 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula jawa


Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam hingga harum,
  2. Masukkan tempe dan tahu oseng sebentar
  3. Masukkan  santan dan aduk rata
  4. Masukkan daun kelor. Aduk rata. Masak sampai matang


Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …