Powered by Blogger.
RSS

Martabak tahu




Membuat Martabak tahu ini tentu sangat mudah, untuk membuat kulitnya sama persis dengan membuat martabak telur, hanya saja isinya saja tahu yang dibumbui sederhana, namun hasilnya menurut saya sih enak enak saja heeee..

langsung saja resepnya sebagai berikut :

Martabak Tahu
ala Roomvi

Bahan kulit :
200 gr tepung cakra
3 sdm minyak zaitun
1/4 sdt garam
130-140 ml Air
Siapkan minyak untuk merendam 
Bahan Isi :
Tahun kotak kecil 5 buah
1/2 sdt merica
2 buah cabe hijau, iris tipis
2 buah bawang daun iris tipis 
1 butir telur
1 sdt garam

Cara Membuat :
1. campur semua bahan isi, ulen hingga kalis.
2. bagi menjadi bulatan kecil dan rendam dengan mintak hingga terendam. diamkan 15 menit
3. campur semua bahan isi
4. tipiskan adonan kulit, isi dengan bahan isian kemudian goreng di minyak panas hingga kecoklatan
5. Martabak tahu siap dihidangkan ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mie Goreng




Udah lama nggak bikin Mie Goreng, padahal hubby senengnya banget kalau dibuatin mie goreng. jingkrak-jingkrak bahasa alaynya hahaha...

Mendadak di sore yang mendung pingin bikin mie goreng, bahan-bahannya ini asal cemplung saja, lha kok enak ternyata hasilnya. Hihihi...

Langsung saja ya resepnya di bawah ini

Mie Goreng Udang
ala Roomvi
bahan :
1 bungkus mie telor (rebus sebentar diair mendidih dan tiriskan, kemudian siram dengan air dingin. Tiriskan lagi)
5 lembar kubis potong-potong sesuai selera
1/4 kg udang
2 buah bawang daun iris tipis
1 tangkai seledri
bawang goreng secukupnya
1/2 sdt minyak ikan
2 sdm kecap manis

Bahan yang dihaluskan:
1/2 sdt baceman bawang
3 buah bawang merah
1 sdt ebi
1 sdt merica
6 buah cabe merah keriting
1-2 sdt garam
1 sdt gula

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga berbau harum, masukkan udang dan tumis hingga kemerahan.
2. Masukkan kubis dan beri sedikit air, masak hingga kubis layu
3. Setelah itu masukkan mie yang telah direbus, seledri, daun bawang, minyak ikan, kecap manis aduk rata.
4. biarkan hingga bumbu meresap, koreksi rasa dan mie goreng siap dihidangkan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lele Goreng Kremes




Alhamdulillah sudah masuk di hari Jum'at. sebentar lagi sudah masuk weekend, meski nggak kemana mana , waktu istirahat dan yang pasti waktunya setrika yang sudah menggunung. Hahaha..

Sarapan apa pagi ini teman teman? Pagi ini saya malas masak, suasananya hujan dan dingin jadi ini mata serasa ingin merem aja dan tarik selimut, hihihi...

Seperti biasa masak masak nya hanya dua porsi saja. Nah dari resep berikut hanya pakai setengah resep saja ya.

Lele Goreng Kremes
Sumber: Sajian Sedap
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
4 ekor ikan lele
1/2 sendok teh air jeruk nipis

Bumbu Perendam:
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
250 ml air

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit bakar
2 butir kemiri sangrai

Bahan Kremesan:
250 ml air rendaman
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
50 gram tepung beras
15 gram tepung sagu 
Cara Pengolahan :
1. Lumuri ikan lele dengan air jeruk nipis. Cuci bersih.
2. Aduk rata bumbu perendam dan bumbu halus.
3. Rendam ikan lele dalam bumbu perendam. Diamkan 30 menit. Tiriskan.
4. Aduk rata bahan kremesan.
5. Celup ikan lele dengan bahan kremesan. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.
6. Goreng sisa kremesan dengan minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
7. Sajikan ikan lele dengan kremesan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kepiting Bumbu Kare Asam Pedas


Sore sore dapat kejutan, dikasih oleh oleh kepiting dari R3, makasih bunda puri nugrahati. Langsung bingung enaknya dibikin apa, soalnya biasanya cuman dibikin sop aja, selain dari sop belom pernah sama sekali. Karena udah sore jadi kepiting cuman direbus saja dan dibersihkan setelah direbus.

Sambil mikir mikir, dimasak apa ya enaknya? Muncul beberapa pilihan dari kepiting saus merah atau kepiting lada hitam, eh ada lagi kepoting saus padang.. hahaha eeh ternyata jadinya kepiting bumbu kari masak asam pedas saja.

Kepiting bumbu kari asam pedas
Ala roomvi
Bahan:
1 buah kepiting, rebus dan bersihkan
1 bungkus bumbu kare instan
4 siung bawang merah, iris tipis
1/2 sdm baceman bawang putih
Air 1 gelas
3 buah belimbing wuluh
10 buah cabe rawit, iris serong
2 buah cabe hijau iris.serong
1 sdt garam1/2 sdt gula

Cara membuat:
Tumis bumbu kare, bawang merah,baceman bawang hingga harum
Masukkan air dan masak hingga mendidih, tambahkan belimbing wuluh, cabe rawit, cabe hijau, garam dan gula
Masukkan kepiting dan biarkan bumbu meresap
Koreksi rasa dan kepiting bumbu kare asam pedas siap dihidangkan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Labu Siam dan Kacang Panjang Bumbu Kare




Labu siam adalah salah satu bahan favorit suami, biasanya saya memasaknya dengan ditumis, untuk campuran rawon atau di sayur lodeh dan sambel goreng. Biar nggak bosen, mumpung libur saya coba masak labu dengan kacang panjang dengan bumbu kare. Enak juga ternyata.. :)




Labu Siam dan Kacang Panjang Masak Bumbu Kare
Bahan-bahan
3 buah labu siam kecil, potong kotak
3 kacang panjang, potong sesuai selera
2 buah cabe hijau, potong serong
2 buah bawang merah, iris tipis
1/2 sdm baceman bawang
1 iris tipis laos
1 sdt bumbu kare indofood
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdm santan kara
Air secukupnya kira2 1/2-1 gelas 

Cara Membuat :
1.Tumis bumbu bawang merah, baceman bawang, cabe hijau, bumbu kare dan laos
2.Setelah bumbu yang ditumis berbau harum, masukkan potongan labu dan kacang panjang dan air. Masak hingga sayur matang
3.Setelah sayur matang, tambahkan santan. Koreksi rasa dan labu siam, kacang panjang bumbu kare siap dihidangkan dengan sepiring nasi putih

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Martabak telur dengan kentang


Weekend saatnya masak masakan di dapur.Kali ini bikin sajian kesukaan suami dan keponakan.tapi karena hanya punya daging sedikit jadinya ditambah kentang, jadilah camilan sehat dan mengenyangkan,yang terpenting semua suka :D

Martabak telur dengan kentang 
Ala roomvi


Bahan isi :
1 buah kentang potong kotak kotak dan rebus hingga matang
3 sdm daging rebus yang sudah dihaluskan dengan choper
1 bungkus indofood bumbu kare
3 batang daun bawang iris tipis
Bahan kulit :
200 gr tepung cakra
3 sdm minyak zaitun
1/4 sdt garam
130-140 ml Air
Siapkan minyak untuk merendam
Telur secukupnya untuk isian.saya biasanya hanya pakai 1 telur untuk 1 kulit martabak
  Cara Membuat :

1.Campur semua bahan isi menjadi satu, lalu aduk sampai rata. Biasanya saya memakai bahan isi ini 2 sdm lalu tambahkan telur. Sisanya masukkan kulkas, bisa dipakai untuk isian kulit selanjutnya 

2.Untuk kulitnya, campur tepung, minyak, garam dan air

3.Uleni hingga rata, lalu bagi menjadi 4 bagian, atau sesuai selera ya.kemudian rendam dalam minyak. Diamkan kira kira 15 menit. Kalau saya biasanya saya tinggal nyapu, nyuci dan bersih2 :D

4.Setelah didiamkan, tipiskan adonan langsung dalam wajan teflon ya


5.Ini penampakan 2 sdm adonan isi yang diberi 1 telur, taruh di tengah adonan kulit


6. Lipat bagian sisi kulit hingga membentuk persegi.


Ini dia penampakannya.agak sedikit bocor ya hihihi..gpp nanti tetep oke tampilan martabaknya :D.

8.Panaskan wajan teflon, dan beri sedikit minyak

9.Masak hingga bagian bawah kecoklatan, balik dan goreng juga hingga kecoklatan dan matang.
 
10.Setelah matang, tiriskan minyak dan potong potong, siap deh untuk difoto sebelum dimakan :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS