Powered by Blogger.
RSS

Pastel Singkong


#ykmk 2014_singkongday 7okt2015



Ini pengalaman pertama kali saya ikutan challenge di YKMK, tema kali ini adalah singkong. Sempet mikir jadi atau enggak karena tidak punya alat penggiling kulit pastel, takut ketebelan, bantet dll. Tapi penasaran banget bikin pastel singkong resep dari Mb Lela, akhirnya nekat aja sepulang kerja cari singkong dan dimana-mana kok ya nggak ada yang jual singkong, tidak menyerah akhirnya nemu juga di toko sayur ke 3  yang jualan singkong tapinya hiks singkongnya buki/bongkeng, hanya satu saja yang sedikit bagus. Alhamdulillah..meskipun cuman satu dapet singkongnya.

Sampai rumah masih kepikiran juga cukup enggak ya ini singkong 200 gr sesuai resep, dan begitu dikupas hanya 3/4 saja singkong yang bagus sisanya harus dibuang hiks, tapi alhamdulillah ternyata pas banget 200 gr singkong baik yang tersisa, langsung saja dikukus dan siap-siap dihaluskan setelah matang. Perjuangan belum berakhir, saya kira menghaluskan singkong itu mudah ternyataaaa tidak ulet hihihi...panggil hubby untuk bantuin numbuk singkong, lalu perjuangan selanjutnya adalah ngulenin manual waaaa..membutuhkan banyak energi ekstra untuk membuat adonan menjadi kalis, dan ternyata masih belum bisa kalis-kalis dan saya menambahkan setengah sendok mentega lagi. hasilnya sih tidak terlalu kalis, karena tangan saya sudah pegel, sempet mikir kemungkinan ini pastel jadinya bantet kayaknya.

Perjuangan terakhir adalah menggilas,hihihi..lebay ya, mikir kalau punya penggiling kulit pastel kayaknya enak dan bisa tipis, yaah karena tidak punya pakai yang ada saja gilas pakai roling pin dan cetak pakai gelas. merasa masih ketebelan kulitnya saya gilas lagi kulit pastel yang berbentuk lingkaran.
Untuk Isinya saya hanya pakai abon saja karena sudah nggak sanggup lagi, hahahaha...*ini sih emang karena saya malas bikin isinya, maunya yang praktis.

Karena penasaran bisa ngembang atau enggak saya goreng malam itu juga ini singkong, kalau sukses di poto, kalau enggak ya mikir kreasi singkong yang lain, hihihi...
udah deg-deg an pas nyemplungin pastel ini ke minyak panas dan Alhamdulillah...bisa ngembang, setelah minyak ditiriskan langsung aja nyomot, eeeh..enaak renya tapi empuk, padahal ini singkongnya tidak terlalu bagus, kalau bagus lebih maknyus lagi kayaknya rasanya.
Hilang sudah pegal-pegal karena nguleni dan gilas :D...simpen di kulkas, goreng pagi-pagi buat sarapan ^_^

Berikut saya tuliskan kembali resepnya :
PASTEL SINGKONG
Resep by: Lela Rosmala Dewi
Recook by: Vira


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan Kulit:
200 gram singkong, dikukus, dihaluskan
150 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur, dikocok lepas
1 sendok makan margarin  (saya 1 1/2 sdm)
1/2 sendok teh garam

Bahan Isi: (saya hanya menggunakan abon pedas)
8 siung bawang putih, diiris tipis
12 butir bawang merah, diiris tipis
200 gram buncis, diiris, diseduh
400 gram wortel, dipotong dadu, diseduh
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
4 batang seledri, dicincang kasar
3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Pengolahan :
1. Isi: panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Tambahkan buncis dan wortel. Aduk rata.

2. Masukkan kaldu ayam bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk sampai matang. Menjelang diangkat, tambahkan seledri. Aduk rata. Angkat, dinginkan.

3. Kulit: aduk rata singkong, tepung terigu, telur, margarin, dan garam.

4. Ambil selembar adonan kulit, beri kurang lebih 1 sendok makan adonan isi dan 1 potong telur rebus. Olesi tepi adonan kulit dengan air, lipat menjadi setengah lingkaran. Tekan-tekan atau cubit-cubit tepinya sebagai hiasan.

5. Goreng dengan minyak yang agak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Chocolate Eclair




yang lagi populer sekarang di Grup salah satunya kue yang satu ini resepnya mbak Dame Tobing, bikinnya gampang cuman diaduk-aduk saja, terus di dinginkan.Rasanya enaaaak banget, terimakasih mb Dame, eclairnya lumer banget dimulut, Monggo yang mau ikutan bikin resepnya ada di bawah ini ya

Chocolate Eclair Dessert
By. Dame Tobing
Recook. Roomvi
Bahan A:
600ml susu cair
30gr maizena
100gr keju parut
150gr gula pasir
1/2sdt jelly bubuk plain
1sdt vanilla extract
Roti crackers secukupnya (saya pakai biskuit kelapa glazin Unibis)

Bahan B:
400ml susu cair
100gr dcc
25gr coklat bubuk
1sdm maizena
1/2sdt jelly bubuk plain
75gr gula pasir (bisa ditambah jika suka lebih manis)
1sdm mentega
Cara membuat :
-Aduk rata bahan A (kecuali crackers dan vanilla extract ) sampai tidak ada tepung yang bergerindil lalu masak dengan api kecil hingga keju larut dan mengental, tuang vanilla extract, aduk rata lalu matikan api.
-Susun crackers didasar loyang berukuran 20x20cm yang sudah dilapisi kertas roti/plastik (tingginya melebihi tinggi loyang agar dessert bisa dikeluarkan dgn gampang dan rapi)
Siram bahan A yang baru dimasak tadi separuhnya diatas crackers yang sudah disusun didasar loyang, lalu susun kembali crackers diatas Vla yang baru disiram dan terakhir siram sisa vla hingga habis diatas crackers, susun kembali crackers untuk terakhir kalinya.
- Aduk rata bahan B (kecuali mentega) sampai tidak ada tepung yang bergerindil lalu masak dengan api kecil hingga dcc larut dan mengental, matikan api lalu masukkan mentega , aduk rata.
-Dengan perlahan2 tuang semua bahan B yang baru dimasak diatas lapisan crackers terakhir tadi, biarkan dingin lalu biarkan dalam kulkas semalaman, dan siap Dinikmati.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Donat Tanpa Ulen





Dulu pernah bikin donat tanpa ulen, tapi  gagal sepertinya airnya kebanyakan, jadi hanya bisa dicetak bulet2 dan hubby kurang tertarik makannya. Kemaren tetep masih penasaran sama donat tanpa ulen, sayang soalnya udah terlanjur beli cetakan donatnya hee... dan taraaa alhamdulillah berhasil emnul-menul, montok dan empuk. Hubby sepertinya suka, meski tanpa ulenan donat ini mengembang dengan baik, dan yang terpenting empuk, dan jadi cantik deh :D, makasih mb diah buat resepnya ^_^

saya tulis ulang resepnya
Donat Tanpa Ulen
Sumber : Diah Didi
Recoock : Vira

1. 50 gr Mentega tawar
2. 50 gr gula
3. 2 butir telur
campur ketiga bahan hingga rata, kemudian masukkan
4.200 ml susu cair
5. 1/2 sachet ragi
aduk sampai rata kembali, kemudian masukkan
6. 300 gr tepung terigu protein sedang
7. 1/2 sdt garam

tutup rapat adonan dengan plastik dan biarkan selama 30 menit hingga mengembang 2 kali lipat
cetak adonan lalu digoreng dengan minyak banyak yang sudah dipanaskan
donat yang sudah matang siap dihias sesuai selera





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Gimbal jagung



Dulu, kini dan nanti, akan selalu suka dengan gimbal jagung.hihi...
Setelah goreng tanpa nasi 3 gimbal jagung abis,tanpa nasipun kenyang :D, dan sepertinya bumer juga suka, kecuali hubbyku dia emang nggak doyan sama namanya jagung :D

Makanan sederhana ini saya paling suka, apalagi makan siang dengan sayur bayam,tempe goreng dan si gimbal ini.hmm..nyam nyam.. jadi bayangin makan siang deh hahaha..

Langsung saja resepnya ada di bawah ini
Gimbal jagung
Ala room vi
2 buah jagung manis, serut
Setengah buah wortel, potong korek api tipis
1 buah daun bawang
Setengah sdt lada
Setengah sdt ketumbar
Satu sdt garam
Setengah sdt gula
4 buah cabe keriting
1 buah telur
3 buah bawang merah
1 ruas kencur
3 sdm tepung terigu

Cara membuat:
1. Blender sebagian jagung,telur,garam,merica,ketumbar,bawang merah,garam,gula , cabe dan kencur.
2. Setelah di blender, campur dengan jagung pipil, wortel dan daun bawang serta tepung terigu.aduk rata
3. Koreksi rasa dan goreng dalam minyak panas hingga kecoklayan.
4. Sajikan selagi hangat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Getuk mini gulung





dinamakan mini karena memang bentuknya sangat mini sekali getuk ku ini, hihihi...habisnya sisa singkong parut hanya 200 gr. nyoba bikin yang digulung, sayangnya hanya sedikit singkongnya. dan kebetulan saya males buat numbuk2 makanya pakai singkong parut saja, hasilnya enaak juga getuknya kenyil2. Hampir mirip sama lapis singkong, tapi kalau getuk tidak pakai santan dan nutrijel.

saya tuliskan kembali resepnya ya:
- singkong parut 200 gr
- gula pasir 1 sdm
- garam sedikit
- mentega 1 sdm
- vanili sedikit -1/2 sdt pasta pandan
- kelapa parut secukupnya

Cara Membuat :
1. campur semua bahan jadi satu
2. Panaskan dandang, oles loyang 14 cm dengan sedikit minyak
3. Kukus adonan gethuk kurang kebih 20 menit
4. Angkat, ketika hangat keluarkan dari loyang dan segera gulung
5. potong-potong sesuai selera dan beri kelapa parut

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS