Powered by Blogger.
RSS

Kaki Naga






Alhamdulillah kesampaian praktek kaki naga juga akhirnya, bikinnya tidak terlalu ribet karena sudah beli daging giling dan tinggal dicampur-campur saja, bikinnya nggak lama dan rasanya enaaak sekali.masakan ini mirip mirip nuget ayam, praktis sekali buat menu sahur atau buka puasa, tinggal stock di frezer dan goreng deh. dimakan pakai saus atau sambel kecap juga enak, resep aslinya dari mb Endang JTT dan di modif oleh mb Hesti.

Pada awal pembuatan lengket sekali pas nyetak akhirnya saya tambah dengan sedikit tepuh eeh kok masih lengket, dan ternyata saat membentuknya tangan diolesin minya, hahaha saya nggak baca instruksinya secara keseluruhan dan benar saja tidak lengket, gampang bentuknya, jadi deh kaki naga yang kriuk dan lauk yang enak :D, silahkan dicoba

Kaki Naga
Bahan :
- 300 gr ayam
- 50 gr udang
- 2 sdm penuh tepung sagu
- 1/4  siung bawang bombay
- 4 siung bawang putih
- 1 butir telur
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 sdt saus tiram
Baluran :
- 2 butir telur
- tepung panir
Cara membuat :
1.Dalam food processor masukkan daging ayam, udang, dan bawang putih yang sudah diulek. Proses hingga halus.
2.Tambahkan bahan lainnya dan proses kembali hingga menjadi adonan. Keluarkan dari food processor. Tuang dalam wadah.
3.Untuk mengecek rasa, ambil sedikit adonan dan goreng/rebus. Cicipi. Tambahkan garam atau bumbu lain yang kurang.
4.Olesi alas kukusan dengan minyak. Panaskan dandang kukusan hingga air mendidih. Turunkan sedikit apinya.
5.Beri minyak pada tangan agar tidak lengket. Ambil satu sendok makan adonan dan bentuk adonan bulat lonjong dan beri tusuk sebagai pegangannya ketika matang.
6.Letakkan dalam loyang. Selesaikan semua adonan, jangan khawatir karena adonan tidak akan saling menempel. Kukus selama 25 menit.
7.Angkat, dinginkan. Apabila ingin disimpan di freezer bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Bisa juga dilapisi panir terlebih dahulu kemudian disimpan.
Apabila akan langsung disajikan, celup di dalam kocokan telur lalu gulingkan dalam tepung panir. Untuk hasil yang lebih renyah lakukan proses pemaniran 2x.Goreng dengan api sedang. Angkat dan tiriskan dengan tisu.
Siap disajikan dengan saus sambal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: