Skip to main content

Pastel Putar





Liat Postingan Mb Vivi jadi ngiler deh Pastel Putarnya bikin pingin buat juga, bayangin bisa jadi muter-muternya kanyaknya susah hihihi...^^, akhirnya googling step by stepnya dan nemu dari Dapur Griya Khayangan yang sudah di modif dari My resepi hasilnya enaaak banget, empuk dan krispi. pastel terenak deh mirip-mirip puff pastry tapi renyah heee..sayangnya hubby g mau nyicip katanya pastel itu keras jadinya nggak suka, hmm padahal belum dicobain tapi nggak mau duluan :(..

ya sudah gpp, padahal mbak Puri, dan yangci sukaa banget sama pastelnya katanya dek vira pastelnya enaaaak hihihi...laris manis alhamdulillah nggak sia-sia bikinnya :D.
Saya tuliskan kembali resepnya

PASTEL PUTAR
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit Luar (A):
350 gr tepung terigu
50 gr minyak goreng, panaskan
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir
150 ml air putih

Bahan Kulit Dalam (B):
150 gr tepung terigu
50 gr margarin
30 ml minyak goreng

Bahan Isi:
Tergantung selera saja yaa...bisa pakai isian pastel yang biasa dibuat dirumah.

Cara Membuat Kulit Pastel Putar:
- Bahan Kulit Luar: Campur semua bahan A, uleni hingga adonan rata dan kalis. Diamkan sekitar 15 menit
- Bahan Kulit Dalam: Campur semua bahan B, uleni hingga adonan rata dan kalis. Diamkan 15 menit.
- Bagi adonan A menjadi 4 bagian, bulatkan. Demikian pula bagi adonan B menjadi 4 bagian dan bulatkan.
- Pipihkan adonan A, isi dengan bulatan adonan B, tutup dan rapatkan. Diamkan sekitar 10 menit.
- Ambil 1 adonan yang sudah dibulatkan, giling dengan roll pin/gilingan kayu, giling tipis memanjang. Lalu lipat, giling tipis lagi memanjang, lipat lagi...diamkan sekitar 10 menit. Lakukan hingga semua adonan tergiling.
- Setelah diistirahatkan 10 menit, giling tipis lagi memanjang, lalu gulung. Potong2 setebal 1.5 cm.
- Giling satu persatu adonan yang sudah dipotong2, beri adonan isi. Lipat setengah lingkaran, pilin2 dari ujung hingga ujung hingga membentuk pastel.
- Goreng pastel putar dengan minyak goreng hingga berwarna kuning keemasan, gunakan panas api sedang agar tidak gosong.


Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …