Powered by Blogger.
RSS

lupis




Assalamualaikum,

Hari ini saya mau cerita tentang trial and error jajanan tradisional. Benar banget kata orang bikin kue tradisional itu gampang-gampang susah hihihi...seringkali bikin saya jadi frustasi dan senang karena berhasil dan sering banget gagalnya :D

Salahsatunya resepnya lupis ini, beberapa kali coba bikin yang ada itu lupsnya amburadul, padahal merasa udah bener bener di ikat lupis nya, tapi entahlah kemungkinan kurang kuat atau salah melipat. setelah gagal berkali-kalipun masih nggak kapok, kepingin coba lagi setelah banyak resep lupis berseliweran.
Alhamdulillah kali ini malah berhasil bikin lupis, saya lihat cara bungkusnya berkali-kali di you tube dan berhasil horaaay ^_^. Cuman rasanya masih kurang kenyil-kenyil, analisa saya karena jenis ketann

Kalau lupisnya berhasil, yang bikin ngenes sih uceng-ucengnya nggak jadi, akrena direbus di air mendidih, harusnya hanya di kukus :D, jadi nunggu nemu resep yang pas baru update lagi ya hihihi...meskipun kelembekan tetep ikutan nampang bareng sama lupis deh wkwkwk.




Lupis Presto

Sumber Catatan Dapur Vero
Bahan :
500 gr beras ketan cuci brersih, lalu rendam dengan 1 sdm air kapur sirih selama 2 jam.
Setelah 2 jam tiriskan dan beri sejumput garam ( dikira-dikira aja yaa ), aduk rata. Setelah itu bungkus dan semat pakai lidi biar gak lepas.
Cara membuat :
Masukkan dalam panci presto sampai terendam semua ( saya separuh air )
masak selama 1,5 jam. Tergantung presto masing-masing,  saya 1 jam bagian atas begitu dibuka masih kurang lembut, saya tambahkan air dan di rebus lagi dalam panci presto selama 30 menit. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: