Skip to main content

Bakso Tahu (Resep Mba Sri)





Assalamualaikum,

salah satu manfaat silahturahmi adalah jadi belajar dan mendapat ilmu baru cara membuat bakso, sebelumnya kalau bikin bakso selalu nggak jadi, yang adonan terlalu banyak tepung, terlalu empuk  dan ambyar ketika dicetak.padahal sudah memperhatikan tips cara sukses membuat bakso yaitu, di cetak di air mendidih yang sudah dimatikan apinya, membeli daging yang fresh, konon katanya kalau membuat bakso dari daging yang udah nginep di kulkas hasilnya nggak bisa kenyal. Semuanya tidak pernah sukses dari beberapa resep yang sudah dipakai. Kecuali gilingin daging di tukang giling bakso yang racikannya diracik abang nya di pasar, kalau itu pasti jadinya, cuman kurang tau juga di abang penggiling dagingnya ditambahin pengenyal atau tidak.

Semangat pingin bisa belajar membuat bakso adalah termotivasi dari hubby yang sangat senang dengan bakso, makanan apa aja nih kalau ditambah bakso pasti lahap. cuman kalau sering beli agak khawatir juga sih, kebanyakan pakai bumbu penyedap. Alhamdulillah resep tahu bakso dari mba Sri inilah yang paling sukses dan enak menurut saya. saya coba pakai daging fresh dari pasar, dan daging giling yang dibeli di supermarket (masuk kulkas semalem) alhamdulillah bisa jadi semua, tetep kenyal hasilnya. Jadi don't worry ya pakai daging yang di freser. Saya beli daging giling karena biar FP di rumah tidak terlalu berat menggiling, hihihi...Langsung saja ke resep ya

Bakso Tahu :
Bahan :
250 gr daging giling
250 gr ayam giling
150 ml air es (ini tambahan dari saya, soalnya kalau nggak dikasih air es FP nya ngaduknya terlalu berat)
100 gr tepung kanji
1/2 ons bawang merah goreng (saya kurangin dikit, nggak sampai setengah ons)
3-3.5 sdt garam (bisa dikurangi kalau terlalu asin, kalau untuk bakso tahu agak lebih asin karena tahunya hambar, kalau dibuat bakso nya aja bisa dikurangi garamnya)
1/2 sdt gula (karena tidak pakai penyedap jadi saya tambahkan gula
1 bungkus royko (saya tidak pakai)
1 sdm bawang putih halus (saya langsung beli bumbu giling di pasar ^_^)
1 buah telur
20 buah bakso goreng (untuk 1 resep ini biasanya adonan baksonya lebih dan saya bikin bakso bulat kecil-kecil)
1 bungkus ladaku merica bubuk

Cara membuat :
1. didihkan air dalam panci, lalu matikan api
2. campukan semua bahan kecuali tahu ke dalam FP
3. giling semua bahan hingga halus dan tercampur rata
4. isikan adonan bakso ke dalam tahu goreng yang di belah atasnya
5. masukkan tahu bakso ke dalam panci yang telah dimatikan apinya
6. jika semua tahu sudah masuk ke dalam panci, hidupkan lagi apinya dengan api yang paling kecil, dan biarkan bakso tahu matang secara perlahan hingga air kembali mendidih dan tahu bakso mengapung
7. tiriskan dan siap disajikan, kalau mau digoreng lagi juga bisa. ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …