Powered by Blogger.
RSS

Kue Thok

Kue Ku By..Sedap Aneka Kue Tradisional Bahan Isi.. 250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam 100 gr gula pasir 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan Bahan Kulit... 200 gr tepung ketan 50 gr gula halus 75 gr kentang kukus, haluskan 1 sendok makan minyak goreng 140 ml santan dari 1/4 butir kelapa 1/2 sendok teh garam minyak untuk mengoles pewarna makanan merah dan pasta pandan daun pisang secukupnya Cara Membuat... Bahan Isi... Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan. Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan Bahan Kulit.... *Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ... *Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak* ambil sebagian adonan hijau dan merah tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan. *Balikkan cetakan sambil di ketuk ketuk hingga kue keluar, letakkan diatas daun pisang, lalu kukus selama 15 menit. Selama dikukus , tutup kukusan harus selalu dibuka tutup *Angkat lalu olesi kue dengan minyak goreng tipis tipis Note... * Selama pengukusan tutup kukusan harus selalu dibuka tutup, supaya bentuk kue tetap bagus *Kue harus dioles minyak setelah matang supaya warnanya mengkilap.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Kue Ku By..Sedap Aneka Kue Tradisional Bahan Isi.. 250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam 100 gr gula pasir 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan Bahan Kulit... 200 gr tepung ketan 50 gr gula halus 75 gr kentang kukus, haluskan 1 sendok makan minyak goreng 140 ml santan dari 1/4 butir kelapa 1/2 sendok teh garam minyak untuk mengoles pewarna makanan merah dan pasta pandan daun pisang secukupnya Cara Membuat... Bahan Isi... Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan. Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan Bahan Kulit.... *Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ... *Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak* ambil sebagian adonan hijau dan merah tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan. *Balikkan cetakan sambil di ketuk ketuk hingga kue keluar, letakkan diatas daun pisang, lalu kukus selama 15 menit. Selama dikukus , tutup kukusan harus selalu dibuka tutup *Angkat lalu olesi kue dengan minyak goreng tipis tipis Note... * Selama pengukusan tutup kukusan harus selalu dibuka tutup, supaya bentuk kue tetap bagus *Kue harus dioles minyak setelah matang supaya warnanya mengkilap.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef



Masih berkutat dengan pemberdayaan tepung ketan biar nggak bulukan, salah satunya ya dibikin kue thok, pertama bikin kue thok isinya adalah isian filling keju untuk roti, hasilnya lumayan asin manis, dan saya kurang suka, kalau untuk roti sepertinya memang pas. Sedangkan untuk kue thok yang paling pas ya isi kumbu kacang ya, kacang merah mungkin juga enak. Kapan-kapan mau cobain :D

Awalnya males bikin kue thok ini, takut nanti susah ngeluarin adonan dari cetakan, gimana cara nyetaknya, ternyata gampang banget cuman dibuletin aja adonan uang udah di isi kumbu kacang dan di cetak di cetakan yang diolesin minyak, keluarkan dengan diketuk ketuk cetakannya bunyinya thok thok, nah sama deh sama nama jajanan tradisional ini hahaha..Resepnya bisa di lihat dibawah ini ya :



Kue Ku
By.Sedap Aneka Kue Tradisional
Dari Dapur Itara
Bahan Isi :
250 gr kacang hijau kupas, direndam minimal 1 jam
100 gr gula pasir
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
Bahan Kulit...
200 gr tepung ketan
50 gr gula halus
75 gr kentang kukus, haluskan
1 sendok makan minyak goreng
140 ml santan dari 1/4 butir kelapa
 1/2 sendok teh garam
minyak untuk mengoles
 pewarna makanan hijau
 daun pisang secukupnya

Cara Membuat :
Bahan Isi :
Kukus kacang hijau hingga lembut, lalu haluskan.
Masak kacang hijau halus, gula, santan , garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga bisa dibentuk...lalu dinginkan
Bahan Kulit :
*Aduk dan uleni bahan kulit hingga lembut, ambil sebagian adonan beri pasta pandan, dan sebagian lagi beri pewarna merah ...
*Taburi cetakan dengan tepung ketan *saya olesi dg sedikit miyak*
ambil adonan tekan didasar cetakan, beri adonan isi yang sudah dibulatkan, tekan tekan hingga memenuhi cetakan.
*Balikkan cetakan sambil di ketuk ketuk hingga kue keluar, letakkan diatas daun pisang, lalu kukus selama 15 menit. Selama dikukus , tutup kukusan harus selalu dibuka tutup
*Angkat lalu olesi kue dengan minyak goreng tipis tipis
Note :
* Selama pengukusan tutup kukusan harus selalu dibuka tutup, supaya bentuk kue tetap bagus *Kue harus dioles minyak setelah matang supaya warnanya mengkilap.






kalau yang ini penampakan isi filling roti keju, resepnya sebagai berikut ya:
RESEP ISIAN KEJU (CHEESE FILLING) UNTUK ROTI MANIS – adaptasi dari catatan-nina.blogspot.com
Bahan-bahan:
  • 75 gr keju cheddar, parut
  • 20 gr susu bubuk fullcream
  • 50 gr tepung terigu protein sedang/serbaguna
  • 35 gr gula pasir halus
  • 25 gr margarin/mentega (saya menggunakan unsalted butter dalam suhu ruang)
  • 1/2 buah lemon, peras buang bijinya
Cara membuat:
  1. Sangrai tepung terigu di atas api kecil. Aduk-aduk terus hingga teksturnya terasa ringan. Jika sudah mencapai tekstur ringan, angkat dan dinginkan.
  2. Campur semua bahan aduk rata hingga berbutir
  3. Masukkan air perasan lemon, aduk rata. Dan isian keju pun siap untuk digunakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: