Powered by Blogger.
RSS

Lava Cake


Hiks hampir beberapa minggu ini selalu gagal mencoba resep2 baru, yang salah sepertinya bukan resepnya tapi ya saya sendiri. Apalagi minggu minggu ini yang mulai enggak fokus pingin mudik dan pulang ke kampung halaman. Ya jadi seperti itulah hasilnya gagal, heee.. termasuk lava cake ini.
Meski enggak keluar lavanya coklatnya tapi kue ini lembut banget dan nyoklat banget, enggak heran bila banyak yang menyukai kue ini. kesalahan saya yang pertama adalah enggak melihat note yang di tulis mb Ricke bahwa kue dikeluarkan dari loyang mufin 5 menit setelah keluar dari oven, sedangkan sayang langsung dikeluarkan ya terang saja ya coklat cairnya berantakan kemana2 hahaha,yang kedua akhirnya dioven lagi 10 menit dan hasilnya seperti ini lavanya g ada sama sekali karena kelamaan ngovennya hiks..ya sudah next harus dicoba lagi sampai berhasil, hahaha...

Resepnya saya tulsan kembali
MOLTEN CHOCOLATE CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
225 gram dark chocolate (lebih bagus pakai jenis couverture chocolate, jika tidak ada cukup menggunakan jenis compound chocolate saja), cincang dan lelehkan. Biarkan agak dingin.
80 gram unsalted butter, suhu ruang
65 gram gula kastor (gula pasir halus)
3 butir telur ukuran large
1 sdt vanilla
45 gram terigu all purpose
1/4 sdt garam

Taburan:
Icing sugar (gula halus) bila suka

Cara membuat:
1. Panaskan oven 200'C. Siapkan cetakan cup atau muffin pan, olesi dengan mentega, taburi gula kastor secukupnya. Sisihkan.
2. Kocok butter dan gula kastor hingga lembut dan pucat. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
3. Masukkan terigu dan garam yang telah diayak, kocok asal rata sebentar saja.
4. Masukkan dark chocolate leleh. Kocok rata.
5. Tuang ke dalam cup atau muffin pan, adonan jadi sekitar 8 cup.
6. Panggang selama sekitar 8 menit. Sampai bagian pinggirannya set tetapi bagian tengah masih cair dan lembek.
7. Keluarkan dari oven. Biarkan 5 menit dalam cetakan/loyang. Keluarkan dan taruh di piring saji, bagian bawah ada di atas (upside down).
8. Taburi sedikit gula halus bila suka. Sajikan hangat-hangat. Bisa dilengkapi dengan vanilla ice cream atau whipped cream sesuai selera.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: