Skip to main content

Pao Coklat


Musim hujan tlah tiba, pingin bikin camilan anget-anget sepertinya enak, langsung cari-cari di resep yang telah di bookmark, dan ternyata tertuju pada Roti Kukus Isi hasil googling dari blognya mbak Endang, terimakasih mbak, mirip sama Bakpao nih enaak, meski nggak pake telur tetep empuk aku dan suamiku doyan yang paling doyan banget ya aku hahaha. Aku cuman bikin setengah resep saja dari resep di bawah ini, recomended untuk dicoba.

hasil Pao coklatku masih berantakan heee, nanti kapan-kapan praktek lagi biar bisa mulus seperti yang dijual di luar  ^^...

saya tuliskan lagi resepnya


Steamed Bun (Roti Kukus Isi)
Resep diadaptasikan dari Cook, Eat, Share - Linda Tay Esposito: Basic Yeast Dough for Steamed Bun
 resep nya bisa dilihat di JTT
Untuk sekitar 20 steamed bun 

 Bahan:
- 3 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh ragi instant (Fermipan), pastikan fresh
- 1/2 sendok teh pengempuk roti/bread improver (optional), saya menggunakan Baker's Bonus
- 330 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
- 80 ml air panas
- 80 ml air dingin
- 2 sendok makan minyak zaitun ( bisa menggunakan minyak goreng biasa)
- 2 sendok teh baking powder

Isinya vira isi coklat

Cara membuat:
Siapkan mangkuk masukkan air panas dan air dingin untuk membuat air yang hangatnya pas. Masukkan gula pasir, aduk hingga gula larut. Tambahkan ragi instant ke dalamnya, aduk hingga ragi larut dan diamkan hingga larutan membentuk krim berbusa kira-kira 7 menit. Jika tidak terbentuk busa, sebaiknya buang dan ganti dengan ragi yang fresh.

Siapkan mangkuk ukuran besar, ayak tepung terigu dan garam, tambahkan pengempuk roti dan aduk hingga rata.  Buat lubang di tengah-tengah tepung, masukkan larutan ragi dan minyak, aduk menggunakan spatula hingga cairan terserap di tepung dan tidak ada adonan yang menempel di mangkuk. 
Mulailah untuk menguleni adonan. Kita bisa pindahkan adonan ke atas talenan untuk menguleninya atau tetap di mangkuk. Gunakan mangkuk besar agar gerakan anda bebas. 

Beri tepung pada permukaan telapak tangan anda jika perlu dan uleni adonan dengan menekannya menggunakan bagian puncak telapak tangan anda, kemudian dorong adonan menjauhi badan anda. Tarik adonan kembali ke tengah dan lakukan lagi gerakan mendorong berulang kali. Ganti posisi adonan agar semua sudut mendapat perlakuan yang sama. Jika adonan terlalu lembek tambahkan sedikit tepung atau jika terlalu kering ciprati dengan air hangat. Uleni hingga adonan lembut, halus dan elastis, kira-kira 10 menit. Bentuk adonan menyerupai bola. 
Olesi minyak pada permukaan mangkuk, letakkan bola adonan ke dalamnya dan tutup rapat dengan kain basah atau plastic wrap. Biarkan adonan mengembang 2 kali lipat, kecepatan mengembang adonan tergantung dari suhu dapur rumah anda. Makin panas maka adonan akan makin cepat mengembang. Adonan kita anggap jadi dan siap masuk taraf berikutnya jika kita tekan menggunakan jari tangan pada permukaannya maka bentuknya tidak kembali seperti semula.


Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …