Powered by Blogger.
RSS

Pao Coklat


Musim hujan tlah tiba, pingin bikin camilan anget-anget sepertinya enak, langsung cari-cari di resep yang telah di bookmark, dan ternyata tertuju pada Roti Kukus Isi hasil googling dari blognya mbak Endang, terimakasih mbak, mirip sama Bakpao nih enaak, meski nggak pake telur tetep empuk aku dan suamiku doyan yang paling doyan banget ya aku hahaha. Aku cuman bikin setengah resep saja dari resep di bawah ini, recomended untuk dicoba.

hasil Pao coklatku masih berantakan heee, nanti kapan-kapan praktek lagi biar bisa mulus seperti yang dijual di luar  ^^...

saya tuliskan lagi resepnya


Steamed Bun (Roti Kukus Isi)
Resep diadaptasikan dari Cook, Eat, Share - Linda Tay Esposito: Basic Yeast Dough for Steamed Bun
 resep nya bisa dilihat di JTT
Untuk sekitar 20 steamed bun 

 Bahan:
- 3 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh ragi instant (Fermipan), pastikan fresh
- 1/2 sendok teh pengempuk roti/bread improver (optional), saya menggunakan Baker's Bonus
- 330 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
- 80 ml air panas
- 80 ml air dingin
- 2 sendok makan minyak zaitun ( bisa menggunakan minyak goreng biasa)
- 2 sendok teh baking powder

Isinya vira isi coklat

Cara membuat:
Siapkan mangkuk masukkan air panas dan air dingin untuk membuat air yang hangatnya pas. Masukkan gula pasir, aduk hingga gula larut. Tambahkan ragi instant ke dalamnya, aduk hingga ragi larut dan diamkan hingga larutan membentuk krim berbusa kira-kira 7 menit. Jika tidak terbentuk busa, sebaiknya buang dan ganti dengan ragi yang fresh.

Siapkan mangkuk ukuran besar, ayak tepung terigu dan garam, tambahkan pengempuk roti dan aduk hingga rata.  Buat lubang di tengah-tengah tepung, masukkan larutan ragi dan minyak, aduk menggunakan spatula hingga cairan terserap di tepung dan tidak ada adonan yang menempel di mangkuk. 
Mulailah untuk menguleni adonan. Kita bisa pindahkan adonan ke atas talenan untuk menguleninya atau tetap di mangkuk. Gunakan mangkuk besar agar gerakan anda bebas. 

Beri tepung pada permukaan telapak tangan anda jika perlu dan uleni adonan dengan menekannya menggunakan bagian puncak telapak tangan anda, kemudian dorong adonan menjauhi badan anda. Tarik adonan kembali ke tengah dan lakukan lagi gerakan mendorong berulang kali. Ganti posisi adonan agar semua sudut mendapat perlakuan yang sama. Jika adonan terlalu lembek tambahkan sedikit tepung atau jika terlalu kering ciprati dengan air hangat. Uleni hingga adonan lembut, halus dan elastis, kira-kira 10 menit. Bentuk adonan menyerupai bola. 
Olesi minyak pada permukaan mangkuk, letakkan bola adonan ke dalamnya dan tutup rapat dengan kain basah atau plastic wrap. Biarkan adonan mengembang 2 kali lipat, kecepatan mengembang adonan tergantung dari suhu dapur rumah anda. Makin panas maka adonan akan makin cepat mengembang. Adonan kita anggap jadi dan siap masuk taraf berikutnya jika kita tekan menggunakan jari tangan pada permukaannya maka bentuknya tidak kembali seperti semula.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: