Powered by Blogger.
RSS

BOLKUS GULMER






yeii, seneng akhirnya bisa juga bikin bolu kukus gula merah ini, tidak mengkerut di bagian bawah dan enaak..heee akhirnya nggak harus beli 30 ribu cuman isi 9 di FM, lumayan sekarang bisa makan sepuasnya :D terimakasih mb Rina Rinso, sejak berhasil bikin makpan kapucino jadi agak pede bikin bolu kukus lagi hiii...hii.. seneng sekali :D
hubby juga doyan sepertinya, apalagi musim ujan enaknya makan bolkus gulmer ini, recomended banget buat dicoba ya silahkan ^^.
Bolu kukus gula merah
sumber blog Mb Rina Audie
Bahan :
200 gr gula merah
200 ml air
1 butir telur ayam
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pake merk Segitiga Biru)
125 ml minyak goreng

Cara membuat :
1.Rebus gula merah dan air sampai gula menjadi larut. Angkat dari api dan dinginkan. Saring dan ukur sebanyak 275 ml.
2. Alasi cetakan bolu kukus atau cupcake dengan kertas. Panaskan kukusan.
3. Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai mengembang dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi ya.
3. Masukkan larutan gula merah, kocok rata.
4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
5. Tuangkan minyak goreng, kocok sampai rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
6. Masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air bisa naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue bisa mekar semua. Kukus selama 25 menit. Selama mengukus jangan dibuka-buka ya supaya tidak bantat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Rina Audie said...

waaaa....jempooooollll...akhirnya bisa mekrok juga. Gimana gampang kan bikinnya ? Kalo dipikir tipsnya sederhana ya, tapi kalo belum ketemu bisa bikin ilfeel, hihi.....

Elvira Agustina said...

iya mbak Rina kalao nggak mekrok bikin stress ngeliatnya hihihi...tipsnya bener-bener manjur Mb Rina #big hugs terimakasih ya mbak ^^