Powered by Blogger.
RSS

Olieballen Pisang, nangka dan Kumbu Kacang Hijau


Masih setia dengan resep-resep di dapur manis, kebetulan masih ada sisa pisang dan kumbu kacang hijau sisa dari bikin onde-onde kemarin. Kebetulan temen-temen kantor minta dibuatin snack buat sarapan katanya heee..ya sudah memanfaatkan yang ada, segera di olah biar tidak berakhir di tempat sampah karena sudah tidak bisa dimakan :D

langsung inget resepnya mbak Rina Olieballen, isinya saya pakai pisang, nangka dan kumbu kacang hijau.semuanya enaak..heee taburan atasnya dengan sedikit keju dan kismis...langsung habis dalam sekejap, ayo silahkan dicoba, resep simple tapi enaaak..apalagi musim hujan sambil ngeteh atau ngopi ^^

saya tuliskan lagi ya resepnya
Olieballen Pisang dan Kismis
Sumber : Olieballen-DapurManis

Bahan :
275 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
1/4 sdt garam halus
1 butir telur ayam
175 ml susu cair hangat
2 bh (150 gr) pisang tanduk/kepok/uli/raja, potong dadu
50 gr kismis, rendam air hangat sampai mengembang, tiriskan

Taburan :
gula halus/gula donat
kayumanis bubuk (saya nggak pake)

Cara membuat :
1. Campur dalam baskom tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam, aduk rata. Masukkan telur, aduk rata menggunakan sendok.
2. Tuangi susu hangat sambil diaduk menggunakan sendok sampai rata. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan sangat kental.
3. Masukkan pisang dadu dan kismis, aduk rata. Tutup baskom menggunakan serbet basah dan diamkan/fermentasikan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
4. Setelah fermentasi berakhir, kempiskan adonan dengan diaduk aduk menggunakan sendok.
5. Panaskan minyak dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok makan yang telah dibasahi minyak goreng, ambil 1/2-1 sdm adonan, bentuk bulat. Goreng dalam minyak. Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Setelah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
6. Setelah dingin taburi dengan gula halus dan kayumanis bubuk kemudian sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: