Powered by Blogger.
RSS

Brownis Kukus Ketan Hitam






Udah lama pingin banget nyobain cake kukus ketan hitam yangada di bloknya Ummu Fatima
tapi aku pakai eulsifier sedikit, hihi karena masih belum punya baskom yang dari besi untuk teknik pakai dua baskom dengan air panas saat mixer telur agar mengembang, xixixixi...
kata huby biar item tapi enak kok :)...makasih ummu fatima atas resepnya, enak perpaduan coklat dan legitnya tepung ketan hitam. tapi aku lebih suka yang kemarennya ya yang g pake coklat, tapi semua tergantung selera sih ya xixixixi, soalnya vira gak terlalu suka coklat :p

Berikut saya tuliskan lagi resepnya


Brownies Ketan Hitam 

Bahan-bahan :
3 butir telur 
100 g gula pasir
100 ml minyak goreng (vira pakai filma bos)
80 g tepung ketan hitam 
60 gr dark cooking chocolate (DCC), potong kecil2
20 g cokelat bubuk
1 sdm minyak goreng untuk mengolesi loyang

Cara Mambuat :
  • Campur tepung ketan hitam dan coklat bubuk, ayak. 
  • Olesi loyang bundar diameter 18cm dg minyak. Panaskan kukusan.
  • Panaskan Filma bos, matikan api, lalu masukkan DCC, aduk hingga DCC larut. 
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan paling tinggi hingga adonan mengembang dan kental, tidak perlu sampai kaku (kira2 lamanya mengocok 5-10 menit).
  • Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata (tidak ada tepung yg menggumpal di dasar). 
  • Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk kembali hingga rata. Matikan mikser.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit atau hingga matang dengan api sedang cenderung kecil.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 atau beri topping sesuai selera.
  •  
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: