Powered by Blogger.
RSS

Nasi Kuning dan pie chocholate






Alhamdulillah kami memasuki usia pernikahan 1 tahun, 01.01.2014.
Awal tahun pernikahan yang tidak mudah, menyesuaikan dua watak yang berbeda, meski demikian diniatkan dari awal untuk beribadah dan bersama-sama mencari ridho Allah, semoga pernikahan kami sakinah, mawadah, warohmah dan kami segera diberikan kepercayaan oleh Allah agar segera mempunyai momongan :) aamiin.

Doaku juga menyertai hubby di milad dengan tanggal yang sama dengan tanggal pernikahan kami, semoga hubby lebih rajin ibadahnya, menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi dan bermanfaat, menjadi suami yang amanah menjaga, melindungi dan menasihati istrinya agar selalu dijalan Allah. Aamiin..

Kado spesialnya adalah foto pernikahan kami yang dibuat mozaic atau puzzel, pesen ke mas untung yang dengan sabar menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan saya, heee terimakasih mas untung.

Ada banyak ide, ingin bikin kue ulang tahun, pie coklat, wah dan lain-lain tapi apa daya tenaganya tidak ada, berhubung dari tanggal 20 desember- 30 desember mudik ke Banyuwangi hasilnya sampai rumah kecapekan, dan lebih memilih istirahat untuk memulihkan stamina.

Belum sempat belanja ke pasar juga, akhirnya belanja di warung sayur kecil sebelah rumah untuk menyajikan hidangan spesial buat hubby, akhirnya bikin nasi kuning saja sekalian saya belajar karena belum pernah nyoba sama sekali. hasil percobaannya nasi kuning sedikit lembek karena santan terlalu banyak 50 ml, dugaan awal butuh air yang lumayan biar nasinya nanti nggak keras, padahal harusnya pas jika menuruti resep heee... besok lagi mau nurut sama resep.

saya pakai resep nasi kuning ncc, lauknya plecing ayam yang telah saya psting, sambel goreng kentang dan oseng tempe. alhamdulillah hubby suka dan doyan mam nya. jadi hilang capek memasakknya ^^....


masih ada sisa tenaga dan akhirnya bikin pie coklatnya mbak Hesti tapi minus coklat ganache nya karena nggak suka terlalu coklat banget heee..enaaaak banget pienya hee...lain kali pasti dicoba lagi.
resepnya bisa dilihat di sini

Berikut Resep Nasi Kuningnya
Nasi Kuning
Source : NCC via simply cooking and baking

Bahan-bahan :
1 kg beras (harusnya yg 200 gr diganti beras ketan), cuci bersih, tiriskan
1200ml santan
1 sdm kunyit yang dihaluskan/diparut (*ummi: pakai 1,5 sdm kunyit bubuk)
4 lembar daun pandan (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
4 lembar daun salam
2 batang serai, geprek, simpulkan (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
2 sdm garam
1 sdt gula
2 sdt air jeruk nipis/lemon

Cara Membuat :
  • Kukus beras dan beras ketan (jika pakai) selama kurang lebih 25 menit (*ummi: 30-35 menit), atau sampai setengah matang. Sambil menunggu beras di kukus, kita siapkan bumbunya.
  • Campur kunyit dan santan, kemudian saring (jangan sertakan ampas kunyitnya). 
  • Rebus santan dengan daun salam, daun pandan, serai, gula dan garam hingga mendidih. 
  • Matikan api, masukkan beras yang sudah dikukus ke dalam rebusan santan, aduk hingga rata. 
  • Biarkan air terserap semua oleh beras. Tambahkan air jeruk nipis, aduk lagi hingga rata.
  • Kukus beras kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang (*ummi: kukus 15 menit-an), angkat. 
  • Sajikan bersama lauk pelengkap lainnya ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: