Skip to main content

Jangan Klenthang


Jangan klentang adalah sayur dengan bahan utama buah dari pohon kelor, hmm..seger banget dimasak sayur asem, jadi inget dulu sepulang sekolah ibu selalu membuat masakan yang seger-seger pas banget saat cuaca terik sepulang sekolah. always miss you mom ^^....

pas juga ada even manisnya cinta ibu di DM, ya sudah sekalian mengobati rasa kangen masakan ibu. di Jatiasih tempat saya tinggal jarang bisa menemui klenthang ini, pohon kelornya sepertinya juga jarang terlihat, padahal kalau diBanyuwangi dijadikan pager plus sekaligus bermanfaat untuk nyayur heee ^^...

Berikut resep sederhananya ala Vira
klenthang 10 buah
Bawang Merah 8 buah
Bawang Putih1 buah
Cabai (Cabe) Rawit Merah 5 buah
Lengkuas (Laos) 2 iris
Garam secukupnya
Gula Kastor secukupnya
Belimbing Wuluh 6 buah

 Cara Membuat

Langkah 1
Cara Memasak Sayur Asem Klenthang
bersihkan kulit luar kelenthang, potong-potong dan cuci bersih
Langkah 2
Cara Memasak Sayur Asem Klenthang
uleg semua bumbu, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, gula, garam, dan laos
Langkah 3
Cara Memasak Sayur Asem Klenthang
didihkan air, masukkan bumbu dan belimbing wuluh

Langkah 4
Cara Memasak Sayur Asem Klenthang
lalu masukkan kelenthang dan masak hingga matang, setelah rasanya pas
Langkah 5
Cara Memasak Sayur Asem Klenthang
sajikan dengan nasi hangat ^^

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …