Skip to main content

Empek-empek




Meski gagal berkali-kali tapi masih aja penasaran cara bikinnya dan taraa kali ini berhasil membuat empek2 yang lembut di dalam dan garing di luar seperti kata mbak di blog L'kitchen

tapi sepertinya kebanyakan airnya yang di punyaku karena rasanya agak sedikit kurang garam, atau jangan-jangan kurang menambahkan garamnya atau jangan-jangan juga kualitas dari tepung sagu nih punyaku jelek heee...harus belajar dan belajar. namun begitu hubby suka dengan hasilnya dan habiss bis waaahhh senangnya hatiku :D lebay




bentunya susah ya hihihi...
berikut saya tuliskan lagi ya resepnya:
Pempek Kapal Selam
Bahan
 250 gr fillet ikan
125 ml air
50 ml minyak sayur
1/2  sdm garam
200 gr sagu
Sagu secukupnya untuk di tangan dan taburan
Cara Membuat
  1. Panaskan air ¾ dalam sebuah panci ukuran sedang. Sementara itu masukan semua bahan ke dalam food processor (aku gak merekomendasikan masukan ke blender atau di mikser kecuali kalo ikannya udh dalam bentuk paste halus). Proses sampai tercampur rata dan struktur adonan mengikat, kental dan agak2 kayak permen karet gitu… kalo adonannya udh tercampur rata tapi belum jadi adonan yang menggumpal, nanti hasil pempeknya gak garing
  2. Setelah didapat konsitensi adonan yang dimaksud, pindahkan adonan kedalam wadah atau baskom yang lebih besar, masukan tepung kanji/tapioka/sagu dan diuleni dengan sendok kayu sampai tercampur rata
  3.  Lumuri tangan dan area kerja dengan  sagu. Adonan tadi siap dibentuk sesuai selera. Berhubung hari ini aku buat pempek Kapal selam, jadi seluruh adonan aku bulatkan dan ditimbang masing2 seberat 125gr
  4.  Bentuk seperti buah pear atau tear drop. Bagian yang lebih besar dilubangi sampai didapat cerukan yang bisa memuat telor, jaga jangan sampai kulitnyanya berlubang. Sementara siapkan telor yang akan dimasukan, dari satu butir telor utuh kurangi putih telur separuhnya tuangkan kedalam adonan yang sudah dibentuk tadi, jepit atasnya dengan jari sampai tertutup rapat dan segera masukan ke dalam air yang telah mendidih. Diamkan 1 menit lalu aduk supaya tidak lengket di dasar panci (gambar 11 -17)
  5.  Biarkan agak lama dalam panci tertutup sampai volume pempek membengkak dan sudah lama mengapung dipermukaan air mendidih. Angkat dan tiriskan (gambar 18)

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …