Powered by Blogger.
RSS

Pukis Ketan Hitam




Sebetulnya penasaran banget pingin ganti setengah tepung pada resep pukis dengan tepung ketan hitam, jadinya enak enggak ya..nah daripada penasaran langsung saja cobain resep Pukis Banyumas yang ada di Blog Mb Rina Audie ^_^..makasih ya mbak.

Ternyata enak banget hasilnya, ada tekstur beremah khas dari tepung ketan hitam, adonannya ngembang juga sama dengan ikin pukis biasa, cuman kalau ditumpuk-tumpuk hasil dari pukis yang sudah mateng bisa jadi kempes ya jadi naruhnya satu-satu.

Biasanya kalau bikin cemilan jarang-jarang suami mau mam, soalnya udah kenyang mam nasi, hee diet rupanya :D..haha lha kok ternyata siangnya cemal-cemil pukisnya hihihi..alhamdulillah laris pukis hitamku ^_^ jadi seneng deh..

Langsung saja ya saya tuliskan kembali resepnya di bawah ini
Pukis Banyumas
Sumber : Rina Rinso

Bahan :
375 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lbr daun jeruk purut (saya phanya daun pandan 2 lembar)
1/4 sdt garam
2 butir telur
150 gr gula pasir
250 gr terigu serbaguna/protein sedang (setengah terigunya vira ganti tepung ketan hitam)
1/4 bungkus (4 gr) ragi/yeast instan
1/4 sdt vanili bubuk
75 ml susu kental manis putih
100 gr margarin blueband, cairkan
15 gr mentega wijsman, cairkan
1/2 sdm coklat bubuk, larutkan dalam 1 sdm air panas (vira skip)

Cara membuat :

  1. Rebus santan, daun jeruk dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan biarkan hangat. Saring dan buang daun jeruknya.
  2. Campur bahan kering seperti terigu, yeast dan vanili bubuk, sisihkan.
  3. Dalam wadah besar kocok telur dan gula menggunakan mixer speed tinggi sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan santan hangat sambil dikocok dengan mixer speed rendah sampai rata. Awali dan akhiri dengan tepung.
  4. Masukkan margarin dan mentega cair, kocok lagi dengan speed rendah sampai rata (aduk balik pake spatula juga boleh). Tutup wadahnya dan fermentasikan di tempat hangat selama 1 jam sampai mengembang.
  5. Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bagian diberi larutan coklat dan sisanya putih/plain. Siapkan cetakan pukis, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan dengan api kecil.
  6. Tuang adonan putih setinggi 1/2 cetakan, menyusul adonan coklat sampai 3/4 penuh. Tutup dan panggang sampai permukaannya kering/matang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: