Skip to main content

Kue Timpan Aceh



Penasarannya udah lama banget pingin ngerasain kuw timpan ini yang katanya enak dan enak banget. Nah sempet nyobain pas puasa bulan kemaren, hasilnya gagal total hihi...lembek terus adonanya keluar2 kemana-mana. koreksinya ada di adonan yg harusnya kali ternyata adonan saya terlalu encer, yang kedua daunnya enggak dilipat jadinya bisa dipastikan adonan keluar kemana-mana hahaha :D

Pas pulang ke Banyuwangi mumpung ada daun pisang dan pisang raja yang gede-gede akhirnya berani dong cobain lagi, hanya saja isinya pake pisang raja lagi soalnya lagi males buat isian sarikayanya. Dan rasanya ternyata enak kenyil-kenyil dengan aroma pisang, wajib dibuat lagi nih kalau ada daun pisang muda, sayang di jatiasih yg jual daun pisang udah tua-tua ^^..

Untuk resepnya saya pakai resepnya Mb Dina Daryanto tapi cuman kulitnya aja, lain kali mau cobain sekalian isinya yang sarikaya hihihi...Makasih mb contekan resepnya ya

Timpan Pisang
Bahan A (Kulit) :
5 - 6 bh Pisang Ambon/Cavendish yang matang, haluskan
450 gr Tepung Ketan Putih
1 sdm Gula Pasir
Santan kental secukupnya (saya pakai santan instan)
Garam secukupnya
Bahan B (Sarikaya) :
1 gelas belimbing Telur
1 gelas belimbing Santan Kental (saya pakai santan instan:air = 2:1)
1 gelas belimbing Gula Pasir (kalau dirasa kurang manis bisa ditambahkan sesuai selera)
2 bh Jeruk Nipis, parut diambil kulitnya saja
1 sdt Kayu Manis Bubuk
2 helai Daun Pandan
sedikit ekstrak Pandan
1 sdm TeriguGaram secukupnya
Daun Pisang Muda untuk membungkus
Minyak Goreng untuk mengoles
Cara membuat :
Bahan B (Sarikaya)
1. Campur telur dan gula, aduk asal rata saja.
2. Campur santan dengan terigu sampai rata
3. Masukkan santan kental, kulit jeruk, kayu manis bubuk, daun pandan, garam, ekstrak pandan ke dalam adonan telur dan gula
4. Masak campuran tersebut dengan api sedang, sampai adonan menjadi kental berbutir2
5. Sisihkan
Bahan A (Kulit)
1. Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan gula, garam dan tepung ketan, masukkan santan kental sedikit demi sedikit sehingga adonan menjadi kalis.
2. Sisihkan
Penyelesaian :
1. Olesi daun pisang dengan minyak goreng
2. Ambil 1 sdm bagian adonan kulit, bulatkan dan pipihkan
3. Isi dengan 1 sdt adonan sarikaya, gulung
4. Kukus selama 20 menit, angkat, sajikan hangat.

Comments

Popular posts from this blog

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …

Jangan Cecek (Sayur Cecek Kuah Santan)

Jalan pagi kepasar sama suami di Banyuwangi, senangnya bisa menghirup udara segar di pagi hari. Beda banget dengan di bekasi udaranya sudah tercemar hihihi...jadi kalap belanja di pasar, selain harganya jauh lebih murah serasa lebih alami aja sayur2 an di sini #lebay :D

memborong sayur-sayuran, tempe, dan sejenak melihat ibu-ibu penjual cecek hmm.. langsung deh pingin bikin cecek kuah santan, lama sekali nggak masak masakan ini langsung aja tanpa pikir panjang beli dan dimasak di rumah buat buka puasa, alhamdulillah laris dan habis :D

berikut resep cemplang cemplungnya :)
Bahan-Bahan :
Bawang Merah, iris tipis10 siung
Bawang Putih, iris tipis5 siung
Cabai (Cabe), merah; iris tipis1 buah
Lengkuas2 ruas
Cabai Rawit5 buah
Daun Salam1 lembar
Daun Jeruk3 lembar
Santan, instant180 ml
Airsecukupnya
Kemiri3 buah
Tahu, potong kotak5 buah
Tempe, potong kotak1 buah
cecek, potong kotak1 kg

Cara membuat :
Iris tipis semua bumbu


potong kotak cecek, tahu dan tempe

goreng tempe dan tahu setengah matang
tumis bumbu …

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya