Skip to main content

Cheddar cheesecake ekonomis/cotton cheesecake ekonomis








Kali ini dengan sedikit usaha lebih keras akhirnya memberanikan diri untuk membuat cheddar cheesecake untuk teman kantor yang suka banget sama yang namanya keju dan susu..


dalam tahapan pengovenen agak susah saya dengan teknik ini, lama matengnya hee..begitu mateng atasnya agak gosong, tapi soal rasa juaraa banget kue ini, sebanding dengan pengovenan nya yang lama menurutku sih heee.. soalnya biasanya ngoven paling lama hanya sekitar 30-45 menit an :D

walau belum sempurna, si Tiya suka banget sama kuenya, alhamdulillah capek-capek jadi ilang deh :D

Berikut ya resepnya saua tuliskan kembali
Cheddar cheesecake ekonomis/cotton cheesecake ekonomis . 
Sumber : NCC.

Bahan :
1. Keju cheddar lembaran 6 lembar /7 lembar . Kalo mau pake keju cheddar yang batangan pake 100gram, kalo pgn lebih ngeju pake 125gram.
2. Susu cair 120ml (pake susu bubuk yang dicairkan) 
 3. Margarine 40gram 
 4. Terigu 25gram (2,5 sdm sendok takar/sendok ukur)
5. Maizena 20gram (2 sdm sendok takar/sendok ukur)
6. Telur 3 butir (pisahkan putih & kuning nya) 
 7. Gula pasir 85gram (jika suka manis pake 100gram)


Cara :

1. Siapkan loyang cookies/kue kering (loyang pendek/loyang bolu gulung), beri air sampe tinggi setengah loyang, masukkan ke dlm oven, setting oven dgn api bawah, setting dgn suhu 170 derajat. Panaskan oven.
2. Siapkan loyang bundar ukuran d 18cm / 20cm. Jika memakai loyang bongkar pasang, lapisi bagian luar loyang dgn aluminium foil agar saat cake di panggang air yang di luar loyang tidak merembes ke dlm cake. Olesi dasar loyang dgn margarin, alasi kertas roti, olesi lagi dgn margarin tipis2. Pinggir loyang tidak perlu di oles. Sisihkan.
3. Siapkan panci kecil, parut keju cheddar (1 buah keju lembaran dilipat2 mjd tumpukan trus diparut), masukkan susu cair, masukkan margarin, masak dgn api yang sangat kecil, masak sambil di aduk2 terus sampe agak kental. Matikan api, diamkan sampe hangat.
4. Campur terigu dan maizena sampe rata, masukkan ke dalam campuran keju & susu, aduk2 sampe benar2 rata & tidak bergerindil. Diamkan sampe agak dingin.
5. Masukkan kuning telur, aduk2 sampe tercampur rata.
6. Dalam wadah terpisah, kocok putih telur & gula pasir pakai mixer sampai soft peak (tanda nya soft peak jika pengocok di angkat adonan tidak jatuh, warna putih nya mengkilat&terlihat lembut). Jangan sampe hard peak (kaku sekali) karena akan mempengaruhi kelembutan cake.
7. Masukkan sebagian kocokan putih telur ke dlm campuran keju & terigu, aduk menggunakan spatula sampe rata. Masukkan adonan ke sisa kocokan putih telur tadi, aduk pakai spatula sampai rata.
8. Tuang adonan ke dalam loyang. Hentak2kan loyang ke atas meja beberapa kali agar tidak ada lagi gelembung2 udara di dlm adonan. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven, taruh di atas loyang yang berisi air tadi (posisi loyang terendam air~tinggi air hanya sampe sepertiga tinggi loyang yang berisi adonan). Oven selama 60-75 menit. Tergantung karakteristik oven kita masing2.Oven lagi dgn api atas selama 15 menit agar permukaan lebih kering). Saya tadi total waktu mengoven 90 menit. Selalu di cek, kalo permukaan dah kuning keemasan, di sentuh sudah kering berarti sudah matang.
9. Setelah cake matang, buka pintu oven, biarkan sementara ada di dlm oven, jangan langsung dikeluarkan dari oven untuk menghindari perbedaan suhu yang mencolok yang bisa menyebabkan cake jd turun alias ambles.
10. Keluarkan cake dari oven, seset bagian pinggir dgn pisau secara pelan2 karena cake ini sangat lembut. Tutup loyang dgn rak kawat/nampan/piring datar. Balik loyang, angkat loyang pelan2. Telungkupkan piring datar di atas cake. Balik cake pelan2. Cake siap disajikan.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …