Skip to main content

Besengek Daging dan Tahu


Masih di even #recooktahutempeseru kali ini recook masakan besengek, menurut yang punya resep aslinya masakan ini dari daerah Jawa Tengah. penasaran dan googling, ternyata wah ini masakan warisan nenek moyang di daerah Jawatengah, di Balipun ada juga nama masakan besengek Majapahit, berarti masakan ini sudah ada dari ratusan tahun yang lalu ya hihihi... pantes rasanya kaya renpah yang bikin sedep.sayangnya santan ku kurang kentel :). Jadi nambah wawasan tentang kuliner indonesia makasih Mb Evi

Besengek Tahu Telor
Sumber : http://dapurmasak.com/resep/6789-resep-besengek-tt-tahu-telur

Telur Ayam 2 butir (vira pakai daging)
Tahu Bandung 2 buah (vira tahu putih biasa)
Bawang Merah 5 siung
Bawang Putih 2 siung
Cabai (Cabe) Merah Besar 3 buah
Ketumbar secukupnya
Jintan secukupnya
Terasi secukupnya (vira skip)
Lengkuas (Laos)1 ruas
Serai1 batang
Daun Jeruk1 lembar
Gula Aren1 sendok teh
Garam secukupnya
Kaldu Ayam Bubuksecukupnya
Santan Kental 50 ml (vira santan sedang)
Minyak Goreng1 sendok makan
Air, untuk campuran tumisan bumbu200 ml

Cara Membuat :
Langkah 1
rebus telur, kupas
giling halus (cabe, bawang, ketumbar, jinten, lengkuas,terasi)
buang tulang daun jeruk dan geprek serai.
 
Langkah 2
panaskan minyak goreng, tumis bumbu giling halus, tambahkan daun jeruk dan serai, tambahkan 200 ml air, didihkan.
masukkan garam, gula aren dan kaldu bubuk, aduk rata, masukkan telur, tahu dan santan, aduk sebentar, masak hingga macak- macak. sajikan
 

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …