Skip to main content

Lapis Singkong






Salah satu kue dari singkong yang laris manis di kalangan temen-temen kantorku salah satunya ya kue ini " Lapis Singkong" enaak katanya, meski pembuatannya tergolong praktis dan sederhana rasanya itu loh enak banget, ditemani dengan teh anget, hmm slruup dehh pokoknya maknyus, hihihi.
 
pas bikin pertama kali agak kelembekan, karena singkongnya kurang bagus, berair, jadinya beberapa bagiannya masih basah. nah kali ini menggunakan singkong yang enak, hasilnya lebih keset, enaak banget. Hahaha..kebanyakan kata enaak nih kayaknya. Resepnya dari Mb Diah Didi, terimakasih mb Diah ya sharing resepnya.

Saya membuat dua versi satu tidak pakai pisang dan satu lagi pakai pisang, dua-duanya sama-sama enak, sayangnya pisang nya kemaren kurang mateng, lain kali mau coba dengan pisang raja, sepertinya lebih enak.
Langsung saja ya resepnya ada di bawah ini:
Lapis Singkong Pisang
 
Bahan :
400 gram singkong, parut
100 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam
1/2 gelas santan kental ( kira2 125 ml )
1/2 agar-agar bubuk
1/8 sendok teh vanili


Pelengkap :
Pisang raja matang secukupnya
Kelapa parut kukus secukupnya

Cara membuat :
Aduk semua bahan, bagi dua adonan, satu biarkan putih, satu beri warna hijau
Panaskan kukusan, siapkan loyang setengah lingkaran, alasi dengan plastik, olesi sedikit minyak plastiknya
Tuang lapisan hijau, beri pisang di atasnya agak di benamkan ke adonan, kukus 15 menit
Tuang lapisan putih, kukus kembali 20 menit
Dinginkan dulu sebelum di potong
Alasi pisau dengan plastik waktu memotong agar hasilnya mulus dan rapi
Baluri dengan kelapa parut yang sudah di kukus, dan di beri sedikit garam
Lapis Singkong Pisang
Bahan :
400 gram singkong, parut
100 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam
1/2 gelas santan kental ( kira2 125 ml )
1/2 agar-agar bubuk
1/8 sendok teh vanili
Pelengkap :
Pisang raja matang secukupnya
Kelapa parut kukus secukupnya
Cara membuat :
Aduk semua bahan, bagi dua adonan, satu biarkan putih, satu beri warna hijau
Panaskan kukusan, siapkan loyang setengah lingkaran, alasi dengan plastik, olesi sedikit minyak plastiknya
Tuang lapisan hijau, beri pisang di atasnya agak di benamkan ke adonan, kukus 15 menit
Tuang lapisan putih, kukus kembali 20 menit
Dinginkan dulu sebelum di potong
Alasi pisau dengan plastik waktu memotong agar hasilnya mulus dan rapi
Baluri dengan kelapa parut yang sudah di kukus, dan di beri sedikit garam
- See more at: http://www.diahdidi.com/2015/08/lapis-singkong-pisang.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+blogspot%2FLNjea+(Me%2C+My+hobbies%2C+and+My+family)#sthash.k3eKMOJR.dpuf

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …