Skip to main content

Jenang Abang


Alhamdulillah genap sudah umurku menjadi 30 tahun, bersyukur kepada Allah atas limpahan rahmat dan kasih sayang Nya hingga masih diberikan kesehatan, kesempatan hidup, semoga dijadikan umur yang berkah dan bermanfaat, diampuni segala dosa-dosa yang banyak ini, dan diberikan kesabaran selalu dalam menjalani ujian-ujian hidup dari Nya. Aamiin.

Terimakasih spesial untuk suamiku yang dengan sabar selalu menemani hari2 ku, semoga rumah tangga kami sakinah mawadah warohmah selalu. Aamiin..

Untuk ulang tahun kali ini coba bikin jenang abang,saya pakai beras ketan dan dibuat di slow cooker, hmm..bener-bener legit banget ini jenang abangnya. Dengan slow cooker beras ketannya teksturnya masih bagus utuh tapi empuk, padahal nggak di rendem. Alhamdulillah.

Jenang abang ini merupakan tradisi dari nenek moyang di Banyuwangi, biasanya makanan ini dibuat pada saat selamatan kelahiran, selamatan ulang tahun, selamatan bersyukur atas kelulusan, dan lain-lain. Intinya hanya bersyukur atas kebaikan yang diterima dan dibagikan ke tetanga-tetangga.
sudah lama sekali nggak merasakan legitnya jenang abang. Nah untuk mengenang memory tempo dulu maka saya mencoba membuatnya. Alhamdulillah tetangga suka dengan rasanya.

Untuk resepnya saya tuliskan kembali :
Bubur Rang-Rang
sumber : Ibu Fatmah Bahalwan
via Dapur Pipit

Bahan:
500 gr beras atau beras ketan
750 gr gula jawa, 2500 ml air
1 butir kelapa untuk 1500 ml santan kental (untuk saus), dan 5000 ml santan encer.
5 lbr daun pandan.
1 ½ sdt garam

Saus:
1500 ml santan kental
6 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air
11/2 - 2 sdt garam

Cara membuatnya:
- masak santan encer dengan beras ketan dan garam sambil diaduk, biarkan hingga menjadi bubur.
- Ditempat lain, masak air, pandan dan gula jawa, hingga gula jawa larut. Saring. Masukkan air gula jawa kedalam bubur, masak lagi hingga bubur mengental. Angkat.
- Saus: masak santan dan garam, setelah agak panas, masukkan larutan tepung beras sambil diaduk-aduk. Aduk terus hingga mendidih. Angkat.
- Sajikan Bubur Rang-rang dalam mangkuk dengan disiram sedikit saus santan.
Hasil jadi 20 piring.

Comments

Popular posts from this blog

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …

Jangan Cecek (Sayur Cecek Kuah Santan)

Jalan pagi kepasar sama suami di Banyuwangi, senangnya bisa menghirup udara segar di pagi hari. Beda banget dengan di bekasi udaranya sudah tercemar hihihi...jadi kalap belanja di pasar, selain harganya jauh lebih murah serasa lebih alami aja sayur2 an di sini #lebay :D

memborong sayur-sayuran, tempe, dan sejenak melihat ibu-ibu penjual cecek hmm.. langsung deh pingin bikin cecek kuah santan, lama sekali nggak masak masakan ini langsung aja tanpa pikir panjang beli dan dimasak di rumah buat buka puasa, alhamdulillah laris dan habis :D

berikut resep cemplang cemplungnya :)
Bahan-Bahan :
Bawang Merah, iris tipis10 siung
Bawang Putih, iris tipis5 siung
Cabai (Cabe), merah; iris tipis1 buah
Lengkuas2 ruas
Cabai Rawit5 buah
Daun Salam1 lembar
Daun Jeruk3 lembar
Santan, instant180 ml
Airsecukupnya
Kemiri3 buah
Tahu, potong kotak5 buah
Tempe, potong kotak1 buah
cecek, potong kotak1 kg

Cara membuat :
Iris tipis semua bumbu


potong kotak cecek, tahu dan tempe

goreng tempe dan tahu setengah matang
tumis bumbu …

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya