Powered by Blogger.
RSS

Jenang Abang


Alhamdulillah genap sudah umurku menjadi 30 tahun, bersyukur kepada Allah atas limpahan rahmat dan kasih sayang Nya hingga masih diberikan kesehatan, kesempatan hidup, semoga dijadikan umur yang berkah dan bermanfaat, diampuni segala dosa-dosa yang banyak ini, dan diberikan kesabaran selalu dalam menjalani ujian-ujian hidup dari Nya. Aamiin.

Terimakasih spesial untuk suamiku yang dengan sabar selalu menemani hari2 ku, semoga rumah tangga kami sakinah mawadah warohmah selalu. Aamiin..

Untuk ulang tahun kali ini coba bikin jenang abang,saya pakai beras ketan dan dibuat di slow cooker, hmm..bener-bener legit banget ini jenang abangnya. Dengan slow cooker beras ketannya teksturnya masih bagus utuh tapi empuk, padahal nggak di rendem. Alhamdulillah.

Jenang abang ini merupakan tradisi dari nenek moyang di Banyuwangi, biasanya makanan ini dibuat pada saat selamatan kelahiran, selamatan ulang tahun, selamatan bersyukur atas kelulusan, dan lain-lain. Intinya hanya bersyukur atas kebaikan yang diterima dan dibagikan ke tetanga-tetangga.
sudah lama sekali nggak merasakan legitnya jenang abang. Nah untuk mengenang memory tempo dulu maka saya mencoba membuatnya. Alhamdulillah tetangga suka dengan rasanya.

Untuk resepnya saya tuliskan kembali :
Bubur Rang-Rang
sumber : Ibu Fatmah Bahalwan
via Dapur Pipit

Bahan:
500 gr beras atau beras ketan
750 gr gula jawa, 2500 ml air
1 butir kelapa untuk 1500 ml santan kental (untuk saus), dan 5000 ml santan encer.
5 lbr daun pandan.
1 ½ sdt garam

Saus:
1500 ml santan kental
6 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air
11/2 - 2 sdt garam

Cara membuatnya:
- masak santan encer dengan beras ketan dan garam sambil diaduk, biarkan hingga menjadi bubur.
- Ditempat lain, masak air, pandan dan gula jawa, hingga gula jawa larut. Saring. Masukkan air gula jawa kedalam bubur, masak lagi hingga bubur mengental. Angkat.
- Saus: masak santan dan garam, setelah agak panas, masukkan larutan tepung beras sambil diaduk-aduk. Aduk terus hingga mendidih. Angkat.
- Sajikan Bubur Rang-rang dalam mangkuk dengan disiram sedikit saus santan.
Hasil jadi 20 piring.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: