Skip to main content

Nasi Goreng ala ala Stasiun




Assalamualaikum

Kuliner kampung halam memang selalu ngangenin ya, apalagi buat yang merantau. Saya pun sering kangen pingin makan makanan kampung halaman, salah satunya nasi goreng stasiun. Sayangnya saya hanya pulang setahun sekali dan itupun belum tentu bisa mencicipi nasi goreng stasiun favorit lama, habis pas lebaran warungnya tutupnya lama hingga setengah bulan biasanya, yaah nasib orang perantauan deh :D

Untuk obat kangen saya biasanya mencoba-coba masak sendiri. Aslinya nasi goreng stasiun ini tidak kaya akan rempah, sepertinya hanya bumbu bawang putih plus saus dan minyak yang biasa dipakai untuk membuat nasi goreng menjadi spesial, entah itu raja rasa, minyak kulit ayam atau minyak wijen, saya kurang paham :D. yang membuat nasi goreng stasiun ini spesial yaitu semur ati ampelanya, berwarna hitam pekat dan enak pokoknya, pas banget kalau sudah bercampur sama nasi goreng.

Kali ini saya mencoba membuat nasi goreng ala ala stasiun yang disesuaikan dengan bahan yang ada di kulkas, sekalian bikin sarapan request temen-temen kantor, katanya suruh latian bikin nasi goreng untuk lomba nasgor dalam rangka memeriahkan lomba 17 an di kantor hahaha :D, alasan klasik sebetulnya biar dimasakin untuk sarapan pagi wkwkwkwk..

Baiklah langsung ke resep saja ya ^_^ :
Nasi Goreng Stasiun (Kuliner Banyuwangi ) ala ala saya
Bahan :
4 piring nasi putih
2 buah sosis iris kecil kecil
Bahan yang dihaluskan
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah iris halus
2 buah bawang bombay (cukup di iris kecil-kecil)
1 ons cabe merah halus (saya beli jadi)
Bahan Lainnya :
1 blok meggy kaldu sapi
1/2 sdt merica
1 sdt garam
1 sdt saus tiram
2 sdm kecap manis
Bahan Pelengkap :
Telur dadar iris halus
Semur ati ampela

Cara Membuat :

Tumis hingga harum bumbu halus.

Masukkan bahan lainnya. Lalu masukkan nasi, aduk rata, koreksi rasa.

Jika dirasa sudah pas angkat dan sajikan dengan bahan pelengkap.

Simpel kan, siap disajikan dan dimakan dalam keadaan hangat :D, enak loh, monggo di coba

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …