Skip to main content

Croissant




Assalamualaikum
Tema baking bareng minggu ini croissant, sempet mau bolos, cuman penasaran banget pingin bisa bikin croissant, daripada nggak bisa  tidur, kamis malem nekat juga saya bikin. Pertama tama masih oke karena adonan belom ngembang, selanjutnya setelah lipat melipat selesai, instruksi nya dimasukkan ke kulkas selama 15 menit sebelum diulang lagi lipat melipat nya. Karena nyambi  setrika, meski masuk kulkas itu adonan ngembang. Tau lah ya semakin sulit buat digilas haha. Butuh perjuangan extra 😂😂😂. Saya hanya sanggup 3x melipat dan setelahnya saya nyerah. Padahal semakin banyak pengulangan melipat jadi tambah banyak itu layarnya tapi nyanyi dulu lah, ku tak sanggup 😅😅.

Jumat pagi pagi udah semangat itu keluar ini dari frezer adonan nya, karena buru buru duh jelek banget hasilnya 😰😰. Udah hopeless bakal gagal. Hari itu juga saya pindah di chiller adonan nya. Dan sabtu pagi coba lagi, siapa tau lebih bagus, mungkin pengaruh mood Weekend nih hasilnya lebih bagus dari kemarin alhamdulillah 😂😂 meski belom sesempurna yang di bakery yang penting sudah berusaha.

Kira-kira seperti ini ya step by step nya.
Baiklah sekian ya cerita saya, silahkan dicoba resep berikut recommend untuk dicoba.
 
Croissants
Bahan A:
250 gr tepung protein tinggi
30 gr gula pasir
1 sdt ragi instant
125 ml air hangat kuku
1 sdt garam
30 gr mentega
Bahan B:
125 gr mentega korsvet
Filling :
Sesuai selera
Saya gula halus untuk taburan
Olesan :
1 btr kuning telur
1 sdm susu cair

Langkah :
1.Masukkan mentega korsvet ke dalam kantung plastik bening, lalu gilas perlahan hingga berbentuk lempengan kotak. Kemudian simpan dalam lemari es agar sedikit mengeras.
2.Campur semua bahan A, uleni hingga kalis. Diamkan hingga selama 30-60 menit atau hingga mengembang 2x lipat.
3.Kempeskan adonan A, taburi meja kerja dengan tepung agar tidak lengket, gilas adonan A memanjang dan melebar. Keluarkan bahan B dari lemari es, buang plastiknya, letakkan di tengah adonan A.
4.Lipat ujung ujung adonan A ke dalam seperti amplop hingga menutupi bahan B
Tekan tekan adonan secara vertikal dan horizontal menggunakan rolling pin agar mudah untuk menggilas (note: selalu taburi alas kerja dengan tepung ya saat hendak menggilas)
5.Gilas memanjang melebar, lipat ujung atas dan bawah ke dalam, 6.Lalu lipat lagi ujung kanan dan kiri ke dalam.7.Kemudian lipat lagi seperti menutup buku.Bungkus adonan dengan plastic wrap atau plastik baisa sampai tertutup rapat. Lalu simpan dalam lemari es 15-30 menit. Ulangi step 5-7 sampai 3 kali. Lebih sering melipat lebih banyak layer.Setelah proses melipat lipat selesai. Bagi dua adonan.Gilas 1 bagian adonan menjadi persegi ukuran 30 cm x 30 cm.Potong adonan yang sudah digilas menjadi 3 bagian. Lalu setiap bagian dipotong lagi secara diagonal menjadi sebuah adonan yang berbentuk segitiga.Ambil satu bagian adonan segitiga Samakan sudut bawahnya agar simetris lalu potong sedikit sisi bawah segitiga,kemudian gulung.Olesi kutel panggang dgn suhu 200° di 10 mnt pertama ,190° di 12 mnt selanjutnya atau sesuaikan oven masing2

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …