Powered by Blogger.
RSS

Martabak Mie


Saya kangen dengan jajanan masa kecil dulu, namanya martabak bihun. Martabak ini selalu jadi idola dikalangan tetangga2.toko bude sebelah rumah selalu buka sehabis subuh dan kruyuk2 aneka jajanan seperti donat, martabak bihun, onde2,roti goreng, ketan, dan masih banyak lagi aneka jajanan pasar yang saya lupa.kakung sering banget beli jajanan ini pagi2 sebelum beliau sarapan. Saya yang tukang beli nya, tapi kadang kalung sendiri yang milih, duduk di depan kursi toko sambil cemal cemil, entah habis berapa ya. Hihihi.
Ahhh kenangan itu sudah lama ternyata, saya sudah umur segini, dan kakung pun sudah menghadap sang kuasa.
Masih ingat dalam benak saya kulit martabak bihun itu putih dengan warna kecoklatan di sisi2nya bahkan cenderung agak gosong, namun begitu lembut. Sering saya memimpikan makan martabak ini,ini karena rindu hahaha mulai lebay ya. Namun sepertinya di banyuwangi pun sudah tidak ada lagi yang jual. Fiuuh..cari cari resep pun sepertinya tidak ada. Ya sudah saya nekat saja bikin dengan kulit martabak. Rasanya sih belum benar benar mirip,hanya saja lumayanlah untuk mengobati rasa rindu akan jajanan yang satu ini.isinya sebetulnya bihun, hanya saja hubby tidak suka bihun, jadi saya isi kan saja mie kuning keriting.

Baiklah cukup sekian sedikit cerita saya tentang kenangan akan martabak bihun kesayangan, resep coba2 saya ada dibawah ini:
Martabak Mie
Ala roomvi
Bahan:
1. Tepung terigu 100 gr
2. Minyak 1.5 sdt
3. Air kurang lebih 50 sampai 60 ml
4.garam 1/2 sdt
Bahan isi:
Mie kuning keriting 1 buah di masukkan di air mendidih dan ditiriskan
Daging yang sudah direbus, ditambahkan dengan bumbu kari indofood dan bawang daun yang di potong2 (saya pakai sisa isian martabak daging)
Bawang putih satu buah, merica 1/4 sdt, garam 1/2 sdt

Cara membuat:
1. Bahan isi, tumis bawang putih hingga harum, masukkan campuran daging. Tambahkan mie,merica dan garam. Aduk rata lalu koreksi rasanya.
2. Bahan kulit : campur dan uleni tepung,minyak,garam, dan air hingga kalis lalu rendam minyak, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bulatkan,kemudian diamkan 15 menit.
3. Setelah 15 menit ambil adonan kulit, tipiskan lalu isi dengan mie, dan lipat bentuk segitiga.
4.panaskan wajan telfon dengan sedikit minyak lalu masukkan martabak mie, goreng hingga kedua sisinya kecoklatan. Angkat dan sajikan selagi hangat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: