Powered by Blogger.
RSS

Roti Unyil






Pingin sekali ikut meramaikan even-even yang diadakan BKR, alhamdulillah baru kali ini kesampaian, meskipun lagi nggak enak badan dibela-belain ingin ikutan belajar ^^... sariawan ini membuat nggak enak makan dan semuanya, kalau sariawan banyak begini hanya bisa makan bubur mau tidak mau, padahal segala macam obat sudah dicoba, dari obat kumur, madu, minum jus buah-buahan sampai minum vitamin B complek, heee..ya sudah dinikmati saja, sebagai renungan banyak salah dan dosanya. Loh kok malah ngomongin sariawan ya hee kan judulnya roti unyil.



Bikin roti unyil ini lumanyan bikin kewalahan, adonnya lumanyan lembek jadi pakai sedikit minyak buat membentuknya, dan karena kecil-kecil jadinya lumayan lama juga membentuknya, tapi alhamdulillah jadinyaaa buanyaaaak banget deh, hanya dengan setengah resep saja, dan akhirnya dibagi-bagi ke tetangga dan teman kantor, alhamdulillah lagi laris manis :D jadi seneng enggak sia-sia bikinnya ^^.

resepnya ada di bawah ini ya, untuk step by step membentuknya bisa langsung meluncur ke blognya mb Mae, oh iya mbak saya ijin praktekin resepnya ya hihihi...enak hasilnya empuk roti unyilnya ^^




ROTI UNYIL
SUMBER : koki cooking clas with tristar chemical saya lihat dari blognya Mbak Mae (http://maedapur.blogspot.com/2007/12/resep-roti-unyil.html)
Bahan :
800 gr tepung protein tinggi
200 gr tepung protein sedang
220 gr gula apsir
80 gr susu bubuk
22 gr ragi instan
10 gr bread improver
150 gr  margarine
Sedikit garam
1 butir telur utuh
5 kuning telur
480 ml air es
Cara membuat:
Masukkan semua bahan kecuali garam dan mentega, uleni hingga setengah kalis, kemudian masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis, proofing pertama 1 jam, setelah ditimbang di proffing lagi 15 menit dan setelah dibentuk di proffing lagi antara 60-90 menit (sampai mengembang 2 kali) tergantung suhu dan kelembaban. Lama pengovenan antara 7-10 menit tergantung jumlah dan besar Loyang yang masuk. Semakin besar/banyak maka semakin lama waktunya. Suhu yang dipakai 200 c.
Untuk isiannya sesuai selera saya pakai sosis, mesis dan isi susu (resep dari blog JTT) : 25 gram susu bubuk+50 gram gula bubuk+50 gram margarine+1/4 sendok teh vanila ekstrak

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: