Skip to main content

Sop Daging Plus Kacang Hijau




Belum pernah kebayang kalau sop dikasih tambahan kacang hijau, dapet inspirasinya daru acara masak-memasaknya bu Sisca Soetomo. Sebetulnya pernah lihat kaldu daging kambing yang dimasak dengan kacang hijau. Masakan itu adalah kuliner dari banyuwangi, sejenis dengan gule tapi sepertinya bahannya tidak memakai santen. Makanan itu kesukaan ayah, nah apa salahnya mencoba membuat sop daging biasa dengan kacang hijau. Dan..enaak menurutku ^^ kacang hijaunya bikin sehat dan sopnya jadi berasa lain, dengan tambahan bumbu kayu manis dan pala.

langsung saja saya tuliskan resepnya
SOP Daging Plus Kacang Hijau

Bahan-Bahan :

Kacang Hijau, rendam, dan di rebus sampai lunak3 sendok makan
Daging Sapi, potong-potong, rebus hingga empuk250 gram
Wortel, potong-potong sesuai selera1 buah
Jagung, pipil1 buah
Daun Bawang, iris tipis1 buah
Bawang Bombay, cincang halus1 buah
Merica (Lada) Bubuksecukupnya
Garamsecukupnya
Kayu Manis Bubuksecukupnya
Pala Bubuksecukupnya
Kaldu Ayam Bubuksecukupnya

 Cara Membuat :

Langkah 1
tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan kedalam daging yang telah direbus beserta kaldu dagungnya
Langkah 2
masukkan wortel dan jagung masak hingga matang, tambahkan bumbu-bumbu halus (lada, garam, kayu manis, pala, kaldu bubuk)
Langkah 3
Koreksi rasa, masukkan kacang hijau dan bawang daun. Siap disajikan ^^, jika ditambahkan bawang goreng akan lebih sedap smile
 
 

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …