Powered by Blogger.
RSS

Bolu Karamel Kukus


Masih dengan mempraktekkan resep-resep yang sudah di bookmark, hee..padahal masih belum fit benar nih badan, namun dengan baking setidaknya membuat mood sehatnya lebih keluar hihihi..
resep yang saya praktekkan kali ini yang lagi booming di grup yaitu bolu karamel kukus, begitu mbak Yamana Hutajulu share resepnya kok ya langsung penasaran ingin juga bisa makan itu kue :D, caranya pun gampang tanpa mixer jadi ya langsung saja dibuat pas libur kemarin.

Rasanya lembut sekali, hanya saja bolu saya penampakannya kurang coklat, bikin karamelnya gampang-gampang susah ternyata hahaha..gak apa-apa lah yang penting rasanya maknyuus..terimakasih ya mb Yamana.

oh iya itu permukaan kuenya bergelombang karena saya kegedean apinya, next lebih hati-hati lagi biar bisa mulus kuenya ^^..

Resepnya saya tuliskan kembali di bawah ini
Bolu Karamel Kukus
Sumber : Yamana Hutajulu
Bahan :
* 300gr tepung terigu
* 300gr gula pasir

* 140gr mentega ( dicairkan)
* 2 telur
* vanilla bubuk secukupnya, daya pakai 1sdt aja.
* 2sdt soda kue
* 200ml air panas
* 175ml susu cair
Sejumput garam

Caranya :
* ayak tepung terigu, soda kue dan garam, sisihkan
* masak gula sampai kuning keemasan lalu siram dengan air panas biar kan sampai gulah larut dan mendidih, dinginkan.
* kocok telur, vanilla, dengan whisk sampai berbusa lalu masukkan mentega yang telah dicairkan tadi, aduk rata.
* siapkan tepung yg sudah di campur dengan soda kue dan garam tadi, lalu beri lubang ditengahnya, masukkan adonan mentega dan telur tadi bersamaan dengan karamel nya, aduk rata, kemudian masukkan susu cair nya. Tuang kedalam loyang yang sudah diolesi mentega atau minyak.
Kukus selama 30 menit, jangan membuka tutup sebelum benar2 matang. Saya kukus nya 40 menit.

Note: sebelum mengukus adonan, pastikan kukusan sudah mendidih dan beruap banyak, dan saat mengukus lapisi tutup kukusan dengan serbet atau kain. Selamat mencoba 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: