Skip to main content

Cheesy Potato Bitterballen




Temen-temen kantor ngajakin bukber, dan salah satu cemilan favorit salah satunya ya si bitterballen ini hihihi..karena nggak pake saus, eeh malah mamnya pake sambel terasi wkwkwk..katanya enak banget. Alhamdulillah laris manis. terimakasih banyak mb Rachmah.

Bikinnya gampang tapi hasilnya garin diluar dan lumer di mulut. Padahal saya tidak pake keju cheddar tapi kata temen-temen rasanya ada kejunya hihihi... jadi seneng semua menikmati hasil masakan ku di buka bareng kemaren :D

langsung saja resepnya ada di bawah ini:
Cheesy Potato Bitterballen
ala Mbak R
====================
Bahan-bahan :
65 gr tepung kentang serpih (aku pakai merk Knorr - mashed potato), tambahkan air panas secukupnya , aduk-aduk hingga air terserap dan tepung kentang berubah lebih padat seperti kentang tumbuk.
200ml susu uht cair putih
1 sdm tepung terigu
3 sdm bawang bombay cincang
100 gr daging sapi cincang
1 sdm peterseli cincang/daun seledri cincang
Italian herbs secukupnya (oregano /rosemarry/thyme bubuk)
1/4 sdt merica hitam bubuk
40 gr keju cheddar parut
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt garam halus
2 sdm margarin/mentega, untuk menumis
**optional Keju mozarella , potong dadu kecil, atau saus keju -- untuk isian
Tepung terigu , secukupnya untuk memanir
Tepung panir/tepung roti, secukupnya untuk memanir
Putih telur, untuk celupan.
Minyak Goreng secukupnya
Cara membuat :
1. Hangatkan mentega/margarin dlm sebuah wajan, kemudian tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging sapi cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna, tambahkan italian herb (seperti oregano /rosemarry/thyme bubuk/fresh). Bubuhi juga merica hitam bubuk , aduk rata. Biarkan hingga daging mulai matang. Tambahkan gula dan garam halus , aduk rata.
2. Lalu tambahkan tepung terigu, aduk-aduk rata.
3. Selanjutnya masukkan susu cair , aduk-aduk cepat merata, biarkan adoan lembek , cicipi dulu rasanya bila sudah cukup rasa asin gurihnya, lalu tambahkan daun peterseli , aduk, kemudian mashed potatonya/kentang tumbuknya, aduk rata. Biarkan adonan mulai terlihat bisa dibentuk tangan. Matikan kompor, dinginkan suhu ruang.
4. Setelah itu, ambil 1 sendok penuh adonan potato bitterballen, pipihkan isi tengahnya dengan keju mozarella/saus keju, tutup kembali rapat, bentuk bulatan. Lakukan hingga adonan habis, lalu simpan sejenak dlm kulkas.
5. Setelah cukup kokoh teksturnya, keluarkan dari kulkas, lalu taruh tepung terigu dlm sebuah wadah datar, ambil bola-bola bitterballen, gulirkan diatas tepung terigu, hingga terbalut rata seluruh permukaannya dengan tepung.
6. Setelah di balut tepung , celupkan ke dalam putih telur, dan gulirkan lagi di atas tepung panir. Simpan sejenak dlm kulkas , baru kemudian siap digoreng.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …