Powered by Blogger.
RSS

Bolu Caramel/Sarang Semut





Assalamualaikum,

Sepertinya udah lama nih nggak update blog, sering nya bolu sarang semut berseliweran di FB dan IG jadi semakin penasaran pingin bikin, meski nggak yakin juga, takut nggak keluar sarang nya. Karena udah bertekat bulat sebulat bola :D akhirnya bikin juga tuh.
Dari beberapa proses pembuatannya yang paling bikin males tuh bikin karamelnya, takut gosong , takut nempel ^_^, tapi ternyata bisa juga, meskipun ketelatenan sih yang wajib ada saat bikin kue.

Berhasil bikin adonan, dan cair ternyata adonannya, tapi dari beberapa resep kebanyakan di tulis bahwa adonan memang cair dan itu yang membuat cake caramel nya bersayang. Ya udah saya percaya, terus langsung deh itu adonan di oven. 30 menit sudah eeh nggak juga set, masih cair dalemnya. udah worry aja takut gosong tapi adonan masih cair :D, tambah lagi 15 menit baru deh adonan set. (tahapan ini saya riwa-riwi depan oven :D) maklumlah baru pertama kali bikin.

Tahap selanjutnya di dinginkan dulu setelah dirasa cake nya udah matang sempurna. Udah nggak sabar tuh padahal pingin motong cake nya, nyarang nggak?. Setelah beberapa jam anget, langsung deh potong-potong, ternyata nyarang ini si cake, duh senengnya :D
 
Caramel Cake / Bolu Sarang semut
By ayuaudri91
Recook by vira

Bahan =
500 gram gula pasir
500 cc air
Siapkan wajan yg agak tebal..nyalakan api kecil aja...tuang gula..biarkan menjadi angus..jgn diaduk. Cukup goyangkan wajan biar gula larut rata angusnya. Tuang air...biarkan gula larut dan menyusut sampai sisa akhir 500cc. Dinginkan.

200 gram mentega ( aku pake blueband ) lelehkan dan biarkan dingin...sisihkan.

5 butir telur
200 cc susu kental manis ( aku pake skm coklat )
1/2 sdt vanili
Whisk sekitar 8 mnt sampai rata..sisihkan

150 gram sagu
150 gram terigu segitiga
1sdt baking powder
1sdt soda kue
Ayak jadi 4 bahan keringnya ya

Di wadah yg agak lebar...masukkan bahan kering. Buat cekungan pada bagian tengah...tuang sedikit demi sedikit adonan telur ...aduk melingkar dengan bantuan whisk.
Setelah rata...masukkan mentega cair ...ratakan...terakhir tuang bertahap cairan caramel.
Ratakan...saring ..tuang ke loyang. ( loyang wajib olesi mentega dan tabur dengan sedikit terigu )
Panggang api atas bawah suhu 160 derajat celcius sampai matang.
#roomvi2017 #doyanbaking #shareresep
#cakecaramel #mykitchen #myweekend

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: