Powered by Blogger.
RSS

Muffin Labu




Assalamualaikum,

Minggu kemarin sengaja bikin muffin labu dari labu butternut, lumayan lebih mahal dari labu labu biasa yang saya beli, abis pingin liat mpasi mba azza mam labu ini kok telap telep hahaha..ternyata rasanya enak, kalau aku sih doyan labu biasa doyan, yang jenis ini juga doyan :D hahaha...

Resep muffin dari mba puji ini ngak terlalu manis jadi saya suka, saya hanya menambahkan keju diatas muffin ini, jadi rasanya lebih gurih ^_^, monggo yang mau mencoba, saya tuliskan kembali resepnya

Muffin Labu 
@pujihamzah 
1 butir telur
75 gram margarin
5 sdm gula pasir
100 gram labu, kukus dan haluskan
1,5 cup tepung terigu serbaguna
1/2 cup susu cair
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 sdt essens vanilla
Panaskan oven di suhu 190°
Campur tepung, baking powder, soda kue dan garam, sisihkan.
Kocok margarin dan gula sampai tercampur saja dengan whisker (saya pake mixer)
Masukkan puree labu, kocok lagi.
Masukkan campuran tepung bergantian dengan susu cair.
Aduk sebentar saja, jangan overmix.
Tuang di loyang muffin yang sudah ditaruhi kertas cup.
Panggang sampai matang.
Sajikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BAVARIAN DONUTS




Assalamualaikum,

Baru sempet nulis ulang resep bavarian donut, sumber @Mbaiyya, saya suka sekali mencoba berbagai resep donut dan jatuh cinta sama resep ini, meski nggak pakai kentang dijamin deh dalemnya lembuut banget dan chrispy di luar. Jadinya gendut-gendut :D.

Kalau saya bikin biasanya nggak pakai creamnya, ditaburaja dengan sedikit gulahalus, masyaallah enak banget buat sarapan pagi. Apalagi makannya anget anget gitu ya hihihihi... oke deh langsung aja ya berikut copy resepnya, silahkan dicoba ^_^
 
BAVARIAN DONUTS
by @Mbaiyya

Bahan:
235gr tepung cakra
75gr segitiga biru
30gr gula pasir
4gr ragi instan
1 butir telur
120-140gr whip cream+susu cair (30gr whip cream cair+100ml susu cair)
30gr butter
3gr garam halus
Taburan: donat icing

Cara:
Campur terigu+gula+ragi instan. Masukkan telur+whip cream, aduk rata. Masukkan susu perlahan, aduk rata. Jgn ampe kelembekan, hentikan susu bila dirasa sdh cukup.
Uleni hingga kalis. Masukkan butter+garam. Mixer/uleni lagi hingga kalis elastis.
Timbang adonan @50gr, bentuk bulat. Tutup rapat dgn cling wrap/serbet basah hingga mengembang 2x lipat/45menit.
Panaskan minyak, lalu kecilkan api. Goreng donat, cukup dibalik sekali aja ya spy matang sempurna.
Angkat, dinginkan di rak kawat.

Bahan Bavarian Cream:
3gr gelatin halal (harusnya jgn diskip tp aku gapake)
50gr white chocolate, potong2
100gr whip cream cair
20gr maizena/custard powder
200ml susu cair
1 kuning telur
1/4sdt garam

Cara:
Lelehkan white coklat+whip cream dgn teknik double boiler (wadah tahan panas diletakkan diatas panci berisi air, masak dgn api kecil). Sisihkan.
Kocok lepas kuning telur.
Lelehkan maizena/custard powder dgn sebagian susu, lalu campur dgn kuning telur. Kocok rata dgn hand whisk.
Rebus sisa susu+garam ampe mendidih. Kecilkan api.
Ambil sekitar 1 sendok sayur, masukkan ke dalam larutan maizena dan telur. Aduk cepat.
Masukkan larutan maizena dan telur ke dalam rebusan susu, aduk cepat dgn hand whisk hingga meletup2.
Matikan api, tuang ke dalam whip cream+white coklat yg sdh dilelehkan. Aduk hingga suhu ruang, dinginkan di kulkas sblm digunakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kecipir Keju







Assalamualaikum
Mau ikutan setor @baking_bareng untuk tema #bakingbareng19_berasketan, olahan beras ketan nya saya coba praktek bikin kecipir keju 😊😂. Lumayan olahraga jempol sama sauna depan kompor, hihihi
Kecipir Keju
Bahan
250 tepung ketan
3 telur
1/2 sdt garam
1 sdm margarin
50 gram keju
Cara Membuat :


Kocok telursampai berbusa kental,
lalu masukkan semua bahan ,aduk sampe rata,
Tambah sedikit air kalau adonan keras
cetak dalam minyak dingin,
Lalu goreng menggunakan api kecil.
Angkat jika sudah kecoklatan
Siap disajikan
#roomvi2017
#doyanbaking
#berbagiresep
#kecipirkeju
#cemilanenak

 
Alhamdulillah masuk grid :D
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cake Coklat Kukus


Assalamualaikum,

Late post nih,belum sempet nulis ulang resep buat disimpen, sewaktu watu butuh tinggal buka :D. Resep yang saya praktekkan kali ini cake coklat kukus dari JTT, enak sih tapi coklat saya sepertinya terlalu hitam :D, kalau rasanya sih enak

Berikut saya tulis ulang resepnya :
Bahan cake:
- 170 gram mentega/margarine
- 150 gram gula halus (blender gula pasir hingga menjadi tepung)
- 200 ml susu cair(anda bisa pakai susu kotak UHT, susu kental manis atau susu bubuk yang dicairkan dengan air. Yang penting susu berbentuk cair, coklat atau putih semua bisa)
- 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu
- 110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna (mis. Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 50 - 60 gram coklat bubuk, gunakan kualitas yang baik agar cake berwarna gelap dengan rasa nendang dan tidak pahit. Saya pakai merk Bensdorp.
- 1/4 sendok teh baking soda (resep asli 1/2 sendok teh), jika tidak pakai BS ganti dengan 1/4 sendok teh baking powder
- 1 sendok teh baking powder (resep asli 1/2 sendok teh), sebaiknya gunakan BP double acting, kondisi masih fresh agar bekerja dengan baik dan cek masa kedaluarsanya
- 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4  sendok teh vanili bubuk

Bahan topping untuk pelapis permukaan cake (optional)
- 150 gram coklat blok putih
- 30 gram mentega
- 50 ml susu cair
- coklat messes untuk taburan

Cara membuat:
Siapkan loyang yang berlubang tengahnya, saya menggunakan loyang chiffon dengan garis tengah 25 cm. Anda bisa menggunakan loyang loaf. Olesi mentega agak banyak dan taburi tepung terigu hingga merata. Pastikan seluruh permukaan loyang tertutupi tepung.

Dalam panci kecil, campur gula, mentega, susu dan vanila. Panaskan dengan api kecil hingga gula dan mentega larut, aduk-aduk Tidak perlu sampai mendidih, jika mentega dan gula telah meleleh segera angkat. Biarkan supaya agak sedikit mendingin.
Ayak bahan kering: tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder di dalam mangkuk. Sisihkan

Masukkan larutan telur, mentega dan gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk-aduk pelan. Jangan mengaduk adonan kuat-kuat dan aduk hanya sebentar (seperlunya saja) yang penting sebagian besar tepung telah basah dan bercampur larutan.

Tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air kemudian baru ditutup dengan penutup dandang

Kukus selama 45 menit dengan api sedang dan jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus. Angkat kue dan biarkan agar mendingin sebelum dilepaskan dari loyang. Biarkan cake dingin sempurna di rak kawat  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Widaran Keju Renyah




Assalamualaikum,

Salah satu hasil kegiatan pulang kampung yaitu bikin widaran keju bareng sama adik sepupu dan keponakan, yang maunya ikut ikutan tantenya hihihi..sambil dibuat mainan :D
Pernah bebrapa kali bikin widaran keju ini mulai dari pakai tepung ketan, tepung kanji dan kali ini pakai resepnya teh nenis pakai tepung sagu. seperti kata teh nenis rasanya renyah banget, enak.Menurut saya lebih enak dan kres daripada pakai tepung kanji ataupun tepung ketan.

Kalau bikin rame rame nggak kerasa banget, tapi kalau bikin sendiri lama hihihi...punggung yang nggak kuat. Berhubung dibantuin jadinya cepet selesai.

Widara Keju
Sumber : Teh Nenis
Recook by Vira
Bahan :
500 gr tepung sagu
1 bungkus keju
5 butir telur
secukupnya garam/kaldu bubuk
sedikit air bila masih terlalu keras adonannya

Cara Membuat :
Uleni semua bahan jadi satu
Pilin sedikit adonandalam minyak dingin
Goreng widaran sampai kecoklatan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jenang Grendul


Assalamualaikum,

I 'm back hihi, biasa karena libur lebaran banyak nganggur daripada tidur terus, saya mengisi kegiatan bikin-bikin alias praktek sajian sajian tradisional saja bersama sepupu dan ibu tercinta ^_^.
Sajian khas favorit keluarga kami yaitu jenang grendul, sajian ini biasanya menjadi menu spasial di rumah si mbah pas lagi lebaran, karena si mbah nggak ada ya jadinya nggak pernah ada deh jenang grendul. Biasanya kalau sekali bikin si jenang ini bisa beberapa panci gede, maklum lah ya banyak banget orang nya, dan habis tak bersisa hihihi...
Saya sudah mencoba beberapa kali dari yang butiran jenang nya di didihkan dulu di air biasa sampai matang baru dicemplungin ke air gula merah,hasilnya kurang oke sih menurut saya. Dan kali ini berhasil, si bulatan jenangnya dimasukkan ke air gula jawa sampai menyusut, baru deh ditambah larutan tepung ketan, hasilnya menurut saya lebih cantik^_^.

yuk yang mau buat
Bubur Candil Ketan
Sumber : mba Diah Didi
Bahan bola bola candil :
100 gram tepung ketan
1 sendok makan tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air ( secukupnya..sampai adonan agak lembek tapi masih bisa di pulung )
Bahan kuah untuk merebus :
100 ml sirup gula merah , atau gula merah biasa secukupnya di sisir.
500 ml air
Bahan untuk larutan tepung / bubur :
3 sendok makan tepung ketan
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung tapioka
* Campur semua bahan dan tambahkan sedikit air hingga larut.
Kuah santan :
200 ml santan dari 1/4 buti rkelapa
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
* Rebus kuah santan hingga mendidih bersama garam dan daun pandan.
Cara Membuat :
Campur tepung ketan dan tepung tapioka bahan candil, tuangi air panas secukupnya, sampai agak lembek..tapi masih bisa di pulung.
Masak kuah guka merah hingga mendidih, masukkan bola bola candil.
Masak hingga bola bola mengapung, dan masak terus hingga warna bola2 berubah kecoklatan.
Masukkan larutan tepung dan aduk terus sampai kental dan meletup2. Jika kurang kental, boleh di tambah sedikit tepung ketan lagi..tapi di cairkan dulu dan di aduk lagi sampai masak dan kental.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cantik Manis


Assalamualaikum,
Ceritanya waktu mudik kemaren belanja tepung hunkwe di supermarket, nah ada beberapa warna kuning, hijau, merah, coklat dan putih. Saya mengira sama aja, soalnya pernah beli yg warna coklat di sini tuh tepung nya tetep warna putih. Nah saya ambil hunkwe yang bungkus nya kuning dan ketika dimasak taraaa warna cantik manis ku jadi kuning 😂😂😂
CANTIK MANIS
Sumber : sajian sedap
Bahan:
70 gram tepung hunkwe 
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
2 lembar daun pandan, diikat simpul
1/2 sendok teh garam 
120 gram gula pasir 
1/8 sendok teh vanili bubuk 
10 gram sagu mutiara putih dan pewarna hijau, direbus
10 gram sagu mutiara putih dan pewarna merah, direbus

Cara membuat:

Larutkan tepung hunkwe di dalam 250 ml santan (dari 500 ml santan). Sisihkan.Rebus sisa santan, daun pandan, garam, gula pasir, dan vanili bubuk sambil diaduk sampai mendidih.Tuang larutan tepung hunkwe. Aduk rata. Masak lagi sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat. Masukkan sagu mutiara. Aduk sampai sagu mutiara menyebar.Ambil adonan. Sendokkan di atas plastik. Lipat dan biarkan dingin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS