Skip to main content

Kulpang


Assalamualaikum,

Ada yang sering baper sama kuliner kuliner khas kota kelahiran?  saya ngacung, hihi..kangen banget sama kuliner kuliner khas Banyuwangi, kalau pulang juga belum tentu bisa cicip hiks karena biasanya kalau lebaran pada tutup sampai dua minggu kadang bisa sebulan liburnya tuh bakulan bakulan. Jadinya ya cuman bisa ngeces kalau kepingin :D

Biar nggak ngiler kadang suka tanya resep sama tante tante, suruh nanyain ke bakulnya, kadang ada yang pelit, kadang juga ada yang nggak pelit, di ceritain proses prosenya, terus ujung ujungnya bilang, ribet kan buk, pesen aja di saya hihihi..

Terimakasih ibu yang jual kulpang udah bersedia bagi bagi resep ke saya, harusnya aslinya sih pakai tepung beras yang di rendam semaleman, di selep, dikeringkan, di ayak, lalu dikukus, terus baru dibuat adonan kulpang. Ribet banget ya, jadi saya pakai tepung beras aja, hasilnya sih lebih empuk dari aslinya, mungkin tepungnya bisa ditambahkan nextnya, biar lebih mirip :D

Kulpang
By Ibu Penjual Kulpang
Reecook : Elvira Agustina
Bahan:
150 gram tepung beras
1sdt garam
700 ml santan encer
Daun pandan 1 lembar
Bahan pelengkap :
Kelapa parut
Kacang goteng yang di uleg kasar beri sedikit gula pasir
Cara membuat :
Campur tepung beras, garam, daun pandan dan santan encer jadi satu. Aduk rata
Masak adonan hingga matang seperti bubur sumsum penampakan nya
Masukkan dalam loyang kotak
Kukus selama kurang lebih sepuluh menit
Keluarkan dari kukusan, Dinginkan dan keluarkan dari loyang
Potong potong kulpang kotak kotak, lalu taburi dengan kelapa parut dan kacang.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …