Powered by Blogger.
RSS

Sempol Ayam (Resep Kaki Naga)


Assalamualaikum,

Yang ini adalah stok foto beberapa minggu yang lalu, sempet ngiler liat foto pic sempol yang berterabaran dan sekalian mau cobain food processor phillips yang dibeliin hubby HR-7627. Alhamdulillah ini FP sangat meringankan tugas buat chop chop ayam dan udang, jadinya halus banget.

Nggak nyesel beli nya, recomended ya buat ibu ibu yang suka sekali masak yang butuh di chop :D
Dulunya saya pernah bikin sempol dan keras, makanya kapok deh mau coba bikin lagi,dan saya bikin sempol ayam dari resepnya JTT udang kaki naga, alhamdulillah enak hasilnya empuk, caranya sih sama hanya saja di skip bagian yang pakai tepung panir.

Langsung saja ya ke resep JTT berikut :

Udang Kaki Naga
Resep diadaptasikan dari buku resep blender & juicer MitZui
dari blog JTT 


Untuk 15 - 20 buah kaki naga

Bahan:
- 250 gram fillet dada ayam, potong-potong ukuran kecil
- 5 siung bawang putih 
- 250 gram udang kupas 
- 1 butir telur
- 2 - 3 sendok makan tepung terigu, sendok menggunung/munjung
- 1/2 buah bawang bombay
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin)
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh gula pasir

Untuk melapisi kaki naga:
- 2 butir telur, kocok lepas
- tepung panir/bread crumb secukupnya

Lainnya:
- sumpit bambu, potong menjadi 3 bagian
- udang utuh, jika bagian dalamnya ingin diisi dengan udang  

Cara Membuat :

Siapkan food processor atau blender, masukkan bawang putih dan potongan fillet ayam. Proses hingga halus. Tambahkan semua bahan lainnya, proses hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang pekat.

Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, cicipi rasanya. Tambahkan gula dan garam untuk menyesuaikan rasa.  Siapkan sumpit yang akan di pakai untuk menusuk kaki naga. 

Siapkan dandang, olesi permukaan saringan dandang dengan minyak goreng dan panaskan airnya hingga mendidih.

Olesi permukaan telapak tangan dengan minyak supaya adonan tidak lengket di tangan. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat lonjong. Tusuk adonan dengan potongan sumpit. Masukkan di dandang panas. Lakukan hingga adonan habis.

Note: Dandang yang panas membuat kaki naga tidak lengket satu sama lain kala kaki naga diletakkan secara betumpukkan di dalamnya. 

Kukus kaki naga selama 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Pada tahap ini anda bisa menyimpannya di freezer untuk waktu yang lama. Masukkan dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer.

Jika anda ingin langsung menggorengnya, maka siapkan penggorengan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Celupkan kaki naga di kocokan telur, gulingkan di tepung panir atau bread crumbs, masukkan lagi di kocokan telur dan gulingkan sekali lagi di tepung panir. Tekan-tekan permukaan kaki naga agar tepung panir menempel dengan baik. 

Goreng kaki naga menggunakan api yang kecil agar permukaannya tidak cepat gosong hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan di tissue dapur untuk mengurangi kelebihan minyak. 





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: