Skip to main content

CHEESE STICK





Assalamualaikum,

I like Monday,  yah begitulah salah satu cara menyemangati diri sendiri setelah males malesan seusai libur panjang kemarin. Bismillah.. Semoga diberikan kelancaran menjalankan seluruh aktivitas hari ini.

Cerita baking di liburan kemaren, salah satunya bikin cheese stick. Sebetulnya membayangkan bagaimana membuat ini cemilan kok ya rumit di kepala, secara saya nggak punya gilingan yang biasa untuk membuat stick,  takutnya kurang tipis, jadi keras stick nya.

Dipikir pikir lagi, akhirnya nekat bikin, karena request cemilan ini dari hubby udah lama, ya sudahlah bagaimanapun hasilnya saya pasrah. Hahaha..

Cari cari resep saya pakai resepnya bu Fatmah tapi cuman setengah resep,  tapi keduanya tetep 125 gram,  biar tambah ngeju, soalnya hanya pakai keju ceddar, keju parmesan  lagi abis di tbk  deket rumah 😅😅

Btw dengan berbekal pisau,  penggaris dan botol,  eh jadi juga,  meskipun nggak bisa seragam ya panjang nya. Ternyata nggak lengket.  Suka deh 😍🙌

Jadi langsung semangat segera goreng,  masih panas panas juga saya nggak sabar pingin cici, takut keras hasilnya,  maklum lah gigi saya patah gara gara suka makan keripik yang keras, jadi trauma 😂😂
Taraaa  hasilnya uenaak beneran deh,  empuk dan garing 😍,  recomended  banget buat dicobain,  eh mungkin semua udah pada udah coba ya  dan saya yang telat., hihihi... 😄

Langsung aja ya ke resep nya sebagai berikut:
Bahan :

300 gr tepung terigu protein sedang
200 gr tepung sagu (saya pakai kanji) 
1 sdt garam
125 gr keju ceddar parut halus
4 butir telur
30 gr mentega (saya pakai butter) 
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campurkan tepung terigu, tepung kanji dan garam halus.
- Masukkan keju ceddar , aduk hingga rata.
- Masukkan telur, aduk rata kemudian masukkan butter.
- Uleni hingga rata kemudian bulatkan. Jangan takut teksturnya terlalu kering ya, terus uleni hingga lebih padat.
- Ambil sedikit adonan, giling tipis (saya manual 😄) hingga halus, beri tepung terigu untuk taburan agar tidak lengket.
- Potong adonan sesuai selera dan cetak dengan menggunakan cetakan kwetiauw.(saya pakai penggaris dan pisau) 
- Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna keemasan.
- Angkat dan tiriskan.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …