Skip to main content

Posts

Martabak Ekonomis

Assalamualaikum,

Salah satu jajan gorengan yang laris manis di freshmarket deket rumah adalah martabak telur yang lapisan luarnya kalau di cicip rasanya seperti kulit risol, isinya hanya telur dicampur saya ayam yang direbus dan d suwir, juga daun bawang dan garam.
Karena gigi saya ada tambalan tambalan kulit risol yang saya beli terasa keras buat gigi, jadi saya coba bikin sendiri dengan kulit risol favorit, dan lebih empuk, enak deh.
Saya tuliskan kembali resepnya :


Bahan Kulit
@etty yuni krisyanti
Bahan 200 gr terigu
1 sdm tapioka
Sedikit garam
1sdm margarin cair
2 btr telur
2 gelas air(kurang lebih)

Cara Membuat :
Campur semua smp halus kalau perlu dimixer atau diblender lalu saring
Siap digunakan per 1 sdk sayur
Dadar tipis tipis

1 resep bisa 23 atau lebih (saya jadi 34 ukuran teflon dia kecil)
Isiannya : Telur,ayam rebus suir, garam dan daun bawang.
Recent posts

Dadar Gulung Unti Putih

Assalamualaikum,

Mau update isi blog dulu biar nggak sepi, saya sebetulnya suka dengan jajanan jajanan pasar, tradisional, cuman kalau bikin bikin kue yang tradisional hubby kurang suka. Jadi kalau bikin beginian tuh pas ada mami sama babe :D.

Langsung saja ya ke resep, pakai resep favorit dari Mba Diah Didi ^_^



Dadar Gulung
Bahan Isi:
150 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan / vanili bubuk sedikit
1/2 sendok teh garam
50 gram gula pasir / sesuaikan selera saja manisnya
100 ml air


Isi: campur kelapa parut, daun pandan / vanili garam, gula pasir, dan air. Masak sambil diaduk sampai meresap. 

Bahan Kulit: 100 gram tepung terigu protein sedang 1/4 sendok teh garam 1 butir telur 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa 4 tetes pewarna sesuai selera (saya pakai jus pandan untuk pewarna hijau)

Cara Membuat :
Kulit: campur tepung terigu, dan garam. Masukkan telur dan santan sedikit – sedikit. Aduk sampai licin. Tambahkan pewarna merah muda. Aduk rata.
Buat dadar tipis di wajan datar kecil yang dipanaskan…

Nasi Mandi Ayam

Bekal untuk hari ini "Nasi Mandi", sebetulnya yang suka sama yang berasa rempah rempah seperti ini suami saya, kalau saya lebih milih nasi goreng hahaha, maklum ya lidahnya ini susah buat pindah dari menu menu kampung hahaha.
Sumber JTT yang disesuaikan dengan bumbu yang ada di rumah 😂
Bahan:
- 500 gram daging kambing, potong dengan ukuran sesuai selera (saya ganti pakai ayam)
- 1000 ml kaldu daging sapi atau kambing, dan tambahkan 300 ml kala hendak memasak nasi (kaldu bisa digantikan dengan susu cair) (saya pakai air biasa dan sedikit kaldu jamur)
- 1 liter beras (sekitar 650 - 700 gram), cuci bersih dan tiriskan (saya pakai beras lokal biasa)
- tambahan dari saya sedikit santan

Bumbu:
- 2 buah tomat merah
- 4 sendok makan margarine atau mentega untuk menumis bumbu (bisa digantikan dengan minyak samin)
- 2 buah bawang bombay ukuran besar, cincang kasar
- 6 siung bawang putih, cincang halus
- 2 cm jahe, cincang halus
- 1 sendok makan pasta tomat (saya tidak pakai)
- 2 sendok teh caba…

Donat Empuk

Assalamualaikum,

Udah lama sepertinya belum update blog nih, sok sibuk di bulan bulan kemaren, banyak bikin-bikin tapi masih belum sempat upload. Tante dan Mami dateng berkunjung ke rumah jadinya asyik dan seru soalnya rumah jadi rame, kalau hari hari biasa sepi, sunyi dan senyap wkwkwkwk....
Mumpung punya tepung komachi jadi saya pakai tepung ini, dan seperti biasa hasilnya jadi lebih empuk dan berserat, saya jadinya jatuh cinta sama tepung ini :D

Langsung saja ya berikut resepnya Ci  Sukma tapi saya liatnya dari IG nya mba Agustia Lidya, duh pokoknya para suhu donat ini selalu bikin ngiler kalau hasil donat nya wara wiri di IG dan FB hihihi makasih ya mba mba sayang ^_^.
DoTang (Donut kenTang)
By: Sukma Tjandra Dewi
Rebake : Agustia Lidya Ningsih
Bahan:
250 gram terigu protein tinggi
50 gram gula pasir (diblender)
1 sendok makan rata ragi instan
1 butir kuning telur
150 gram kentang (kukus, haluskan)
1 sendok makan susu kental manis
60 ml air
40-50 gram margarin/mentega
1/3 sendok teh garam

CARA…

Cake Tape

Assalamualaikum,


Alhamdulillah Bekasi hujan setelah beberapa bulan panasnya cetar sekali, sekali hujan langsung deres dan alhamdulillah nyesss jadi sejuuk.
Sebetulnya udah simpen resepnya mba dame yang cake pisang cuman karena pinginnya yang bau tape jadi pisang nya saya ganti tape. Enak hasil cake nya, tapi orang rumah ternyata suka sama yang berbau pisang hihihi...

Bolu Pisang (karena pisang diganti tape jadinya bolu tape ya :D)
Bahan :
250 gr pisang ambon/raja (saya ganti tape)
1scht SKM
5btr telur
100 gr gula pasir
50gr gula palem
1/2 sdt vanilli
1sdt emulsifier
150 gr tepung terigu
1sdt bumbu spekoek atau bubuk kayu manis (Kalau mau lebih banyak silahkan) (saya skip)
100gr mentega/margarin, lelehkan
keju cheddar parut secukupnya untuk taburan
Cara Membuat :
1. Panaskan oven 150-160'C. Siapkan loyang tulban diameter 24 cm, oles margarin dan taburi dengan terigu. Sisihkan.
2. Haluskan pisang (saya ganti tape) dengan menggunakan garpu, campurkan dengan SKM. Aduk rat…

Kulpang

Assalamualaikum,

Ada yang sering baper sama kuliner kuliner khas kota kelahiran?  saya ngacung, hihi..kangen banget sama kuliner kuliner khas Banyuwangi, kalau pulang juga belum tentu bisa cicip hiks karena biasanya kalau lebaran pada tutup sampai dua minggu kadang bisa sebulan liburnya tuh bakulan bakulan. Jadinya ya cuman bisa ngeces kalau kepingin :D

Biar nggak ngiler kadang suka tanya resep sama tante tante, suruh nanyain ke bakulnya, kadang ada yang pelit, kadang juga ada yang nggak pelit, di ceritain proses prosenya, terus ujung ujungnya bilang, ribet kan buk, pesen aja di saya hihihi..

Terimakasih ibu yang jual kulpang udah bersedia bagi bagi resep ke saya, harusnya aslinya sih pakai tepung beras yang di rendam semaleman, di selep, dikeringkan, di ayak, lalu dikukus, terus baru dibuat adonan kulpang. Ribet banget ya, jadi saya pakai tepung beras aja, hasilnya sih lebih empuk dari aslinya, mungkin tepungnya bisa ditambahkan nextnya, biar lebih mirip :D

Kulpang
By Ibu Penjual Kulp…

Es Gabus Pandan

Assalamualaikum,
Es Gabus Pandan ini adalah salah satu kesukaan mami, mumpung mami masih di sini, pingin banget bikin-bikin yang mami suka. Maklumlah anak perantauan jarang-jarang ketemu sama orang tua. Bikin Es gabus ini gampang banget, sekalian sambil mengenang masa sd. Dulu pas saya SD doyan banget sama yang namanya ES, Banyuwangi deket pantai dan panas jadi ES pasti laku hihihi.

Berikut resep hasil kira-kira:
ES GABUS PANDAN:

120 gr tepung hunkue
1000 ml air
4 lembar daun suji
1 lembar daun pandan
2 buah santan rosebrand
7-9 Sdm gula (sesuai selera)
sedikit garam

Cara membuat :
1. Blender daun suji, pandan dengan sedikit air lalu saring
2.Campur jadi satu tepung hunkue, air, santan, air daun suji dan pandan yang sudah disaring, gula dan garam
3. Masak hingga adonan mengental tapi tidak terlal kental banget (bisa di tuang di cetakan)
4. Dinginkan adonan, lalu potong-potong
5. Bungkus plastik dan masukkan ke frezzer hingga beku
6. Siap disajikan ^_^