Skip to main content

Sempol Ayam (Resep Kaki Naga)


Assalamualaikum,

Yang ini adalah stok foto beberapa minggu yang lalu, sempet ngiler liat foto pic sempol yang berterabaran dan sekalian mau cobain food processor phillips yang dibeliin hubby HR-7627. Alhamdulillah ini FP sangat meringankan tugas buat chop chop ayam dan udang, jadinya halus banget.

Nggak nyesel beli nya, recomended ya buat ibu ibu yang suka sekali masak yang butuh di chop :D
Dulunya saya pernah bikin sempol dan keras, makanya kapok deh mau coba bikin lagi,dan saya bikin sempol ayam dari resepnya JTT udang kaki naga, alhamdulillah enak hasilnya empuk, caranya sih sama hanya saja di skip bagian yang pakai tepung panir.

Langsung saja ya ke resep JTT berikut :

Udang Kaki Naga
Resep diadaptasikan dari buku resep blender & juicer MitZui
dari blog JTT 

Untuk 15 - 20 buah kaki naga

Bahan:
- 250 gram fillet dada ayam, potong-potong ukuran kecil
- 5 siung bawang putih 
- 250 gram udang kupas 
- 1 butir telur
- 2 - 3 sendok makan tepung terigu, sendok menggunung/munjung
- 1/2 buah bawang bombay
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin)
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh gula pasir

Untuk melapisi kaki naga:
- 2 butir telur, kocok lepas
- tepung panir/bread crumb secukupnya

Lainnya:
- sumpit bambu, potong menjadi 3 bagian
- udang utuh, jika bagian dalamnya ingin diisi dengan udang  

Cara Membuat :

Siapkan food processor atau blender, masukkan bawang putih dan potongan fillet ayam. Proses hingga halus. Tambahkan semua bahan lainnya, proses hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang pekat.

Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, cicipi rasanya. Tambahkan gula dan garam untuk menyesuaikan rasa.  Siapkan sumpit yang akan di pakai untuk menusuk kaki naga. 

Siapkan dandang, olesi permukaan saringan dandang dengan minyak goreng dan panaskan airnya hingga mendidih.

Olesi permukaan telapak tangan dengan minyak supaya adonan tidak lengket di tangan. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat lonjong. Tusuk adonan dengan potongan sumpit. Masukkan di dandang panas. Lakukan hingga adonan habis.

Note: Dandang yang panas membuat kaki naga tidak lengket satu sama lain kala kaki naga diletakkan secara betumpukkan di dalamnya. 

Kukus kaki naga selama 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Pada tahap ini anda bisa menyimpannya di freezer untuk waktu yang lama. Masukkan dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer.

Jika anda ingin langsung menggorengnya, maka siapkan penggorengan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Celupkan kaki naga di kocokan telur, gulingkan di tepung panir atau bread crumbs, masukkan lagi di kocokan telur dan gulingkan sekali lagi di tepung panir. Tekan-tekan permukaan kaki naga agar tepung panir menempel dengan baik. 

Goreng kaki naga menggunakan api yang kecil agar permukaannya tidak cepat gosong hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan di tissue dapur untuk mengurangi kelebihan minyak. 





Comments

Popular posts from this blog

Putri Salju ala Teh Nina

Assalamualaikum, Ini ada resep putsal yang enaaak meski tanpa kacang kacangan, banyak sekali temen temen saya yang ketagihan pingin si putsal yang lumer ini. Jazakillah khoir ya Teh Nina ^_^. PUTRI SALJU Source : Catatan Nina Rebake : Vira Bahan : 300 gr butter (jangan dicampur margarin ya) 3 kuning telur 125 gr gula halus 400 gr tepung terigu protein sedang 100 gr maizena 50 gr susu bubuk (pakai 2 sachet) 50 gr keju edam parut (bisa pakai parmesan atau cheddar) Taburan : gula halus gula donat Cara Membuat : - Kocok butter, gula halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah selama 1 menit, asal adonan tercampur rata. - Masukkan keju parut, aduk rata. - Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu. - Cetak sesuai selera dan tata di loyang. - Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingg

Nastar ala Mba Audrey

Assalamualaikum, Apa kabarnya kue kue lebaran teman-teman? Nastarnya masih ada atau sudah ludes nih? Primadona setiap Ramadhan dan Lebaran.Meski ribet bikinnya, nastar wajib ada ya saat lebaran tiba. Kadang juga sebelum lebaran juga udah abis hihihi.. Nastar Source : Ayu Audrey Rebake : Vira Bahan : 500 gram mentega ( mix anchor + blueband ) 100 gram gula halus 2 kuning telur 500 gram terigu segitiga biru 100 gram maizena 100 gram milk powder Selai nanas home made Caranya Membuat : Kocok mentega dan gula pasir sampai pucat. Masukkan kuning telur,kocok sampai rata aja. Masukkan tepung bertahap dan tercampur rata,matikan mixer. Bentuk adonan plus masukan isian.bentuk sesuai selera (suka suka ya bisa bentuk daun, klasih bulet aja, kerang, gulung dll).  Oven suhu 180 derajat api atas bawah sekitar 10mnt,keluarkan loyang, olesi dengan kuning telur omega ( olesi 2 kali utk hasil maksimal ) panggang kembali sampai kuning keemasan.

Lidah Kucing ala Ayu Audrey

Assalamu'alaikum, Posting borongan hari ini 😂😂, Lidah meong lebaran kemarin, cuman ditambah sedikit pasta pandan aja, harum wangi pandan. Terimakasih mba Ayu 😘 LIDAH KUCING Source: @ayuaudrey91 Rebake: Vira Bahan = 250 gram blueband Cake & cookies 170 gram gula halus 100 cc putih telur 1/4 sdt vanili 200 gram terigu segitiga biru 65 gram maizena. Caranya = Mixer jadi 1 blueband,gula halus,putih telur dan vanili sekitar 2 mnt dengan kecepatan rendah. Masukkan bertahap terigu dan maizena. Setelah rata matikan mixer. Masukkan adonan ke kantong segitiga. Oles loyang lidah kucing dengan sedikit mentega. Gunting ujung plastik adonan. Spuit kan memanjang,panggang suhu 170 derajat api atas bawah kalo oven listrik.