Skip to main content

Cheddar cheesecake ekonomis/cotton cheesecake ekonomis








Kali ini dengan sedikit usaha lebih keras akhirnya memberanikan diri untuk membuat cheddar cheesecake untuk teman kantor yang suka banget sama yang namanya keju dan susu..


dalam tahapan pengovenen agak susah saya dengan teknik ini, lama matengnya hee..begitu mateng atasnya agak gosong, tapi soal rasa juaraa banget kue ini, sebanding dengan pengovenan nya yang lama menurutku sih heee.. soalnya biasanya ngoven paling lama hanya sekitar 30-45 menit an :D

walau belum sempurna, si Tiya suka banget sama kuenya, alhamdulillah capek-capek jadi ilang deh :D

Berikut ya resepnya saua tuliskan kembali
Cheddar cheesecake ekonomis/cotton cheesecake ekonomis . 
Sumber : NCC.

Bahan :
1. Keju cheddar lembaran 6 lembar /7 lembar . Kalo mau pake keju cheddar yang batangan pake 100gram, kalo pgn lebih ngeju pake 125gram.
2. Susu cair 120ml (pake susu bubuk yang dicairkan) 
 3. Margarine 40gram 
 4. Terigu 25gram (2,5 sdm sendok takar/sendok ukur)
5. Maizena 20gram (2 sdm sendok takar/sendok ukur)
6. Telur 3 butir (pisahkan putih & kuning nya) 
 7. Gula pasir 85gram (jika suka manis pake 100gram)


Cara :

1. Siapkan loyang cookies/kue kering (loyang pendek/loyang bolu gulung), beri air sampe tinggi setengah loyang, masukkan ke dlm oven, setting oven dgn api bawah, setting dgn suhu 170 derajat. Panaskan oven.
2. Siapkan loyang bundar ukuran d 18cm / 20cm. Jika memakai loyang bongkar pasang, lapisi bagian luar loyang dgn aluminium foil agar saat cake di panggang air yang di luar loyang tidak merembes ke dlm cake. Olesi dasar loyang dgn margarin, alasi kertas roti, olesi lagi dgn margarin tipis2. Pinggir loyang tidak perlu di oles. Sisihkan.
3. Siapkan panci kecil, parut keju cheddar (1 buah keju lembaran dilipat2 mjd tumpukan trus diparut), masukkan susu cair, masukkan margarin, masak dgn api yang sangat kecil, masak sambil di aduk2 terus sampe agak kental. Matikan api, diamkan sampe hangat.
4. Campur terigu dan maizena sampe rata, masukkan ke dalam campuran keju & susu, aduk2 sampe benar2 rata & tidak bergerindil. Diamkan sampe agak dingin.
5. Masukkan kuning telur, aduk2 sampe tercampur rata.
6. Dalam wadah terpisah, kocok putih telur & gula pasir pakai mixer sampai soft peak (tanda nya soft peak jika pengocok di angkat adonan tidak jatuh, warna putih nya mengkilat&terlihat lembut). Jangan sampe hard peak (kaku sekali) karena akan mempengaruhi kelembutan cake.
7. Masukkan sebagian kocokan putih telur ke dlm campuran keju & terigu, aduk menggunakan spatula sampe rata. Masukkan adonan ke sisa kocokan putih telur tadi, aduk pakai spatula sampai rata.
8. Tuang adonan ke dalam loyang. Hentak2kan loyang ke atas meja beberapa kali agar tidak ada lagi gelembung2 udara di dlm adonan. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven, taruh di atas loyang yang berisi air tadi (posisi loyang terendam air~tinggi air hanya sampe sepertiga tinggi loyang yang berisi adonan). Oven selama 60-75 menit. Tergantung karakteristik oven kita masing2.Oven lagi dgn api atas selama 15 menit agar permukaan lebih kering). Saya tadi total waktu mengoven 90 menit. Selalu di cek, kalo permukaan dah kuning keemasan, di sentuh sudah kering berarti sudah matang.
9. Setelah cake matang, buka pintu oven, biarkan sementara ada di dlm oven, jangan langsung dikeluarkan dari oven untuk menghindari perbedaan suhu yang mencolok yang bisa menyebabkan cake jd turun alias ambles.
10. Keluarkan cake dari oven, seset bagian pinggir dgn pisau secara pelan2 karena cake ini sangat lembut. Tutup loyang dgn rak kawat/nampan/piring datar. Balik loyang, angkat loyang pelan2. Telungkupkan piring datar di atas cake. Balik cake pelan2. Cake siap disajikan.

Comments

Popular posts from this blog

Putri Salju ala Teh Nina

Assalamualaikum, Ini ada resep putsal yang enaaak meski tanpa kacang kacangan, banyak sekali temen temen saya yang ketagihan pingin si putsal yang lumer ini. Jazakillah khoir ya Teh Nina ^_^. PUTRI SALJU Source : Catatan Nina Rebake : Vira Bahan : 300 gr butter (jangan dicampur margarin ya) 3 kuning telur 125 gr gula halus 400 gr tepung terigu protein sedang 100 gr maizena 50 gr susu bubuk (pakai 2 sachet) 50 gr keju edam parut (bisa pakai parmesan atau cheddar) Taburan : gula halus gula donat Cara Membuat : - Kocok butter, gula halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah selama 1 menit, asal adonan tercampur rata. - Masukkan keju parut, aduk rata. - Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu. - Cetak sesuai selera dan tata di loyang. - Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingg

Nastar ala Mba Audrey

Assalamualaikum, Apa kabarnya kue kue lebaran teman-teman? Nastarnya masih ada atau sudah ludes nih? Primadona setiap Ramadhan dan Lebaran.Meski ribet bikinnya, nastar wajib ada ya saat lebaran tiba. Kadang juga sebelum lebaran juga udah abis hihihi.. Nastar Source : Ayu Audrey Rebake : Vira Bahan : 500 gram mentega ( mix anchor + blueband ) 100 gram gula halus 2 kuning telur 500 gram terigu segitiga biru 100 gram maizena 100 gram milk powder Selai nanas home made Caranya Membuat : Kocok mentega dan gula pasir sampai pucat. Masukkan kuning telur,kocok sampai rata aja. Masukkan tepung bertahap dan tercampur rata,matikan mixer. Bentuk adonan plus masukan isian.bentuk sesuai selera (suka suka ya bisa bentuk daun, klasih bulet aja, kerang, gulung dll).  Oven suhu 180 derajat api atas bawah sekitar 10mnt,keluarkan loyang, olesi dengan kuning telur omega ( olesi 2 kali utk hasil maksimal ) panggang kembali sampai kuning keemasan.

Lidah Kucing ala Ayu Audrey

Assalamu'alaikum, Posting borongan hari ini 😂😂, Lidah meong lebaran kemarin, cuman ditambah sedikit pasta pandan aja, harum wangi pandan. Terimakasih mba Ayu 😘 LIDAH KUCING Source: @ayuaudrey91 Rebake: Vira Bahan = 250 gram blueband Cake & cookies 170 gram gula halus 100 cc putih telur 1/4 sdt vanili 200 gram terigu segitiga biru 65 gram maizena. Caranya = Mixer jadi 1 blueband,gula halus,putih telur dan vanili sekitar 2 mnt dengan kecepatan rendah. Masukkan bertahap terigu dan maizena. Setelah rata matikan mixer. Masukkan adonan ke kantong segitiga. Oles loyang lidah kucing dengan sedikit mentega. Gunting ujung plastik adonan. Spuit kan memanjang,panggang suhu 170 derajat api atas bawah kalo oven listrik.