Skip to main content

Rujak Soto Asli Banyuwangi lho :D

 Senangnya Pulang ke Kampung Halaman, sesuatu yang dikangenin adalah ya Rujak Soto ini, seperti mendarah daging hahaha...makanan yang selalu disuka dari kecil. jadi inget sepulang sekolah 3 hari dalam satu minggu nggak pernah absen nih beli rujak soto.

Dulu masih tinggal di tengah kota jadinya banyak yang jual rujak ini. berhubung sekarang agak kepinggir rumahnya dan pas moment lebaran nggak ada yang jualan jadinya bikin aja di rumah :D

berikut ya resep dan pembuatannya ala Vira, silahkan dicoba bagi yang penasaran. dan jangan lupa kalau mampir ke Banyuwangi nyicipin rujak sotonya ya ^^

Bahan-Bahan :
sayur hijau, sayur-sayurannya disesuaikan saja bisa kangkung, bayam, taoge, kacang dllsecukupnya
Timunsecukupnya
Tempe, di gorengsecukupnya
Tahu, di gorengsecukupnya
Kacang Tanah, di gorengsecukupnya
Pisang Kluthuksecukupnya
Garamsecukupnya
Gula Merahsecukupnya
Petissecukupnya
Soto Beningsecukupnya
Lontongsecukupnya
Cabai Rawitsecukupnya

Cara membuat :
Rebus sayur-sayuran, bisa dipilih sayur sesuai selera
Cuci timun dan pisang kluthuk




 Goreng Tempe dan tahu

Siapkan lontong
Goreng kacang tanah
Siapkan soto bening, biasanya pakai soto babat, karena pas lebaran susah carinya akhirnya dibuatlah soto daging campur-campurgrin

Ulek kacang, gula merah, garam, pisang kluthuk, cabe, petis

Masukkan sayur-saruan,tahu/tempe, lontong dan timun campur jadi satu
Siram dengan soto beserta dagingnya, siap dinikmati dengan kerupuk ataupun emping. jika suka tambahkan kecap smile





Comments

Diah Didi said…
Wah..unik sekali..belum pernah makan ini aku Mba..gmn rasanya..astis eru ya..?..

Eh abu merangnya udah dapat belum mba..ini aku ada byk..klu mau..inbox atau email alamatnya ya..ntar ku kirim..^^
Elvira Agustina said…
Banyak yg bilang kalau belum ngerasain rujak soto ini aneh mbak,tp kalau udah ngrasain pasti pingin lagi :D.
Belom dapet nih mbak abu merangnya,wahh makasiih mbak,tapi mbak diah kasih alamat juga ya aku mau kirimin bagiak dan sale gorengnya banyuwangi,deal ya mbak? :)

Popular posts from this blog

Kue Rumput Laut atau Putri Ayu Bihun#tantangan bihun jagung superior

untuk tantangan kali ini di dapur masak, hmm mikir-mikir kira-kira bisa bikin kreasi apa ya, akhirnya inget kue jaman dulu, kue rumpur laut namannya *nggak tau juga kenapa juga namanya kue rumput laut, padahal bahan utamanya dari bihun. xixixixi mungkin karena rasanya kenyil-kenyil kayak rumput laut kali ya hahaha sok taunya kumat. Tapi ternyata di beberapa daerah setelah googling ternyata terkenal dengan nama kue putri ayu, apapun namanya kuw ini tetep jadi lue favoritku dengan babe ku dari kecil xixixixi...sayangnya di Bekasi jarnag yang menjual kue ini. akhirnya niat malem-malem pergi ke giant dan beli bahannya. Kedalanya nggak punya cetakan putu ayu, siangnya beli eh malah penjualnya nggak ada, malem diater suami ke toko vieto malah udah terlanjujur tutup jam & malem hiks :(;;;loh malah jadi curhat. Akhirnya ke giant saja dan nemu cetakan agar-agar dan sepertinya bisa dibuat cetakan untuk kue ini #triiing ahaaa hihihihi

rasanya ini lebih enak mungkin karena pakai bihun jagung…

Cilok Goreng Crispy

Di bulan ini lagi booming cilok goreng krispy di kalangan temen-tempen kantor, hampir setiap hari ada jamuan cemilan cilok ini di sore hari jam 3 sampai jam 4, enak sih empuk dan krius krius, tapi iru kalau dimakan hangat, kalau sudah dingin alot. hihihi..kan memang dari tepung tapioka adonanya, tapi tidaj sampai menunggu dingin biasanya si cilok ini udah habis ludes des.

Penasaran sih, pernah coba bikin cilok biasa dan digoreng hasilnya belum mirip, pas mb Rika posting empek-empek Dosnya mb Widya, kok kepikiran bikin ciloknya dari empek-empek saja dan dibalut tepung panir sepertinya enak hasilnya. dan taraaa bener empek-empeknya empuk dan garing diluar.

Berikut resepnya :
Cilok Goreng Krispy
Sumber : Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju, diparut

Bahan Pelapis :
tepung bumbu serbaguna ditambah dengan air secukupnya

Nagasari NY. Liem

Assalamualaikum,

Apa kabarnya yang tinggal di bekasi dan sekitarnya, Selasa kemarin saya terkena musibah banjir hiks, airnya lebih tinggi dari 5 tahun lalu, fiuuh kebayang panik nya orang orang saat itu, banyak anak kecilnya juga, dan cerita pasca banjir banyak peralatan rumah yang rusak. Di rumah pompa air dan mesin cuci pun ngadat karena kerendem banjir. Astagfirullah, sampai saat kejadian dan sekarangpun saya masih linglung, untungnya di rumah ada bapak sama ibu, karena suami sedang dinas luar pulau. Alhamdulillah Allah Maha Baik meski ribut ini itu, dan panik melanda ada bapak dan ibu yang banyak banget membantu hingga sekarang satu persatu bisa teratasi.

Beberapa hari ini jadi absen bikin kue, kalau Nagasari ini sudah minggu lalu bikinnya tapi belum sempet update. Resep Nagasari NY. Liem ini lembut banget, enaaak. Bikinnya nggak ribet dan pasti jadinya ya. Yuk silahkan dicoba bagi yang belum mencoba. Berikut ya saya tuliskan kembali resepnya
Bahan :
• 200 gr tepung beras
• 100 gr …